Kamis, Oktober 28, 2021

Hal Hal Yang Merusak Pahala di Bulan Puasa

Ibadah berpuasa merupakan satu ibadah yang memiliki nilai pahala yang besar dan berlipat ganda. Nantinya, kalian akan bisa mendapatkan banyak pahala dengan melakukan berbagai macam ibadah di bulan puasa aini. Allah SWT juga akan memberikan balasan yang sesuai dengan kebijaksanaannya.  Memiliki puasa yang agung dan tidak ternilai namun tetap saja ada hal hal yang merusak pahala di bulan puasa seseorang. 

[lwptoc]

Meskipun puasa memang menahan dahaga dan lapar, namun pada dasarnya sendiri berpuasa memiliki tujuan yang tidak lain untuk menahan diri dari haw anafsi dan prilaku perilaku munkar yang kalian lakukan. Nah, peringatan mengenai pentingnya eseornag untuk melakukan ibadah berpuasa dan menjauhi kemaksiatan juga perbuatan dosa terdapat dalam sebuah hadis sebagai berikut.

” Betapa banyaknya orang yang berpuasa namun dirinya tidak mendapatkan apapun dari puasa kecuali rasa lapar dan dahaga saja ‘’ (HR. Thabrani)

Maka, dari hadis diatas diketahui bahwa Islam sendiri mencela mengenai perilaku maksiat dan dosa. Hal hal tersebut memang kendati tidak  membatalkan puasa dan kewajibannya, namun pahala untuk ibadah berpuasa tersebutlah yang nantinya akan tergerus dan habis,s hingga pada akhirnya  tidak mendapatkan apapun. 

Hal Hal Yang Merusak Pahala di Bulan Puasa

Kemudian apalah hal hal yang akan merusak puasa seseorang?

Nabi  Muhammad SAW bersabda  :

‘’ Ada 5 perkara yang mampu membatalkan pahala ornga yang berpuasa yaitu : Berdusta, bergibah, mengadu domba, bersumpah palu, memandang dengan syahwat. (H.R. Muslim)

BACA JUGA:

  1. Berkata Dusta

Yang pertama adalah dengan berkata dusta, yang mana menyampai kan sesuatu yang berilanan dengan kenyataan dan jika di lihat dalam  hal dan perbuatan maka Orang yang berdusta tidak sesuai dengan perkataannya. 

Dusta juga merupakan dosa besar dalam agama Islam yang mana jika di sekali berdusta maka akan berdusta lagi kemudian untuk menutupi yang pertamanya. 

  1. Ghibah

Meskipun ghibah tidak  termasuk dusta, namun membicarakan keburukan seseorang merupakan perilaku tercela yang dilarang oleh Islam. Seseorang yang bergosip atau membicara kan kebutukans eseoang di namakan dngena memakan bangkai saudaranya sendiri yang mana terdapat dari surah Al Hujurat ayat 21. 

  1. Adu domba

Selanjutnya, bagi mereka yang berbuat adu domba dan fitnah maka ada kebencian dan akan menimbulkan rasa tidak suka satu sama lain. Bahkan islam mengancam orang yang melakukan adu domba dengan neraka di Akhirat. 

  1. Bersumpah Palsu

Selanjutnya bagi mereka yang bersumpah palsu maka nantinya akan mampu emrusak pahala berpuasa. Menyatakan sumpah namun ebrbuhin Adalah perbuatan yang di benci Allah SWT. Apalagi jika mengatas namakan Allah SWT.  Larang tersebut bahkan ada dalam surah ALi Imran ayat 77. 

  1. Tidak Menjaga Mata dari Syahwat

Selanjutnya yang mana merupakan tujuan berpuasa adalah dengan menahan hawa nafsu Selain untuk menahan haus dan lapar. Namun, jika justru malah mengumbar syahwat maka  pahala yang didapat pun akan berkurang atau bahkan mampu membuat pahala habis bahkan menggugurkan puasa kalian tersebut. Maka, kalian harus menjaga pandangan mata sebagai salah atau sumber syahwat utama.

 

Lihat yang Lain

Related Articles