Kamis, Oktober 28, 2021

Cara Mudah Memblokir Pengguna WiFi Ilegal, Biar Bebas dari Pencuri!

Koneksi internet tidak bisa dipungkiri lagi menjadi sebuah kebutuhan yang bisa digolongkan pada kebutuhan primer untuk manusia yang hidup di era modern dengan teknologi yang berkembang dengan pesat saat ini. Semua aktivitas kini bisa dilakukan melalui smartphone yang dibantu dengan koneksi internet. Sayangnya ada sebuah kondisi yang tidak memungkinkan seseorang untuk menjalankan aktivitasnya dengan maksimal, yaitu jika tidak memiliki koneksi internet atau miskin kuota.

Biasanya orang yang miskin kuota ini mengatasi kebutuhan internetnya dengan cara mencari WiFi bahkan menggunakannya tanpa izin atau membobolnya secara ilegal. Banyak sekarang ada banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk membobol WiFi ini beredar. Nah, sebaiknya kamu menghapus orang yang menggunakan WiFi ini secara ilegal. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk memblokir pengguna WiFi secara ilegal!

Cara memblokir pengguna WiFi ilegal melalui aplikasi Block WiFi Freeloader

Cara pertama yang bisa kamu gunakan untuk memblokir pengguna WiFi yang ilegal adalah dengan memanfaatkan aplikasi yang dikembangkan oleh pihak ketiga. Salah satu aplikasi yang bisa kamu manfaatkan dalam hal ini adalah Block WiFi Freeloader. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Download aplikasi Block WiFi Freeloader melalui Google Play Store secara gratis. Setelah itu, pasanglah aplikasi tersebut pada Androidmu sesuai langkah – langkah yang biasanya.
  2. Pastikan perangkan Androidmu sudah terhubung pada WiFi milikmu. Bukalah aplikasi tersebut, sehingga nama WiFi yang kamu gunakan akan muncul secara otomatis. Nah, kamu bisa juga melakukan Rescan untuk memastikan lagi seluruh penggunanya.
  3. Kamu bisa mengubah status perangkat – perangkat tersebut. Status Known adalah untuk perangkat yang kamu kenal, bisa saja keluarga atau temanmu. Jika kamu menemukan perangkat yang asing dan tidak kamu ketahui, ubah saja statusnya menjadi Stranger.
  4. Masuklah ke menu Router Manager lalu pilihlah opsi Block untuk memblokir perangkat tersebut dari jaringan WiFi milikmu. Perangkat tersebut sudah tidak bisa lagi terhubung pada jaringan WiFi yang kamu gunakan tersebut, selesai deh guys!

Cara memblokir pengguna WiFi melalui dekstop

Cara memblokir WiFi selanjutnya yang bisa kamu lakukan membutuhkan aplikasi di Android dan juga di dekstop. Caranya memang lebih ribet dibandingkan dengan cara diatas, namun cara yang satu ini sangat ampuh dan bisa memblokir pengguna ilegal tersebut secara permanen. Kamu membutuhkan aplikasi WiFi Thief Detector. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Download dan install aplikasi WiFi Thief Detector di Androidmu. Buka dan jalankan aplikasi tersebut, lalu klik pada Lets Start yang terdapat pada halaman utama aplikasi untuk memulai proses scanning pada device yang tersambung pada WiFi.
  2. Tunggu sampai proses scanning selesai. Klik Device Details untuk mengetahui perangkat yang tersambung pada WiFi. Klik pada device yang tidak kamu kenal, sehingga kamu akan mendapatkan informasi mengenai device terbaik. Catat MAC Address agar bisa memblokirnya.
  3. Nyalakan PC, buka aplikasi browsermu, lalu ketikkan alamat IP milikmu. Gunakan Command Prompt untuk mengetahui alamat IP milikmu guys.
  4. Kamu akan masuk ke halaman konfigurasi modem. Tampilannya berbeda bergantung dengan merk modem yang digunakan, masukkan admin (default) pada kolom username dan password.
  5. Masuk ke tab security di bagian atas, lalu pilih MAC Filtering di kolom sebelah kiri. Aktifkanlah MAC Filtering Enable dan pilih Blacklist pada opsi MAC Filtering Blacklist/Whitelist. Pilih Add dan masukkan MAC Address dari device yang kamu catat.
  6. Masukkan 0 dan 0 pada kolom Start Time, masukkan 24 dan 0 pada kolom End Time. Pilih disable dan Apply deh. Selesai!

Jika WiFi milikmu digunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab ini tentu saja akan membuat koneksi internet jaringan WiFi yang kamu gunakan tersebut menjadi lemot. Pasti kamu gak mau hal ini terjadi kan guys. Nah, begitulah caranya memblokir pengguna WiFi yang ilegal atau pencuri WiFi milikmu melalui Android serta PC. Semoga berguna yaa. Salam teknologi!

Lihat yang Lain

Related Articles