Kamis, Oktober 28, 2021

5 Aplikasi Belajar Online Gratis untuk Belajar di Rumah

Pandemi Covid-19 membuat hampir semua aktivitas harus dilakukan dari rumah. Mulai dari pekerjaan yang biasanya dilakukan di kantor dan juga proses belajar mengajar yang biasanya dilakukan di sekolah dan kampus. Belajar dari rumah bagi kalangan mahasiswa mungkin tak jadi soal karena mereka memang harus belajar secara mandiri. Namun belajar di rumah bagi anak – anak tentu bukanlah hal yang mudah. Mengingat mereka masih aktif diajarkan oleh gurunya di sekolah.

Anak – anak mungkin akan merasa kurang nyaman dengan materi pembelajaran yang didapatkan di sekolah dan harus mempelajarinya di rumah. Nah, kamu tak perlu khawatir guys karena kamu bisa memanfaatkan beberapa aplikasi belajar online yang membuat proses belajar terasa lebih seru. Kamu bias mengaksesnya tanpa mengeluarkan biaya sekalipun. Yuk simak aplikasi untuk belajar online terbaik di Android yang bisa digunakan oleh anak – anak!

 

  • Ruangguru

 

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi belajar online yang satu ini. Bimbel online yang mempunyai banyak sekali fitur yang akan memudahkanmu dalam memahami materi – materi pelajaran. Aplikasi Ruangguru menyediakan berbagai materi yang bisa kamu tonton melalui video yang dapat disesuaikan dengan jenjang pendidikan dan kurikulum yang digunakan. Ruangguru bahkan menggelar Sekolah Online yang tidak berbayar dalam rangka menolong melawan Covid-19 ini.

 

  • Google Classroom

 

Google sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia ini memberikan andil dalam menyukseskan belajar tanpa perlu harus ke sekolah, melalui aplikasi bernama Google Classroom atau disebut juga Google Kelas. Aplikasi ini terkoneksi dengan akun Gmail, sehingga mempermudah kamu terutama para pengguna Android. Tampilannya seperti forum dimana guru dan para murid bisa berinteraksi di dalamnya misalnya untuk mengerjakan tugas, memberikan nilai dan konsultasi. 

 

  • Edmodo

 

Aplikasi Edmodo ini memiliki tampilan dan fitur baru yang menghubungkan antara guru, murid dan orangtua untuk mengetahui kegiatan belajar mengajar. Guru tidak hanya memberikan materi dan penugasan saja, guru juga mendapatkan survei dalam metode pembelajaran yang bisa mereka lakukan di aplikasi ini. Edmodo juga menyediakan fitur pesan langsung yang bisa menghubungkan antara siswa dan guru secara personal. Nah, selamat mencoba aplikasi yang satu ini guys.

 

  • Zenius

 

Zenius ini sudah berpengalaman sejak tahun 2004. Bimbel online yang satu ini menghadirkan berbagai fitur yang dapat menunjang proses belajar, mulai dari tingkat SD, SMP, SMA dan SMK melalui berbagai konten yang disediakan di dalamnya. Salah satu fitur andalan Zenius ini adalag simulasi UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) yang kini menjadi syarat utama untuk masuk ke berbagai perguruan tinggi Indonesia. Zenius juga menyediakan materi Tryout yang bisa kamu kerjakan dan lihat hasil serta pembahasannya. 

 

  • Brainly 

 

Brainly merupakan salah satu forum komunitas pelajar terbesar di dunia yang mana sudah mencapai partisipan sebanyak 100 juta orang. Cara kerja aplikasi ini adalah kamu bisa menanyakan pertanyaan yang belum kamu pahami jawabannya. Para pengguna Brainly akan menjawab pertanyaan yang kamu ajukan dengan penjelasan yang lebih mudah dipahami. Brainly menyediakan fitur verifikasi yang dilakukan oleh para ahlinya, sehingga kebenaran jawabannya bisa dijamin guys.

Salam teknologi! Nah, itulah 5 aplikasi belajar online terbaik yang bisa kamu gunakan untuk belajar dirumah selama pandemi ini. Biar kamu gak merasa bosan dalam belajar guys. Kamu bisa memanfaatkan Androidmu untuk hal yang berguna dalam rangka meningkatkan wawasanmu. Semoga berguna yaa!

Lihat yang Lain

Related Articles