Kamis, Oktober 28, 2021

Cara Screenshot di PC Terbaru 2020 Semua Windows

Mungkin kalian pernah melakukan screenshot pada smartphone, dan itu sudah biasa. Tapi pernahkah kalian melakukan screenshot pada PC atau laptop kalian? Jika belum maka bisa mencoba tipsnya disini, Gaes.

Ada saatnya memang kalian sebagai pengguna PC atau laptop untuk menggunakan fitur screenshot demi mengambil gambar-gambar penting.

Akan tetapi, untuk mengambil dan menyimpan gambar yang ada di layar komputer tidak hanya memakai tools save images. Supaya dapat melakukan screenshot di PC atau lapotp,  ada beberapa langkah dan cara yang apat kalian jalankan.

Apalagi setiap Windows pun mempunyai cara screenshot yang berbedaAda yang dapat memanfaatkan, ada juga banyak aplikasi penyedia fitur screenshot.

Kalian penasaran apa saja tipsnya dan bagaimana menerapkannya? Mari langsung simak saja kuy!

Cara Screenshot di PC atau laptop

Pada dasarnya untuk melakukan screenshot di PC atau laptop itu cukup mudah. Kalian hanya perlu melakukan beberapa hal berikut.

Memakai Keyboard (Ctrl + Print)

Tips pertama adalah memakai keyboard dan menajdi cara mengambil gambar paling mudah. DIsini kalian hanya cukup klik dua tombol keyboard secara bersamaan. Sebelum itu kalian harus menentukan gambar layar yang ingin kalian screenshot.

Setuelah it, kalian dapat langsung siap untuk mengambil gambar dengan klik tombol ctrl + Print Screen SysRq. Nanti, secara otomatis gambar yang ingin kalian ambil akan tersimpan di PC. 

Cara ini hanya dapat dilakukan untuk kalian para pengguna Windows XP dan Windows 7. 

Memakai Keyboard (alt + prt sc syrq)

Tips kedua masih dengan memakai keyboard, tapi ini untuk  kalian yang memakai Windows 8 dan Windows 10.

Di sini kalian cukup membuka gambar atau layar yang ingin kalian screenshot. Setelah itu, kalian dapat langsung klik alt + prt sc syrq pada keyboard. Nanti otomatis gambar akan terambil dan akan disimpan ke dalam OneDrive.

Kalau kalian ingin melihat hasil screenshot, buka aplikasi OneDrive yang ada di PC. Selanjutnya, klik pictures. Berikutnya  kalian dapat langsung pilih folder Screenshot. Selesai.

Memakai Keyboard (windows + prt sc syrq)

Cara ketiga ini dapat dikatakan cukup mudah juga. Bagi kalian para pengguna Windows 8 dan windows 10, kalian hanya cukup menekan dua tombol yang berbeda. Dengan begitu, kalian dapat langsung buka layar atau gambar yang ingin kalian ambil.

Selanjutnya, kalian dapat menekan tombol bersimbol ‘windows’ dan tombol prt sc syrq bersamaan. 

Jika sudah, secara otomatis OneDrive akan menyimpan hasil screenshot yang sudah kalian ambil. Selesai.

Memakai Keyboard (prt sc syrq)

Ingin melakukan screenshot sekali klik? Kalian bisa kok. Awalnya, kalian harus pastikan dulu kalau PC atau laptop kalian sudah terpasang Windows 8 atau Windows 10.

Caranya mudah, langsung klik prt sq syrq di keyboard dan gambar secara otomatis akan terambil.

Ditambah lagi, gambar yang sudah di screenshot akan langsung disimpan otomatis di OneDrive. Mudah bukan? 

Memakai Snipping Tool

Untuk melakukan screenshot kalian juga bisa memakai tips ini, Gaes. mengambil gambar dengan memakai aplikasi snipping tool. Aplikasi ini sudah terpasang secara otomatis untuk kalian para pengguna PC Windows 8 dan juga Windows 10.

Dengan memakai snipping tool, kalian dapat menentukan area gambar yang ingin kalian screenshot. Kalian dapat menentukan bagian gambar yang akan kalian ambil. Karenanya, kalian tidak perlu melakukan screenshot secara keseluruhan memakai Snipping Tool.

Untuk langkah pertama, buka aplikasi Snipping Tool. Kemudian, tap new untuk melakukan screenshot.

Kalau sudah selesai, maka kalian dapat langsung menyimpan hasilnya dengan tap simbol Save.

Disini kalian dapat langsung beri nama pada hasil screenshot-nya dan jangan lupa tap save untuk menyimpannya.

Semoga bermanfaat. Salam teknologi! Nah, dengan begini kalian dapat melakukan screenshot pada semua jenis windows yang kalian pakai. Kalian dapat melakukan screenshot dimana saja layaknya smartphone biasa.

Lihat yang Lain

Related Articles