Kamis, Oktober 28, 2021

5 Tanda WhatsApp Disadap dan Cara Mengatasinya

Apakah kamu bingung karena tiba – tiba chat WhatsApp yang masuk tidak ada notifikasi sama sekali? Apalagi jika kamu tidak bisa menggunakan WhatsApp Web di PC atau laptop. Pasti kamu banyak menyimpan hal pribadi yang sangat penting di aplikasi chatting yang satu ini, misalnya saja dokumen pribadi yang rahasia. Banyaknya kejahatan siber (cyber crime) kini membuat ada banyak sekali kasus WhatsApp yang diretas. Kasus ini bisa mengincar siapapun. Mungkin kamu adalah salah satu korbannya.

Nah, untuk memastikan apakah kamu benar – benar disadap, maka kamu bisa mengecek tanda – tandanya guys. Para hacker bisa menyadap WhatsApp milikmu dengan menggunakan WA web, menggunakan jaringan WIFi, malware dan aplikasi tertentu. Kamu perlu mengatasi hal ini supaya pesan WhatsApp bersifat pribadi tidak diketahui dan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Yuk simak tanda WhatsApp yang disadap berikut!

 

  • Chat WA terbaca secara otomatis

 

Tanda pertama WhatsApp yang disadap adalah ketika kamu menyadari adanya hal – hal aneh yang terjadi pada akun WhatsApp milikmu. Misalnya saja kamu menemukan sebuah chat yang sudah terbaca, padahal kamu belum membuka pesan tersebut sama sekali. Nah itulah salah satu ciri WhatsApp yang sudah disadap guys. Kamu perlu menyadarinya karena artinya chat tersebut sudah dibaca oleh orang lain. Sebaiknya kamu perlu berhati – hati dan mengatasinya guys.

 

  • Akun WhatsApp web aktif pada perangkat lain

 

Ciri WhatsApp yang disadap lainnya adalah WhatsApp web milikmu aktif di perankat lain, bukan di laptop atau komputer yang biasanya kamu akses. Kamu tidak menggunakan WhatsApp web di PC atau laptopmu, tetapi kamu melihat notifikasi di ponselmu bahwa WhatsApp web akunmu sedang aktif digunakan. Nah, kamu bisa mengeceknya dengan cara membuka aplikasi WhatsApp di Androidmu, pergi ke menu pengaturan dengan menekan ikon titik tiga di sebelah kanan atas, lalu pilihlah opsi WhatsApp web. Kamu akan mengetahui info mengenai perangkat dimana WhatsApp web kamu diaktifkan.

 

  • Suhu smartphone yang digunakan meningkat

 

Peningkatan suhu yang tidak wajar pada smartphone milikmu atau overheat juga merupakan tanda bahwa akun WhatsAppmu sedang dibajak guys. Bisa jadi hacker yang membajak WhatsAppmu menyusupkan aplikasi tertentu, virus ataupun malware ke smartphonemu untuk mengintai. Hal ini bisa terjadi ketika kamu mengunduh gambar, file ataupun menekan tautan dengan sumber yang tidak jelas. Aplikasi, virus ataupun malware yang berjalan di background akan membuat kinerja ponselmu meningkat. 

 

  • Akun WhatsApp ter-logout sendiri

 

Aplikasi WhatsApp yang ter-logout sendiri bukanlah kejadian biasa yang bisa kamu sepelekan. Kamu tidak bisa menganggap kejadian ini sebagai angin lalu saja guys. WhatsApp yang logout secara tiba – tiba bisa jadi terjadi karena WhatsApp milikmu sedang di-hack. Bahkan kadang kamu tidak bisa login kembali menggunakan akun tersebut. Nah, kamu perlu berjaga – jaga loh guys.

 

  • Adanya suara bising saat menelepon di WhatsApp

 

Kini WhatsApp sudah dilengkapi dengan fitur voice call dan juga video call. Kedua fitur ini juga bisa dimanfaatkan oleh hacker untuk melakukan penyadapan pada akun WhatsApp milikmu. Ciri WhatsApp disadap lainnya adalah adanya suara bising atau noise ketika kamu sedang melakukan panggilan menggunakan WhatsApp ini. Hal ini terjadi karena aplikasi mata – mata yang dipasang digunakan untuk merekam percapakan kamu ketika menelepon.

Nah, itulah ciri – ciri akun WhatsApp yang disadap guys. Jadi kamu perlu berhati – hati supaya informasi pribadi yang penting tidak diketahui pihak yang tidak bertanggungjawab. Kamu bisa mengatasinya dengan tidak menggunakan WiFi umum sembarangan, hindari meng-klik tautan yang tidak jelas sumbernya.

Salam teknologi! Nah, cara lain untuk mengatasinya adalah dengan memperketat sistem keamanan pada smartphone yang kamu gunakan, hindari menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk WhatsApp dan juga aktifkan fitur verifikasi dua langkah. Yuk jaga keamanan datamu guys. Semoga berguna yaa.

Lihat yang Lain

Related Articles