Kamis, Oktober 28, 2021

Cara Mudah Menghubungkan Kamera Android ke Laptop, Gak Butuh Webcam!

Sebagian besar penguna laptop atau PC tidak memiliki aksesoris webcam. Hal tersebut tentu akan membuat penggunanya kesusahan untuk melakukan video call menggunakan laptop ataupun PC tersebut. Hal tersebut juga bisa terjadi pada pengguna laptop yang kamera Webcam miliknya sudah rusah dan sudah tidak bisa digunakan lagi. Eits, tenang saja guys. Kamu tetap bisa melakukan video call menggunakan laptopmu tanpa perlu membeli webcam terpisah kok. Cukup andalkan saja Android yang berada di genggamanmu itu loh guys.

Kamera ponsel bisa kamu gunakan sebagai pengganti webcam pada laptop atau PC. Caranya adalah dengan mengandalkan aplikasi canggih Android yang bisa melakukan hal ini. Caranya praktis sekali dan kamu tak perlu mengeluarkan biaya tambahan deh guys. Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk melakuka hal ini. Kamu bisa memilih cara yang paling praktis dan sesuai denganmu. Yuk simak cara menyambungkan kamera Android ke laptop atau PC berikut ini!

Cara menyambungkan kamera HP ke laptop menggunakan aplikasi DroidCam

Aplikasi pertama yang bisa kamu andalkan untuk menyambungkan kamera HP dengan laptop adalah DroidCam. Kamu bisa menggunakannya pada iPhone maupun pada Android. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan untuk menyambungkan kamera HP ke laptop:

  1. Unduh dan install aplikasi DroidCam pada ponselmu dan juga pada laptop yang akan digunakan.
  2. Hubungan ponsel dan laptopmu tersebut ke jaringan WIFi yang sama. Kamu harus menggunakan jaringan WiFi untuk mengubah kamera ponselmu menjadi webcam guys. 
  3. Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah menghubungan IP Address. Pastika bahwa ponsel milikmu sudah terhubung dengan laptop melalui kabel USB.
  4. Selesai deh! sekarang kamu sudah bisa menggunakan webcam dari ponsel tersebut.

Cara menyambungkan kamera HP ke laptop dengan aplikasi IP Webcam

Aplikasi selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk menyambungkan kamera HP ke laptop adalah IP Webcam untuk ponsel dan juga aplikasi IP Camera Adapter untuk laptop atau PC. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Download dan pasanglah aplikasi IP Webcam pada smartphone yang akan kamu gunakan. Setelah itu download dan pasang lupa software IP Camera Adapter pada laptop atau pc milikmu.
  2. Bukalah aplikasi IP Webcam yang sudah terpasang di ponselmu, maka kamu akan melihat beberapa pengaturan, seperti username, password, resolusi layar dan sebagainya.
  3. Setelah kamu sudah selesai menyesuaikan beberapa pengaturan tersebu, klik Start Server untuk memulai ke langkah selanjutnya
  4. Kamu akan melihat IP Address yang terdapat pada bagian bawah layar smartphone milikmu
  5. Buaklah IP tadi pada aplikasi browser ponselmu. Setelah itu, bukalah menu Configure IP Camera Adapter yang telah kamu install pada PC atau laptopmu. Gantilah URL Feed Camera dengan IP Address dan port yang kamu dapatkan dari aplikasi
  6. Selesai deh! Sekarang kamera ponselmu sudah tersambung pada laptop atau PC yang digunakan

Nah, begitulah caranya menyambungkan kamera ponsel ke laptop atau PC milikmu guys. Kamu tak perlu khawatir lagi jika di laptop atau PC tidak terdapat webcam atau webcam yang ada di ponselmu tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik.

Salam teknologi! Nah, kamu tak perlu mengeluarkan uang untuk memberikan perangkat tambahan untuk bisa menikmati webcam pada laptop atau PC deh. Semoga berguna yaa.

Lihat yang Lain

Related Articles