Kamis, Oktober 28, 2021

Keutamaan Membaca Al-Quran di Bulan Ramadan

Bulan ramadhan, adalah bulan suci yang paling dinanti nantikan oleh umat muslim, yang mana memang di bulan ini banyak Sekali keberkahan yang bisa kita dapatkan. Banyaknya pahala yang berlimpah juga ditutupnya pintu neraka. Maka, banyak orang  berlomba lomba melakukan banyak ibadah salah satunya dengan membaca kitab suci Al-Quran. Nah, kali ini kami akan membahas mengenai keutamaan membaca Al-Quran di bulan ramadhan. 

[lwptoc]

Dengan mengetahui keutamaannya maka nantinya kalian akan jadi lebih bersemangat lagi. Keutamaan membaca Al- Quran di bulan ramadhan sendiri memanglah sangat besar, selain melakukan ibadah berpuasa namun juga kalian dianjurkan melakukan banyak ibadah dan salah satunya dengan membaca Al-Quran.

Nah, salah satu ibadah yang emilii banyak keistimewaans endiri yaitu adalah Al-Quran.

” Barangsiapa membaca satu huruf Al-Quran  maka baginya akan mendapatkan satu kebijakan , dan kebijakan tersebut akan dilipatgandakan nantinya menjadi sepuluh kalinya” yang mana dijelaskan dalam hadits Tirmidzi. 

Bahkan di bulan puasa ini tidak sedikit seseorang yang mana menargetkan dengan khatam Al-Quran di bulan Ramadhan yang kemudian menjadi keutamaan yang memang sangat sayang untuk dilewatkan. Hal tersebut bahkan terdapat dalam hadis berikut .

Lalu ketika seorang hamba melakukan khatamkan Al-Quran maka di penghubung khat amnya nanti, sbenayak 60 malaikat akan memohon akan ampun untuknya ” HR ad-Dailami

BACA JUGA:

Keutamaan Membaca Al-Quran di Bulan Ramadan

Nah, berikut keutamaan Al-Quran yang harus kalian ketahui.

  1. Pahala Berlipat Ganda

Bagi seseorang yang selalu rutin membaca Al-Quran maka nantinya dirinya akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Dari Aisyah ra. yang mana Rasulullah bersabda.

” Yang mahir dengan membaca Al-quran maka dirinya bersama malaikat yang terhormat dan yang membaca Al-quran terbata bata maka serta mengalami kesulitan, maka baginya dua pahala” HR. Bukhari dan Muslim.

  1. Terhindar Dari Godaan Setan

Selanjutnya, keutamaan membaca Al-Quran sendiri adalah terhindar dari godaan setan., Hal tersebut ada dalam firman Allah sebagai berikut:

” Sessungguhnya Setar itu dadah merupakan musuh nyata bagi kamu, maka jadi kalah ia musuh kamu, karena seseungguhnya Setan – setan itu hanya mengajak golongannya supaya mereka menjadi penghuni neraka yang emnayala-nyala;” QS. Faathir: 6

  1. Rumahnya Menjadi Bercahaya

Selanjutnya bagi mereka yang rutin membaca Al-quran maka rumahnya akan menjadi lebih bercahaya. Tak hanya itu, rumahnya yang selalu dibacakan Al-Quran maka nantinya akan terasa lebih tenang dan damai juga. Hal tersebut terdapat dalam sebuah hadis yang aman Rasulullah bersabda:

” Perumpamaan rumah yang disebut nama Allah maka di dalamnya dan rumah yang tidak dis beuh nama Allah, didalamnya adalah seperti perumpamaan orang yang hidup dan mati” 

 Imam an Nawawi juga berkata;; Dalam hadis tersebut ini memang terdapat anjuran ynuk berzikir kepada Allah termasuk dengan membaca Al-quran, yang mana di rumahnya itu jendaknya rumah hangkan di kosong kan dari zikirkepada-Nya. 

Dan terdapat dalam hadits at-Tirmidzi yang mana berbunyi sebagai berikut :

” Sesungguhnya setan tidak akan masuk ke rumah yang di baca di dalamnya surah Al Baqarah”

Nah, itulah sedikit pembahan mengenai keutamaan dari membaca kitab suci Al-Quran, maka laksanakananlah karena kalian akan mendapatkan keutamaan yang luar biasa. 

 

Lihat yang Lain

Related Articles