Kamis, Oktober 28, 2021

Cara Ampuh dalam Mengatasi HTTP URL Not Found saat Daftar Paket

Permasalahan dalam mendapaftar paket internet di smartphone bukanlah suatu hal yang bisa dielakkan. Misalnya saja tiba – tiba ada tulisan “HTTP URL Not Found” ketika kamu mendaftarkan paketan data terbaru dan terbaik yang disediakan oleh providermu. Pasti hal tersebut membuat kamu kaget dan merasa sudah menyia – nyiakan uang yang kamu keluarrkan untuk membeli paket tersebut. Kesalmu akan bertambah jika ternyata uangmu tidak bisa kamu dapatkan kembali.

Kamu jangan panik terlebih dahulu guys, kalem dulu biar solusinya bisa muncul. Hal tersebut kemungkinan bisa terjadi karena tiga hal. Penyebab pertama adalah adalah adanya kesalahan dalam memasukkan alamat situs, kedua adalah adalah kebetulan situs yang kamu kunjungi tersebut sedang bermasalah jaringannya. Penyebab ketiga adalas situs tersebut memang tidak pernah ada sebelumnya. Namun dalam kasusmu tersebut penyebab ketiga tentu saja tidak mungkin. Bisa jadi jaringan providermu memang bermasalah. Yuk simak cara mengatasi masalah ini dengan langkah berikut!

 

  • Cek dulu kuota paket data internetmu

 

Bisa jadi masalahnya adalah paket data internetmu sudah habis guys. Tentu saja hal tersebut membuat kamu tidak akan bisa mengakses apapun, termasuk situs ataupun aplikasi layanan jual beli pulsa sekalipun. Maka sebaiknya kamu membeli paket data ataupun pulsa tersebut secara manual melalui gerai – gerai fisik seperti konter pulsa, Indomaret ataupun Alfamart. Kamu juga bisa memanfaatkan pulsa darurat yang disediakan oleh beberapa provider.

 

  • Cek pengaturan internet pada smartphone yang digunakan

 

Jika kuota internemu masih ada, kemungkinan masalahnya terletak pada pengaturan internet dalam smartphone, bukan dari server ISP nya. Kita biasa mengenalnya dengan sbeutan Access Point Name (APN). APN ini berfungsi utuk membuat perangkat ponselmu bisa terhubung dengan baik melalui jaringan internet yang tersedia. Ponselmu tidak akan terhubung pada jaringan internet jika APN tersebut bermasalah. Jadi ya, kamu perlu mengecek pengaturan internet tersebut guys.

 

  • Membersihkan chace yang ada di smartphone

 

Permasalahan jaringan ataupun aplikasi yang ada di dalam ponselmu juga bisa disebabkan karena adanya penumpukan pada chace loh. Chace yang terlalu besar akan memperlambat kinerja atau bahkan koneksi smartphone. Data ini juga bisa membuat aplikasi – aplikasi tidak dapat bekerja dengan optimal, malah menimbulkan lemot atau bahkan crash. Sebaiknya kamu membersihkan chace yang ada di ponselmu secara berkala dan teratur guys. 

 

  • Lakukan restart pada smartphone

 

Jika cara diatas tidak ada yang berhasil, sebaiknya lakukan restart pada smartphone milikmu. Bisa jadi smartphone yang kamu gunakan bermasalah pada sistem atau terjadi carsh pada aplikasi yang terkait sehingga menyebabkan jaringan internet tidak terhubung dengan optimal. Melakukan restart akan memberikan kesempatan pada ponsel untuk melakukan pengatruan ulang seluruh jaringan dan juga sistem yang mungkin saja menyebabkan masalah pada transmisi data.

 

  • Menghubungi customer service provider terkait

 

Permasalahan HTTP URL not found tersebut sebaiknya kamu tanyakan kepada CS provider terkait jika 4 cara diatas masih belum bisa memecahkan masalah ini. Permasalahan yang terjadi mungkin saja berada pada jaringan providernya yang memang sedang bermasalah. Kamu bisa menelepon customer service provder tersebut untuk mengetahui status jaringan supaya kamu bisa lebih tenang. Kamu bisa mencari nomor CS tersebut pada internet guys.

Salam teknologi! Nah begitulah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah HTTP URL Not Found di ponsemu guys. Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika ada masalah adalah jangan panik dulu. Biar kamu bisa memikirkan solusi yang tepat. Semoga berguna yaa.

Lihat yang Lain

Related Articles