Kamis, Oktober 28, 2021

Cara Mudah Mengatasi Tidak Bisa Internetan, Padahal Data Seluler Aktif

Pernahkah kamu mengalami kondisi dimana data seluler pada Androidmu tersebut aktif, namun kamu tidak bisa internetan? Masalah jaringan seperti ini ternyata cukup sering terjadi pada sebagian besar pengguna smartphone. Tanpa ada angin dan hujan, tiba – tiba saja data seluler menajdi tidak berfungsi meskipun ikonnya muncul di jendela toolbar dan paket datanya telah diaktifkan. Padahal koneksi internet merupakan salah satu hal yang sangat penting dimanapun berada.

Tentu saja permasalahan data seluler yang tidak bisa digunakan untuk mengakses jarigan internet akan membuat kamu sebal. Apalagi jika kamu sudah mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk membeli paket kuota data tersebut. Eits, kamu tak perlu khawatir dulu kok guys. Tenang saja karena kamu bisa mengatasi hal ini kok. Yuk simak 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi data seluler aktif tapi tidak bisa digunakan untuk mengakses internet berikut ini!

 

  • Mengaktifkan mode airplane pada Android

 

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki koneksi internet di Android yang paling ampuh adalah dengan mengaktifkan mode pesawat di Androidmu sementara. Kamu hanya perlu mengaktifkan mode pesawat ini dalam beberapa detik saja kok guys. Setelah itu, matikan kembali mode tersebut, sehingga jaringan internet provider akan melakukan refresh dan mencari koneksi yang lebih stabil. Meskipun terdengar sepele, namun cara ini ternyata ampuh untuk diterapkan loh guys.

 

  • Melakukan reboot pada Androidmu

 

Cara kedua yang bisa kamu coba adalah dengan melakukan reboot pada smartphone yang kamu gunakan sambil tetap mengaktifkan mode airplane sebelum melakukan hal ini. Matikan mode aiplane tersebut ketika smartphone sudah hidup kembali. Meskipun tampak sederhana, cara yang satu ini sudah banyak digunakan dan terbukti efektif loh guys. Cara ini juga bisa kamu gunakan untuk mengatasi internet yang lemot atau bahkan data seluler tidak bisa diaktifkan sama sekali.

 

  • Melakukan setting ulang pada APN

 

Melakukan reset pada setting APN juga bisa membantumu untuk memperbaiki koneksi internet pada Androidmu guys. Baisanya koneksi internet akan mengalami perubahan jika kamu melakukan perubahan pada setting APN. Biasanya koneksi internet menjadi lebih stabil, lebih cepat atau bahkan bisa hilang whehe. Kamu harus melakukan reset pada APN ini secara tepat supaya jaringan internet ada Androidmu bisa aktif kembali secara normal guys. 

 

  • Mengalihkan jaringan secara manual

 

Jika ketiga cara diatas masih belum bisa berfungsi dengan baik, maka kamu bisa mencoba dengan cara mengalihkan jaringan secara manual pada smartphone yang kamu gunakan. Jika kamu menggunakan jaringan 4G LTE only, maka kamu bisa mengubahnya menjadi jaringan 3G terlebih dahulu. Tunggu beberapa saat, baru kamu ubah kembali jaringan tersebut menjadi jaringan 4G LTE only. cara ini terbukti ampuh untuk mengatasi masalah data seluler yang tidak bisa digunakan ini.

 

  • Melepas kartu SIM sementara

 

Solusi terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara melepas sementara kartu SIM dari smartphone. Kamu bisa mencobanya dengan melepasnya beberapa saat terlebih dahulu. Setelah itu, baru pasang kembali kartu SIM tersebut pada Androidmu. Biasanya data seluler bisa digunakan secara normal jika kamu sudah melakukan cara yang satu ini. Tak akan ada gangguan lagi. 

Salam teknologi! Nah, begitulah caranya mengatasi jaringan internet yang tidak bisa padahal data seluler di Androidmu aktif. Mudah dan simpel sekali kan guys. Kamu jadi bisa internetan dengan bebas deh sekarang. Semoga berguna yaa guys. 

Lihat yang Lain

Related Articles