Kamis, Oktober 28, 2021

Apakah Bermesraan Dengan Pasangan Hingga Ciuman Membatalkan Puasa?

Nah, ketika memasuki bulan suci ramadhan, terdapat beberapa peraturan atau larangan di antaranya saat berpuasa maka suami istri dilarang untuk melakukan sebuah hubungan badan. Jika hal tersebut dilakukan maka dapat membatalkan ibadah berpuasa di bulan ramadhan. 

[lwptoc]

Namun, bagaimana jika suami istri tersebut malah bermesraan di siang hari di bulan ramadhan ini. Apakah hal tersebut akan membatalkan puasa pasangan suami istri tersebut? Nah, untuk mengetahui jawabannya kami telah merangkumnya hingga selesai agar mudah untuk kalian pahami juga. 

Nah, menanggapi hal tersebut, maka Ustadz zulkifli Harza mentarakan baw ahal tersbeut tidak masalh dan juga tdak akan membatalkan puasa. Di kutip dari Tribunnews.com.

Namun, kalian juga harus mengetahui beberapa ketentuan atau hal hal yang harus diperhatikan diantaranya tidak terjadi atau adanya pertukaran air ludah atau saliva ketika berciuman tersebut. 

” Tidak membatalkan puasa memang, karena dia gak bertukar ketika dicium sedikit saja, karena tidak adanya pertukaran lidahnya ” Lanjutnya lagi dalam sebuah acara di Tribun Ramadan pada Rabu, (21/4/21).

Karena baginya saat ada pertukaran air ludah atau saliva tentunya jelas jelas akan membatalkan puasa. Sementara untuk pasangan suami istri yang bermesraan seperti mengucapkan kalimat sayang dan saling berpegang tangan tentunya bukan suatu hal yang dilarang  dan diperbolehkan.

Apakah Bermesraan Dengan Pasangan Hingga Ciuman Membatalkan Puasa?

Yang terpenting tidak sampai terjadi  hubungan suami istri ” lanjutnya lagi. 

Mengenai Hukum berhubungan suami istri sendiri memang merupakan hal yang wajib untuk dihindari ketika berpuasa. Hal tersebut memang  berdasarkan puasa yang mana merupakan menahan hawa nafsu. Selain tidak diperbolehkannya marah ketika berpuasa maka berhubungan suami istri juga merupakan suatu hal yang dilarang. 

Hal tersebut akan menyebabkan puasa kalian menjadi batal. Bahkan tetap membatalkan puasa  meskipun tidak sampai mengeluarkan air mani, hal tersebut bahkan dijelaskan kembali oleh ustadz Zulkifli Harza. 

BACA JUGA:

” Meskipun sebentar atau sesaat dalam hadis sendiri memang disebutkan jika hanya sedikit alat vital laki laki yang masuk, hal tersebut tetap akan membatalkan. Untuk wanita, kalian nggak perlu masuk semuanya, saat buang air kecil jari masuk sedikit saja sudha membatalkan ” Katanya kemudian dalams ebuah  acra Tribun Ramadhan pada Rabu (21/4/21).

Namun, tidak akan menjadi masalah jika suami hanya memegang bagian tertentu pada sang istri, sedangkan untuk melakukannya di malam hari sendiri bukan menjadi masalah. Yang terpenting setelahnya adalah melakukan mandi junub atau kemudian mandi besar karena kan sahur dan menjalankan ibadah berpuasa lagi.

Maka, dari penjelasan diatas kita tahu jika untuk bermesraan tidaklah masalah atau mampu membatalkan puasa. Berciuman sendiri selama tidak bertukar air ludah atau saliva maka tidak akan membatalkan misalnya mengecup saja. 

Nah, untuk berhubungan badan tentunya hal tersebut akan membatalkan puasa suami istri tersebut, namun jika dilakukan pada malam hari maka tidak apa apa. Namun, setelahnya harus segera melaksanakan mandi junub atau mandi besar yang mana untuk membersihkan hadasnya. 

 

Lihat yang Lain

Related Articles