Kamis, Oktober 28, 2021

5 Tanda Smartphone Dibajak oleh Hacker, Cek Ponselmu Sekarang!

Kejahatan dalam dunia maya semakin banyak terjadi di setiap tahunnya. Terakhir, kasus hacking yang sangat menggemparkan karena menimpa beberapa instansi dan tokoh besar adalah aksi pembajakan yang dilakukan oleh Anonymous di Amerika Serikat dan Eropa pada tahun 2020 ini. Apakah kamu yakin bahwa kamu aman dari ancaman dari para hacker yang selalu menghantui? Mungkin saja kamu tidak mengetahui bahwa smartphone yang kamu gunakan ternyata sudah disadap hacker.

Smartphone tidak hanya digunakan sebagai media komunikasi saja. Ada banyak sekali data pribadi yang sangat penting tersimpan di dalamnya. Beberapa dari aplikasi tersebut tidak boleh diketahui oleh banyak orang karena bisa menimbulkan kerugian tertentu. Pasti kamu tidak kebayang kalau data penting semacam itu malah diketahui oleh orang lain. Lalu apa saja sih tanda – tanda bahwa smartphone telah disadap oleh hacker. Yuk simak ciri – ciri smartphone disadap oleh hacker berikut ini!

 

  • Adanya aplikasi yang tidak dikenal

 

Biasanya hacker atau penyerang memasang aplikasi tambahan di smartphone yang dijadikan targetnya. Biasanya hacker ini menyembunyikan aplikasi tersebut di ponselmu. Nah, kamu bisa saja mengecek hal ini dengan cara membuka menu Settings, lalu memilih Apps atau Application manager. jika kamu menemukan adanya aplikasi yang mencurigai padahal kamu tidak pernah menginstallnya sebelumnya, bisa jadi itulah aplikasi yang dimasukkan hacker. Sebaiknya kamu menghapus aplikasi itu.

 

  • Baterai smartphone mudah habis dan menjadi panas

 

Aplikasi mata – mata yang diinstall oleh hacker pada ponselmu biasanya akan terus berjalan di background. Hal tersebut akan mengonsumsi baterai smartphone yang kamu gunakan, sehingga akan menjadi mudah panas dan baterainya menjadi boros. Borosnya penggunaan baterai dan mudah menjadi panas tentu saja akan berbahaya buat smartphone yang kamu gunakan. Sebaiknya kamu mengecek pemakaian baterai smartphonemu. Jika ada program aneh berjalan, kemungkinan kamu disadap.

 

  • Sering muncul iklan pop-up

 

Beberapa apliaksi yang digunakan untuk menyadap smartphone biasanya tidak bisa berjalan dengan otomatis. Ada beberapa aplikasi yang menggunakan iklan pop-up sebagai trigger untuk mengaktifkan aplikasi ini. Ketika iklan pop-up tersebut diklik, maka aplikasi mata – mata tersebut akan aktif. Tentu saja akan berbahaya sekali buat smartphonemu. Sebaiknya kamu menghindari untuk meng-klik iklan pop-up yang muncul di ponselmu supaya terhindar dari para hacker yang ingin berbuat negatif.

 

  • Lokasi pada smartphone mendadak aktif

 

Salah satu tujuan para hacker menyadap smartphone yang kamu gunakan adalah untuk mengetahui lokasi tempatmu berada. Jadi jika tiba – tiba pengaturan lokasi pada smartphone milikmu tiba – tiba aktif padahal biasanya kamu matikan, sebaiknya kamu waspada guys. Bisa jadi ada aplikasi yang memaksa lokasi pada smartphonemu diaktifkan. Bisa jadi juga, ponsel yang kamu gunakan tersebut dibajak dari jarak jauh. Sebaiknya kamu me-restart ponselmu atau mengatur ulang setting pada ponselmu.

 

  • Adanya nomor yang tidak diketahui pada recent calls

 

Pernahkah kamu menemukan adanya nomor yang tidak dikenal pada daftar kontak ataupun pada kolom recent calls di ponselmu? Padahal kamu merasa tidak pernah menghubungi nomor tersebut ataupun menerima panggilan dari nomor tersebut jika diingat – ingat dengan seksama. Kamu perlu hati – hati dan waspada guys. Bisa jadi nomor tersebut merupakan nomor hacker yang ingin mencuri data – data dari ponselmu. Jadi berhati – hatilah untuk menyimpan nomormu dan tidak membagikan atau mencantumkannya sembarangan.

Salam teknologi! Nah, itulah 5 ciri – ciri yang menandakan bahwa ponsel yang kamu gunakan sedang dibajak oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Sebaiknya kamu waspada jika sudah menyadari adanya tanda – tanda diatas pada ponselmu yaa guys. Sekarang ini kamu harus meningkatkan kewaspadaan dan keamanan jika ingin aman dari serangan para hacker. Semoga berguna yaa.

Lihat yang Lain

Related Articles