Kamis, Oktober 28, 2021

Hukum Menelan Air Liur Ketika Berpuasa

Dalam menjalankan ibadah berpuasa,kalian tidak sekedar menahan lapar dan dahaga saja.. Kalian juga harus menahan hawa nafsu dan menghindari banyak hal yang mampu menggugurkan atau membatalkan puasa kalian hingga membuat puasa kalian juga batal. Nah, kemudian bagaimana dengan hukum menelan air liur ketika berpuasa? 

[lwptoc]

Mengenai hukum menelan air liur ketika berpuasa memang menjadi pertanyaan banyak orang. hal tersebut memang bukan sebuah perkara baru lagi. Tentunya banyak yang diketahui oleh kita  ketika menjelang bulan puasa pada  ramdhan ini.  Namun, bagi kalian yang penasaran dan belum mengetahui mengenai hukum  pastinya dan mampukah membatalkan puasa, maka kali ini kami  akan menjelaskannya kemudian. 

Memang banyak sekali hal yang mampu membatalkan puasa seseorang atau bahkan menggugurkan dan mengurangi pahala kita ketika berpuasa. Tentunya hal tersebut akan merugikan banyak orang, nantinya puasa kalian akan sia sia. Nantinya kalian juga tidak akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda yang kalian harapkan. 

 

Dalam bulan suci Ramadhan ini memanglah menjadi bulan yang penuh berkah, kita akan mendapatkan banyak keberkahan dan juga banyaknya ibadah yang kemudian dilipat gandakan. Namun,  tentunya semua akan sia sia jika kalian justru melakukan hal yang dilarang dan mampu menggugurkan ibadah kalian di bulan puasa ini. 

BACA JUGA:

Hukum Menelan Air Liur Ketika Berpuasa

Nah, puasa sendiri memang berasal dari bahasa Arab yang mana memiliki arti menahan diri, mengendalikan diri yang mana menjaga puasa dari terbitnya matahari hingga terbenamnya dikutip dari pendidikan Agama Islam, Mohammad Daud Ali, SH : 1998.

Nah, salah satu  bertanya yang akan kami bahas mengenai apakah  menelan air liur mampu membatalkan puasa lama islam?  Imam nawawwi sendiri sebagai seorang ulama besar atau mazhab besar Syafi’i yang mana menjelaskannya sebagai berikut:

” Menelan air liur itu tentunya tidak membatalkan puasa dan sesuai dengan kesepakatan para ulama. Hal ini tentunya berlaku jika orang yang tengah berpuasa tersebut memang baias mengeluarkan air liur. Kemudian sebab susahnya memproteksi air liur untuk masuk kembali”

Mulut manusia sendiri memproduksi air liur yang aman bekerja secara alami, maka hal tersebut bukanlah halangan kalian dalam melakukan ibadah berpuasa. Dan Islam sendiri bukanlah  agama yang akan mempersulit umatnya, hal tersebut bahkan tertuang secara jelas dalam Al-Quran :

”Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu ‘ (QS Al-Baqarah ayat 185). Sehingga jika melihat penjelasan dalam Ayat Al-quran tersebut maka hukum menelanl air liur sendiri tidak akan mampu membatalkan puasa seseorang. 

Meskipun begitu, air liur yang memang tidak membatalkan puasa kalian itu bukanlah air liur yang bercampur dengan  air liur orang lain. Misalnya saja  melakukan ciuman sehingga terjadi pertukaran  air liur atau pencampurannya.  Dan juga bukan bercampur dengan zat lainnya misalnya saja pemanis dna juga air.

Mak, jelas sudah dan dapat disimpulkan bahwa air liur selama tidak tercampur dengan air liur lainnya tidak akan membatalkan ibadah puasa kalian tersebut. 

 

Lihat yang Lain

Related Articles