Kamis, Oktober 28, 2021

Cara Ganti Baterai Tanam Smartphone Android

Kalian pengguan smartphone? pasti sudah tidak asing juga dengan smartphone android kan? Smartphone yang menjadi pilihan banyak orang karena kemudahan pemakaian dan fitur serta harganya yang terjangkau untuk semua kalangan.

Dilengkapi dengan spesifikasi yang unggulan, smartphone android juga dipastikan cepat dan lancar ketika kalian jalankan. 

Menariknya, smartpphone android juga bisa menjadi alat untuk menghibur diri terbaik. Contohnya digunakan untuk bermain game atau sekedar berselancar di dunia maya. 

Semua aktivitas smartphone android karena dukungan komponen fisik yang menyusunnya. Masing-masing komponen di android punya kegunaan tersendiri. Salah satunya adalah baterai sebagai penyokong daya smartphone.

Membicarakan tentang baterai smartphone, setidaknya ada 2 jenis baterai saat ini, yakni baterai removable dan non-removable.

Baterai removable bisa dilepas dan diganti dengan mudah seperti smartphone jadul. Sedangkan untuk baterai non-removable yaitu jenis baterai tanam, di mana baterai jenis ini langsung tertanam di dalam smartphone android.Baterai tanam tidak bisa dilepas kecuali dengan membongkarnya. 

Lalu, ketika baterai tanam di smartphone rusak bisakah diganti dengan yang baru? Kalau bisa, caranya bagaimana?

Cara Ganti Baterai Tanam Smartphone Android

Sebelumya mungkin banyak yang bertanya apakah baterai tanam bisa dilepas atau tidak. Pada dasarnya, baterai jenis tanam sama saja seperti baterai smartphone yang bisa dilepas. Baterai tersebut juga memiliki kekurangan dan bisa mengalami kerusakan pastinya. Walaupun risiko untuk rusak lebih kecil daripada dengan bateri bisa dilepas.

Ketika baterai tanam smartphone android rusak, pasti kalian harus menggantinya supaya smartphone dapat berfungsi normal kembali.

Disebut baterai tanam bukan berarti baterai jenis ini sifatnya permanen, tetap bisa dilepas dan diganti dengan baterai tanam baru. Akan tetapi, tidak semua orang tahu bagaimana cara ganti baterai jenis non-removable di smartphone android tersebut.

Langkah-langkah untuk Ganti Baterai Tanam Smartphone Android

Untuk mengganti baterai tanam HP android sebenarnya cukup mudah. Tapi sebelumnya kalia harus menyiapakanbeberapa bahan dan alat bantunya. 

Pertama, Baterai Tanam Baru. Kalian harus memastikan untuk memilih baterai tanam yang sesuai dengan tipe smartphone android kalian. Kalau tidak,  baterai tanam tidak akan bisa dipasang dengan sempurna.

Kedua, Obeng untuk membuka baut yang ada di bodi smartphone. Biasanya obeng yang ukurannya sangat kecil, sekitar 1.5 mm.

Ketiga, Spudger. Untuk alat satu ini ukurannya kecil dengan bagian ujungnya yang dibuat pipih. Ini untuk membuka bagian casing belakang smartphone. Kalau memang tidak ada maka bisa memakai kartu yang pinggirannya pipih atau alat serupa lainnya.

Jika sudah siap, inilah langkahnya untuk kalian semua.

Pertama-tama, lepaskan dahulu slot atau tray SIM Card dan memori eksternal atau microSD.

Selanjutnya, kalian bisa mulai dengan membuka bagian belakang casing memakai spudger atau alat yang serupa dengannya. Lakukan secara perlahan supaya casing belakang tidak rusak atau bahkn pecah. Lepaskan juga baut yang mengunci baterai tanam.

Langkah berikutnya, lepaskan juga kabel konektor baterai memakai spudger tadi. Hat-hati untuk langkah ini, sebab kalau tidak maka dpat membuat kabel atau konektor baterai patah atau rusak.

Di samping konektor baterai, lepaskan juga beberapa komponen lain yang sekiranya menempel ke baterai.

Jika sudah semua, sekarang mulai ganti baterai tanam dengan baterai tanam yang baru.

Pastikan posisi baterai sudah pas dan pasang lagi semua komponen seperti semula. Jangan lupa pasang juga konektor baterainya supaya baterai dapat berfungsi dengan baik.

Pasang lagi baut dan juga casing belakang smartphone android. Selesai.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, Gaes! Nah, dengan begini kalian tidak perlu lagi khawatir bila smartphone kalian memiliki masalah pada baterai. Kalian dapat melakukan ini untuk memperbaikinya

Lihat yang Lain

Related Articles