10 Cara Agar Foto Menjadi Lebih Tajam Sempurna!

0
55
10 Cara Agar Foto Menjadi Lebih Tajam Sempurna!

Jika kalian telah selesai memotret ternyata hasil foto kalian kurang tajam tentunya merasa kurang puas. Maka, bisanya kalian melakukan edit diakhirnya kan? menggunakan photoshop atau alternatif aplikasi lainnya. Berikut cara agar foto menjadi lebih tajam sempurna.

[lwptoc]

Bagi kalian yang sudah biasa dengan sofware fotografi bahkan kalian pasti tahu jika hampir banyak software photografi seperti photosop menyediakan fituryang nantinya bisa mempertajam hasil fotomu di akhir.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan kalian beberapa tips untuk menghasilkan foto yang tajam tanpa sentuhan photoshop. Yuk kita simak artikel dibawah ini.

Cara Agar Foto Menjadi Lebih Tajam Sempurna

Berikut tips atau cara yang bisa kalian coba untuk menghasilkan foto yang tajam dan sempurna tanpa edit photoshop.

1. Cara Memegang Kamera

Care pertama yang harus kalian perhatikan adalah cara memegang kamera. Penggunaan tripod kadang membuatnya tidak stabil, kalian harus biasa dan benar dalam memegang kamera agar nantinya kamera kalian tidak tergoncang atau bergoyang dan lebih stabil.

2. Aktifkan Stabilizer Lensa atau Kamera

Image satbilization ini akan bermanfaat dan memberikan ketajaman pada foto yang kalian ambil. Fitur satu ini biasanya terdapat pada lensa atau menempel di kamera. Jika kalian menggunakan tripod kalian harus memperhatikan IS/VR sebelumnya yah.

3. Manfaatkan Timer Kamera

Hampir setiap kamera sekarang ini memiliki fitur timer atau self timer. Jika kalian tidak memiliki tripod atau lupa membeli kabel rilis kalian bisa menggunakan fitur satu ini secara instant .

4. Meletakan Fokus di Tempat Yang Benar

Kalian harus memperhatikan beberapa titik titik kritis, kalian harus setajam mungkin dan menaruhnya pada titik fokus kamera dengan tepat. Saat kalianmemotret portrait tentunya harus menggunakan mata yang tajam lalu saat kalian memotret landscape harus kalian pastikan menggunakan foreground tajam ya.

5. Belilah Lensa Yang Terbaik

Kalian tentunya tahu untuk menghasilkan gambar yang tajam tentunya kalian juga harus memiliki lensa yang bagus atau lensa yang terbaik. Misalnya lensa yang tidak terlalu mahal seperti lensa 50mm. Jika kalian tidak bisa mendaoatkannya, jangan khawatir kalian bisa mengikuti langkah lainnya dan membuat foto kalian bisa menjadi tajam.

6. Memotret Dalam Pencahayaan Yang Bagus

Kebutuhan cahaya dalam mendapatkan ketajaman di foto memang suatu hal yang oenting. Usahakanlah kalian memotret saat kondisi pencahayaan bagus, lalu dengan cepat mengunci fokus lebih cepat. Untuk menghasilkan foto yang tajam kita membutuhkan pencahayaan yang cukup, namun tidak menutup kemungkinan kita bisa menghasilkan foto yang tajam di tempat gelap ko.

BACA JUGA:

7. Bersihkan dan Rawatlah Lensa 

Perawatan lensa sangatlah penting, karena lensa yang terawat dengan baik pun kondisinya akan baik. Kalian baiknya rutin membawa kamera kalian ke tempat servis untuk melakukan kalibrasi body kameramu.  Kebersihan lensa karena perawatan tentulah penting, kare bisa membantu kecepatan autofokus pada kamera. Rajin dan rawatlah kameramu terutama dibagian lensa ya.

8. Pelajari Trik Memotret Benda Bergerak

Shutter Speed berfungsi untuk memadai dan mengunci fokus. Fitur shutter bisa kalian manfaatkan untuk menangkap gerakan benda yang bergerak secara cepat dengan stabil seperti menjauh dan mendekat. Kalian harus mempelajari teknik ini, agar dapat mengambil foto dengan baik dalam keadaan bagaimanapun.

9. Live View Kamera

Semua fitur kamera memliki live view kamera, fitur satu ini bermanfaat untuk menempatkan titik-titik fokus secara akurat.  Seperti saat kalian memotret makro bunga liar, baiknya kalian menggunakan live view agar mengetahui hasilnya seperti apa terlebih dahulu.

10. Gunakan Tripod

Pastikan kamu membeli tripod yang kokoh, kalian juga harus mengetahui fungsi dan manfaatnya. Hal ini bisa membantu kamera menghasilkan foto yang tajam.

Itulah beberapa cara atau tips menghasilkan foto yang tajam tanpa menggunakan edit photoshop. Selamat mencoba. Terima Kasih.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini