Selasa, September 21, 2021

Cara Mengatasi Layar Smartphone Xiaomi Bergaris

Kalian pernah mengalami smartphone kalian bergaris layar sentuhnya? Jangan buru-buru bawa ke service smartphone ya, Gaes. Pada dasarnya mengatasi masalah ini tidak terlalu sulit kok.

Seperti yang kalian ketahui, layar sentuh pada smartphone menjadi kunci dalam penggunaannya. Dimana pada touch screen tersebut kalian bisa melakukan navigasi, mengetik, bermain game, dan lain-lainnya. 

Karenanya akan sangat merepotkan jiksa ada masalah sedikit saja pada touch screen smartphone kalian.

Adanya masalah layar tampilan yang menampilkan garis bewarna ini biasanya berbentuk vertikal amupun horizontal. Karenanya sering membuat kalian berpikir jika hal tersebut tidak terlalu menimbulkan masalah nantinya.

Berdasarkan info berbagai sumber, penyebab maslaah ini beragam, serta ia juga mempunyai tingkat kerusakan dari rendah dan yang tertinggi.

Begitu juga tingkat perbaika nya bahkan mungkin membuat kalian harus mengganti beberapa komponen rusak kalau memang tingkat kerusakannya tinggi.

Salah satu penyebab paling umum adalah smartphone terjatuh, dengan resiko layar akan bergaris semakin besar, apalagi kalau sering terjatuh.

Hanya saja tidak semua kasus layar tampilan smartphone android yang bergaris harus diganti lcd baru, kecuali ada kerusakan yang cukup fatal seperti pecah atau retak.

Cara Mengatasi Layar Smartphone Xiaomi Bergaris

Selain jatuh, ada beberapa penyebab layar bergaris. Proses rooting juga bisa membuat layar jadi bergaris karena memasang spek tidak sesuai dengan smartphone, dan juga penyebab lainnya.

Cara mengatasinya cukup mudah. Cek, gaes!

Lepas Semua Komponen Ekternal

Cara pertama, lepaskan semua komponen eksternal smartphone. Seperti SIM Card dan SD Card. Lalu biarkan beberapa menit. Setelahnya kalian pasang kembali komponen tadi, lalu nyalahan smartphone. Tunggu sampai proses boot selesai dan layar terlihat normal kembali tanpa garis.

Memakai Menu Developers Options

Langkah pertama, masuk ke dalam menu Settings dan klik menu About Phone. Kemudian kalian bisa tap opsi Build Number sebanyak 7x secara cepat sampai tampil halaman baru dan segera aktifkan pengaturan Developers Options.

Kalau sudah, maka masuk ke opsi Developers Options dan cari menu bertuliskan Show Pointer Location. Selanjutnya kalian matikan agar kotak tidak tercentang.

Kalau sudah selesai maka garis pada layar akan hilang dan kembali normal.

Melakukan Factory Reset

Cara terakhir adalah dengan melakukan factory reset. Dengan tujuan untuk mengembalikan layar smartphone seperti semula kalau itu diakibatkan oleh kerusakan sistem android.

Sebelumnya, kalian backup dulu data-data penting karena segala sesuatu yang ada pada memori internal smartphone akan hilang dan kembali seperti saat kalian baru membeli.

Langkah reset yang pertama, buka menu Settings kemudian tap opsi Setelan Tambahan. Setelahnya klik Buat Cadangan & Setel Ulang, lalu tap opsi Kembali ke Setelan Pabrik.

Selanjutnya, kalian bisa memilih menu Setel Ulang Telepon, dan konfirmasi pilihan dengan klik Hapus.

Tunggu proses factory reset tersebut sampai selesai. Kalau sudah selesai smartphone akan melakukan reboot secara otomatis.

Itu tadi informasi mengenai Cara Mengatasi Layar Smartphone Xiaomi Bergaris. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat untuk kalian semua.

Kalau ada pertanyaan atau ingin menambahkan tips lain, silahkan tulis lewat kolom komentar yang ada di bawah ini.

Salam Teknologi! Kalian juga jangan lupa untuk terus update berita dan informasi terbaru baik dari dalam dan luar negeri seputar ilmu pengetahuan dan teknologi tentunya hanya di techjak.com. Ada banyak tips tersaji, yang bisa menjadi solusi masalah teknis yang kalian alami saat ini. Ada juga review game terbaik dan juga perangkat mobile atau pun informasi yang lain yang pastinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua.

Lihat yang Lain

Related Articles