Selasa, September 21, 2021

Cara Mengatasi Touchscreen Error

Smartphone sampai saat ini sudah banyak merk dari berbagai vendor smartphone yang beredar di pasaran untuk memenuhi kebutuhan para penggunanya. Perangkat mobile ini dibuat dengan terus mengembangkan banyak inovasi dan perbaikan dari fitur dan layanan, dan juga spesifikasi.

Hanya saja, seiring kecanggihan teknologi pembuatan smartphone, selalu ada erro yang dialami banyak pengguna smartphone. Di antaranya adalah touchscreen ataulayar sentuh yang error.

Adanya ketidak sensitifan dan kurangnya kepekaan pada layar sentuh sangat mengganggu pada pemakaian kenyamanan kalian pastinya sebagai pengguna smartphone layar sentuh atau touchscreen.

Dan ketika layar sentuh kalian error lebih baik dicari tahu dulu sebab dan cara mengatasinya, tidak buru-buru diganti dengan layar baru. Sebab sayang jadinya jika ternyata masih bisa kalian perbaiki. Sayang uangnya juga kan, Gaes.

Mengatasi smartphone touchscreen error bisa dikatakan gampang-gampang susah, sebab kalian harus mengetahui dahulu penyebab dan faktor yang mempengaruhi terjadinya error layar sentuh tersebut.

Mulai dari akhir jatuh atau terbentur, atau alasannya memang dari faktor software yang memang harus dilakukan perbaikan karena malware atau file yang corrupt.

Pengaruh dari lifetime atau pemakaian yang sudah usang juga berpengaruh pada layar sentuh sehingga biasanya terkesan layar sentuh atau posisi sentuh tidak sesuai dengan titik yang disentuh.

Langsung saja kuy, bahas cara mengatasi touchscreen atau layar sentuh error.

Cara Mengatasi Touchscreen Error pada Smartphone

Ada beberapa langkah yang bisa kalian lakukan agar bisa mengatasi touchscreen atau layar sentuh error. Kalian cukup ikuti langkah berikut.

Langkah awal adalah cek ricek. Kalian harus pastikan jika layar sentuh smartphone tidak pecah. Kalau pecah ya memang harus ganti.

Apabila layar sentuh tidak pecah, tetapi saat disentuh salah satu layarnya “liar” atau terlalu sensitif. Lanjutkan dengan cek dahulu di pengaturan telepon.

Pada pengaturan telepon umumnya jika sebuah smartphone touchscreen biasanya ada pengaturan kalibirasi (calibiration). Kalau kalian sudah menemukan pengaturan kalibirasi (calibiration) maka klik menu kalibarasi. Setelah itu layar akan blank putih.

Ketika layar mengalami blank putih, tak lama kemudian akan ada tampilan “klik salah satu layar untuk melaksanakan kalibirasi

Langsung tap pada titik kalibrasi. Nantinya akan tampil petunjuk untuk menyentuh layarnya dan kalian tinggal ikuti petunjuk sampai kalibirasi tersebut selesai.

Kalau kalibrasi sudah selesai maka smartphone akan kembali ke pengaturan awal. Lakukan restart dan layar sentuh kembali normal.

Itu tadi informasi mengenai cara mengatasi touchscreen atau layar sentuh smartphone error. Kalian tidak perlu instal aplikasi pihak ketiga kalau memang dari pengaturan smartphone sendiri sudah ada fitur untuk memperbaiki error touchscreen smartphone kalian.

Semoga informasi di atas bisa memberikan manfaat untuk kalian semua ya, Gaes.

Kalau ada pertanyaan cara  untuk keluar grup LINE diam-diam tanpa ketahuan yang lain atau ingin menambahkan tips lain, silahkan tulis lewat kolom komentar yang ada di bawah ini.

Kalian juga jangan lupa untuk terus update berita dan informasi terbaru baik dari dalam dan luar negeri seputar ilmu pengetahuan dan teknologi. Ada banyak tips tersaji, yang bisa menjadi solusi masalah teknis yang kalian alami saat ini. Ada juga review game terbaik dan juga perangkat mobile atau pun informasi yang lain yang pastinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua.

Sampai bertemu lagi di artikel yang lainnya. Selamat mencoba cara tadi, Gaes. Semoga bermanfaat dan salam teknologi! Nah, dengan begini kalian dapat memperbaiki TouchScreen smartphone kalian sendiri. Bila rusaknya sudah terlalu parah lebih baik pergi ke tempat service agar kerusakan tidak merembet.

Lihat yang Lain

Related Articles