Kamis, Oktober 28, 2021

Cara Mengendalikan Pengeluaran di Bulan Ramadan

Meskipun bulan ramadhan atau bulan puasa terdengar justru akan mengirit pengeluaran kalian dengan makan hanya 2 kali sehari, justru sebaliknya. Momen Ramadhan sendirilah yang mampu memancing pengeluaran kalian yang tidak terkendali. Namun, kalian bisa mengatasinya dengan  melakukan perencanaan di awal  yang cerdas. Nah, berikut kami akan memberikan cara mengendalikan pengeluaran di Bulan Ramadhan. 

[lwptoc]

Kalian bisa  mengatasinya dengan disiplin yang mana adanya beberapa perencanaan awal yang sangat cerdas dan bisa menjaga keuangan kalian akan tetap pada jalurnya selama bulan suci tersebut. Nah, dalam bulan suci Ramadhan tersebut nantinya kalian akan bisa menjaga pengeluaran kalian tersebut. Nah, dengan kesederhanaan yang sejalan dan spiritualitas di bulan ramadhan adalah kuncinya. 

Kesederhanaan yang berjalan dengan spiritualitas yang mana dengan begitu nantinya kalian bisa mengendalikan pengeluaran kalian di bulan Ramadhan ini. Nah, untuk mengetahui caranya berikut kami akan memberikan cara mengendalikan pengeluaran di bulan tambahan. 

BACA JUGA:

Cara Mengendalikan Pengeluaran di Bulan Ramadan

  1. Membuat rencana Pengeluaran Ramadan 

Yang pertama adalah dengan membuat perencanaan khusus yang mana dengan begitu kalian akan sadar bahwa anggaran rutin atau bulanan kalian belum tentu berlaku untuk bulan suci. Nah, kalian  bisa membuat daftar terperinci yang maan mulai dari bahan makanan, pakaian hingga hadiah dan juga hiburan seperti musik streaming lainnya. Kemudian kalian bisa menyisihkan anggaran tersebut. 

  1. Menambahkan 12 Persen Pada Anggaran Kalian

Melakukan pembelian disaat saat terakhir  memang tidak dapat dihindari. Kemudian kalian juga bisa mengatasinya dengan melakukan perencanaan pengeluaran sebelumnya. Kalian tidak perlu menggunakan uang tabungan atau meminjam uang untuk kemudian membayarnya, maka kalian bisa mengatasinya dengan menyisihkan 15 persen dana di bulan Ramadhan untuk alasan ini. 

  1. Menggunakan Sedikit Psikologi

Selanjutnya, kalian harus memberitahu keluarga kalian yang mana kalian bisa melakukan pembelian dan tidak terjadwal akan keluar dari dana 15 persen. Tetapi jika mereka berhasil bahkan mencapai akhir bulan tanpa menggunakan uang tersebut dan seluruh jumlah akan di sumbangkan ke badan amal atas pilihan nama mereka. 

  1. Berbelanja Online Di Jam Non Puasa

Selanjutnya, kalian harus melangkah lebih jauh dimana melakukan belanja online untuk bahan abhan makanan dan makanan berbuka puasa. Sebelumnya dan lebih sukailah jam non puasa yah. 

  1. Membatasi Buka Puasa di Restoran

Selanjutnya, kalian bisa mengatasi melakuan buka puasa bersama di restoran yang mana bagi kalian yang menyukai prasmanan buka puasa yang enak. Namun, tidak ada panggilan untuk maka di luars etiap harusnya, Setidaknya kalian bisa melakukannya setahun sekali,. Namun, alangkah baiknya untuk meminimalkan pengeluaran untuk tidak seringebruka puasa di restoran.

  1. Jangan Berbuka di Mall

Selanjutnya, selain restoran kalian juga jangan berbuka puasa di Mal, jika begitu uang kalian akan terus terkuras. Maka, kalian bisa mengatasinya dengan cara berbuka puasa di rumah karena kalian tidak akan mengeluarkan biaya yang besar dan uang kalian akan awet nantinya.

 

 

Lihat yang Lain

Related Articles