Kamis, Oktober 28, 2021

Keunggulan dan Kelemahan Apple iPhone SE 2020

Sejak diproduksi awal dulu, iPhone memang berhasil menjadi smartphone kelas atas yang menjadi incaran banyak orang. Di samping dari bodi yang trendy, kinerja kamera yang canggih, juga harga yang mahal membuat iPhone menjadi smartphone bergensi yang mungkin sapat meningkatkan status sosial seseorang. Tapi, beneran mahal ya, Gaes? Ternyata tidak loh.

Dulu, ada iPhone SE yang pertama kali rilis tahun 2016. Harga saat itu hanya berkisar di Rp 6 jutaan saja di luar Indonesia. Ini pasti berbeda dari umumnya, karen aproduk iPhone lainnya pasti harganya Rp 9 jutaan sampai Rp 11 jutaan ketika awal rilis. Menariknya, fitur iPhone ini bahkan hampir sama dengan iPhone 6s.

Sekarang, Apple pun sudah merilis iPhone SE 2020 dengan karakteristik sama murah tapi tidak murahan. Sebab walau dibanderol harga murah, beberapa spesifikasi dan performanya hampir sama dengan smartphone flagship dengan segmen harga di atasnya. 

Kalian mau tahu produk smartphone fenomenal ini? Simak kuy!

Spesifikasi Apple iPhone SE 2020

Iphone ini rilis April 2020 dengan layar Retina IPS LCD, 750 x 1334 piksel. Chipset Apple A13 Bionis dan GPU Mali-G76 MP16. Dibekali RAM 3GB dan memori internal antara 64 sampai 256GB. Kamera belakang punya resolusi 12MP dan kamera depan 7MP. Baterainya punya kapasistas 1821mAh.

Keunggulan Apple Iphone SE 2020

Disebabkan ini versi upgrade tipe sebelumnya, ada beberapa hal yangdikembangan dan lebih unik daripada yang lainnya. Apa saja? Kuy cekidot!

Harganya Terjangkau

Harga iPhone ini dijual dengan harga murah untuk setiap varian ROM-nya. Untuk 64 GB, harganya Rp 6 jutaan dan untuk varian tertinggi (256 GB) harganya Rp 8 jutaan. Untuk kalian yang inigi pronduk iPhone tanpa harus menunggu harga turun, pertimbangan untuk membeli iPhone SE 2020.

Performa Bagus 

Walau harganya murah, tapi performa iPhone SE 2020 ini bisa bersaing dengan smartphone terbaik di dunia lainnya. 

Dari hasil hasil benchmark yang terlihat dari laman PCMag.com, performa dari chipset ini mengalahkan Samsung Galaxy S20 Ultra dan mengimbangi  performa iPhone 11 dan 11Pro.

Di pengetesan single core, iPhone SE ada di angka 1332 sedangkan Samsung Galaxy S20 Ultra ada di angka jauh di bawahnya, yaitu 913. Begitu pula dengan multi-core di mana iPhone SE 2020 lebih unggul di angka 3385, di atas Samsung Galaxy S20 Ultra di angka 3239.

Sungguh memukau, iPhone harga 6jutaan mengalahkan smartphone harga 18jutaan bukan?

Hasil Kualitas Kamera Sangat Baik

IPhone memang pantas diburu karena kamerana bisa memberikan hasil yang prima dalam setiap gambar.

Mempunya kamera resolusi 12 MP, lensa ini bisa merekam video 4K dengan stabil karena kemampuan Optical Image Stabilizer yang diusungnya. Bukan hanya itu saja, hasil kualitas dari iPhone ini hampir tidak ada bedanya dengan kamera iPhone 11.

Mendukung Wireless Charging

Salah satu fitur charging yang paling hot adalah pengecasan nirkabel yang umumnya hanya tersedia pada smartphone Rp 10 jutaan ke atas. Tetapi, iPhone SE 2020 juga dilengkapi dengan fitur canggih ini.

Mengusung Retina Display yang Cerah

iPhone SE 2020 mengusung retina display berupa IPS LCD yang membuat mata nyaman dan segar.

Layar juga tetap dapat terlihat dengan jelas walau ada di luar ruangan saat siang hari. Mengusung fitur True Tone, warna pada layar dapat disesuaikan secara otomatis mengikuti kondisi pencahayaan di sekitarnya.

Kekurangan Apple iPhone SE 2020

Desain Bodi Kecil

Ukuran layarnya hanya 4,7 inci dengan dimensi bodi 138,4 x 67,3 x 7,3 mm. Sedangkan banyak orang yang lebih senang memakai yang layarnya lebar.

Tidak ada Fitur Night Mode di Kamera 

Disini kalian hanya bisa bergantung pada flash sebagai pencahayaan utama karena tidak dapat memotret dalam gelap. 

Tidak ada Fitur FaceID

Kalian yang suka memakai kunci layar mungkin kecewa, karena tidak FaceID untuk membuka kunci layar dengan tampilan wajah.

Bezel Terlalu Besar

Bezel ini space atau ruang kosong yang da pada sisi smartphone. Kalau kalian lihat  tren smartphone terkini, semua sudah punya layar yang hampir tidak menyisakan ruang kosong demi memberikan immersion yang optimal saat bermain game.Tapi kalian tidak akan menemukannya di iPhone SE 2020.

Tidak Tersedia 3,5 mm Jack

iPhone memang sudah lama tidak memakai konektivitas 3,5 mm sejak 2016. Walau begitu, hal ini cukup disayangkan sebab iPhone SE sebelumnya masih menyediakan konektivitas ini. 

Semoga bermanfaat! Nah, dengan begini kalian dapat membedakan antara keuntungan dan kerugian yang kalain dapatkan bila membeli smartphone ini. Kalian dapat mencocokan pembelian dengan kebutuhan kalian.

Lihat yang Lain

Related Articles