Kamis, Oktober 28, 2021

Cara Mengembalikan Chat atau File WhatsApp yang Terhapus

Halo sobat tekno esportsku, WhatsApp tidak hanya kamu manfaatkan untuk chatting dan telponan saja. Aplikasi chatting yang satu ini juga bisa kamu gunakan untuk saling berkirim foto, video dan file lainnya antara sesama pengguna WhatsApp. Sayangnya terkadang ada beberapa file yang hilang dari ponsel kita. Ada berbagai macam penyebabnya, mulai dari update OS smartphone, melakukan flash ulang, kerusakan pada SD card atau karena keteledoranmu sendiri sebagai pengguna yang menghapusnya secara tidak sengaja. Nah, kali ini ada Cara Mengembalikan Chat atau File WhatsApp yang Terhapus

[lwptoc]

Kamu tidak perlu bersedih jika ada file yang hilang dari WhatsApp yang kamu gunakan guys. WhatsApp sendiri sepertinya sudah mafhum akan kelalaian dan keteledoran yang mungkin saja dilakukan oleh penggunanya. Sehingga WhatsApp mengeluarkan fitur khusus yaitu sistem back up otomatis yang selalu bisa bekerja tanpa kamu ketahui. Kamu bisa mencobanya dengan cara membuka menu Settings pada WhatsApp, pilihlah menu chat, lalu pilih opsi Chat Backup.

WhatsApp akan melakukan backup setiap jam 2 pagi terhadap smeua file kamu dalam sebuah database. File ini akan tersimpan di dalam smartphone yang kamu gunakan selama 7 hari. Datanya akan terus di-update dan hanya menyimpan data dari aktivitas kamu selama 7 hari terakhir. Tidak hanya fitur backup saja, WhatsApp juga mempunyai fitur restore untuk mengembalikan file dari simpanan di backup. Tapi kamu tidak bisa menggunakannya sebagai cara mengembalikan file WhatsApp yang sudah dihapus oleh pengirimnya yaa guys. Yuk simak cara mengembalikan file yang terhapus di WhatsApp berikut!

Pasti kamu sudah tidak sabar lagi mengetahui cara mengembalikan file WhatsApp yang sudah terhapus kan guys. Caranya tidaklah sulit untuk dilakukan kok. Caranya termasuk mudah untuk dilakukan. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah meng-uninstall aplikasi WhatsApp yang terpasang di Androidmu. Kamu bisa melakukannya dengan cara menekan ikon aplikasi di homescreen selama beberapa detik, lalu tekan opsi Uninstall
  2. Jika kamu ingin menghapus aplikasi WhatsApp ini dengan bersih, kamu bisa menggunakan aplikasi cleaner yang tersedia di Google Play Store. 
  3. Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah menginstall kembali aplikasi WhatsApp tersebut di Androidmu. Kamu bisa mengunduhnya secara gratis melalui Google Play Store jika tidak ada file APK-nya. Setelah itu, bukalah aplikasi WhatsApp tersebut. Kamu akan memulai proses dari awal, tap Agree and Continue di halaman awalnya.
  4. Lakukan proses registrasi WhatsApp dengan melakukan verifikasi menggunakan nomor telepon. Masukkan nomor HP yang kamu gunakan untuk mendaftar WhatsApp sebelumnya. Tap tombol Net sehingga menu pop-up konfirmasi akan muncul, lalu tekan tombol OK.
  5. WhatsApp akan mengirim kode OTP ke nomor telepon yang kamu masukkan tadi. Tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai. Kode OTP ini berfungsi sebagai Two Factor Authentication atau metode keamanan dua langkah untuk mengonfirmasi identitas.
  6. WhatsApp akan mendeteksi apakah ponsel yang kamu gunakan mempunyai file backup. Jika ada, maka akan muncul halaman Restore Backup. Pilihlah opsi Restore untuk mengembalikannya.
  7. Tunggu beberapa saat sampai proses restore selesai, tap Next untuk melanjutnya ke langkah selanjutnya dalam mengembalikan file yang terhapus.
  8. WhatsApp akan menampilkan foto serta nama profilmu. Kamu bisa mengubahnya atau lanjut dengan menekan Next, selesai deh guys! Semua data berupa foto, video dan chat akan kembali ke aplikasi WhatsApp yang kamu gunakan.

Nah, begitulah caranya mengembalikan file WhatsApp yang terhapus guys. Caranya mudah dan tidak terlalu sulit kan untuk dilakukan. Sebaiknya kamu mem-backup semua data di akun WhatsApp ke Google Drive. Semoga berguna yaa.

Salam teknologi!

Lihat yang Lain

Related Articles