Kamis, Oktober 28, 2021

Cara Mudah Mempercepat Jaringan WiFi di Android, Langsung Joss!

Hampir semua orang tidak dapat lepas dari yang namanya internet. Pasalnya hampir semua aktivitas saat ini biasanya bisa dijalankan secara optimal jika menggunakan akses internet. Ketergantungan pada koneksi internet ini membuat jaringan WiFi saat ini seakan sudah menjadi bagian dari kebutuhan primer. Jadi tidak heran kalau koneksi internet melalui WiFi ini menjadi lambat, maka banyak yang akan merasa tidak nyaman atau terganggu karena berbagai kegiatan yang membutuhkan koneksi internet ini menjadi terhambat.

Koneksi internet bisa menjadi lambat karena disebabkan oleh berbagai faktor. Beberapa faktor yang membuat koneksi internet di WiFi ini menjadi lambat adalah kabel LAN yang digunakan terputus, posisi router yang tidak sesuai, terlalu banyak orang yang mengakses jaringan WiFi tersebut, ada pengguna yang mendownload dengan kapasitas yang besar dan juga Internet Service Provider (ISP) bermasalah. Lalu bagaimana sih caranya mengatasi permasalahan tersebut supaya koneksi internet di jaringan WiFi ini menjadi lancar? Yuk simak cara mengatasi sinyal WiFi yang lemot di Android berikut ini!

Melakukan setting pada pengaturan bawaan

Cara yang satu ini bisa kamu lakukan tanpa menggunakan aplikasi bawaan sama sekali guys. Sangat cocok buat kamu yang tidak ingin menginstall aplikasi apapun pada Androidmu karena kapasita memori internalnya sudah penuh. Langkah – langkah yang harus kamu lakukan juga tergolong mudah dan simpel guys. Cara pengaturan pada setiap ponsel mungkin saja berbeda. Namun kamu bisa saja meraba – raba supaya caranya kurang lebih sama. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan guys:

  1. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah pergilah ke menu settings yang ada di ponselmu, Setelah itu, pilihlah opsi WiFi untuk membuka pengaturan jaringan WiFi di Androidmu.
  2. Langkah selanjutnya adalah lakukan scroll sampai menemukan opsi Advance settings untuk masuk ke menu pengaturan yang lebih dalam lagi mengenai WiFi di Androidmu. Pada laman pengaturan ini kamu bisa mengatur optimasi jaringan WiFi pada opsi WiFi Assistant dan WiFi Speed Mode.
  3. Bukalah menu WiFi Assistant dan aktifkan opsi tersebut supaya berganti secara otomatis ke jaringan WiFi apabila jaringan paket data sedang buruk atau lemot.  
  4. Kamu juga bisa mengaktifkan opsi Show data usage warning yang berfungsi untuk memberikanmu informasi penggunaan internet ketika menggunakan paket data.
  5. Aktifkan pula opsi WiFi Speed Mode untuk memberikan prioritas bandwith pada aplikasi tertentu. Pengaktifan opsi ini akan mempercepat WiFi di Androidmu
  6. Ada juga opsi Regular mode yang berfungsi untuk membagikan bandwith antara aplikasi yang berjalan pada background dan juga aplikasi yang berjalan di foreground secara merata.
  7. Ada juga opsi Extreme mode yang akan mengutamakan bandwith pada aplikasi yang berjalan di foreground. Sementara aplikasi di background tidak akan dapat mengakses internet sementara.

Menggunakan aplikasi WiFi Switcher

Kamu juga bisa mengandalkan aplikasi yang dikembangkan oleh pihak ketiga untuk mempercepat koneksi di jaringan WiFi biar kekuatan sinyalnya maksimal. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah WiFi Switcher yang dikembangkan oleh Cloudie Development yang bisa kamu gunakan tanpa pelru melakukan root. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Langkah pertama tentu saja kamu harus mengunduh dan memasang aplikasi WiFi Switcher tersebut pada Androidmu sesuai dengan langkah – langkah yang biasanya. 
  2. Bukalah aplikasi WiFi Switcher tersebut dan berikan izin yang diminta untuk mengakses lokasi Androidmu. Kamu hanya perlu mengetuk opsi Allow saja. Langkah – langkah berikutnya hingga kamu masuk ke halaman utama aplikasi WiFi Switcher ini. 
  3. Atur jaringan WiFi yang diutamakan terhubung terlebih dahulu dan aktifkan tanda cek pada bagian Preferred di tiap jaringan WiFi yang ditampilan untuk mengatur jaringan WiFi terhubung terlebih dahulu. 

Salam teknologi! Nah, begitulah caranya mempercepat koneksi jaringan WiFi pada Androidmu guys. Kamu bisa memilih cara yang paling praktis dan yang paling cocok untuk kamu terapkan. Katakan selamat tinggal pada koneksi jaringan WiFi yang lemot guys. Semoga berguna yaa.

Lihat yang Lain

Related Articles