Kamis, September 16, 2021

Cara Upload Podcast di Spotify Dengan Mudah

Ini cara upload podcast di Spotify. Kalian pasti sudah tidak asing lagi mendengar kata ‘Podcast’, ya podcast sangat populer di Mancanegara termasuk Indonesia. Podcast adalah salah satu berkas yang berbentuk digital, kalian harus melakukan pengunduhan terhadap berkas tersebut sehingga bisa mendengarkannya baik secara online atau offline. Atau simpelnya podcast adalah siaran audio non streaming.

Podcast sekarang banyak sekali dimanfaatkan, dalam bisang pendidikan, berita, sharing dari para pakar atau ahli. Dengan kita mengunduh di awal kita bisa memutarnya berkali kali. Podcast sendiri seiring berkembangnya jaman dan trend memiliki banyak genre atau kategori, diantaranya Education, Games. Comedy, Passion, Health hingga business. Kini, di Indonesia sendiri podcast tengah memasuki masa populernya.

Lalu bagaimana ccara upload podcast di spotify ? berikut akan kami bahas beberapa hal yang harus kalian perhatikan sebelum mengupload podcast di spotify.

Syarat Upload Podcast di Spotify

Cara Mudah dan Legal Download Lagu dari SpotifySebelum mengupload podcast-mu kalian harus tau bebrapa syarat yang wajib kalian tahu dan pahami,

  • Judul podcast: Kalian harus memiliki judul podcast yang berkesan
  • Deskripsi Podcast:  Hal ini dimaksudkan agar orang paham betul apa kebutuhan mereka, apakah sesuai dengan deskripsi dari. podcast mereka sehingga tidak ragu untuk mendengarkannya. Bahkan deskripsi yang menarik akan membuat orang penasaran dan ingin mendengarkannya.
  • Visualisai: Sampul podcast membuat podcastmu terdaftar di spotify, dan kalian harus menampilkan visual podcast.
  • Kategori Podcast: Plihlah kategori yang sangat cocok atau menggambarkan isi podcast kalian.
  • Bahasa Podcast : Gunakanlah bahasa utama kalian dalam podcast.

BACA JUGA:

Cara Upload Podcast di Spotify Dengan Mudah

  1. Cara upload podcast di Spotify pertama, masuklah ke spotify khusus podcaster dan masuk ke akun spotify milik kalian.
  2. Setelah masuk, kalian tinggal memilik ‘Mulai’ lalu klik ‘Tambahkan podcast’
  3. Kalian akan melihat menu ‘Add your spotify’ dan di tampilkan persyaratan. Kalian cukup kotak yang lalu masukkan nama atau LCC, jika sudah langkah berkutnya kalian cukup klik ‘Lanjutkan’ yang berada di bagian bawah
  4. Kalian akan melihat perjanjian-spotify. Kalian tinggal memasukan RSS ke dalam kolom yang tersedia. Jika sudah langkah berikutnya kalian akan melihat judul, karya seni serta deskripsi podcastmu.
  5. Berikutnya RSS-feed-submission-submission. Kalian akan diminta untuk mengisi info tambahan podcast, negara, bahasa,penyedia hosting hingga kategori.
  6. Kalian tingga melihat kembali informasi detail tentang podcast kalian, jika sudah sesuai dengan yang kalian inginkan dan harapkan kalian tinggal klik ‘Kirim’
  7. Maka, dalam waktu beberapa jam podcast milikmu akan munucl di spotify. Namun, beberapa diantaranya membutuhkan waktu yang lebih lama ada yang 2 hari hingga 5 hari lamanya. Kalian harus rajin memantau daftar podcast di spotofymu, karena jika podcast milik kalian sudah terupload, tidak akan ada notification dari spotify. Jadi usahakan untuk cek secara berkala hingga podcast kalian sudah terupload.
  8. Setelah podcast kalian memiliki pendengar, kalian akan bisa masuk ke dalam daftar dashboar spotofy. Dan setelah itu kalian tentunya bisa melihat grafik atau statistik podcast, unduhan podcast dan menambahhkan podcast terbaru juga. Kalian hanya perlu klik tab ‘Tambahkan podcast kamu’ yang berada di bagian sisi kiri layarmu.

Jika podcastmu sudah mulai di upload dan mendapatkan pendengar, kalian harus mengembangkannya dengan melakukan promosi.  Kalian melakukan cara upload podcast di Spotify secara gratis dengan memanfaat sosial media yang populer seperti, Facebook, Instagram hingga Twitter.

Itulah cara upload podcast di spotify dan bisa dengar oleh banyak orang, mudah bukan ? kini kalian bisa lebih produktif lagi dan jangan lupa melakukan promosi. Semoga bermanfaat. Sekian dan Terima Kasih.

Lihat yang Lain

Related Articles