Kamis, Oktober 28, 2021

Menggunakan Inhaler Apakah Membatalkan Puasa?

Dalam menjalankan ibadah berpuasa, kalian harus memperhatikan beberapa hal dan diantaranya kalian juga harus mengetahui  hal hal apa saja yang mampu membatalkan ibadah berpuasa kaliaan. Nah, kemudian timbul pertanyaan, apakah menggunakan inhaler mampu membatalkan puasa? 

[lwptoc]

Untuk mengetahui jawabannya kami akan membahasnya secara jelas dalam artikel kami dibawah ini. Dengan begitu akan mudah bagi kalian untuk memahaminya kemudian. Nah, dalam beribadah puasa nyatanya tidak hanya  batal karena minum dan makan saja, namun ada sembilan hal lainnya yang mampu membatalkan puasa. Lalu, apakah salah satunya adalah dengan memasukkan sesuatu ke dalam lubang di tubuh kita? 

Kemudian jika begitu apakah dengan menggunakan inhaler puasa kita akan batal? Nah, kemudian  bagaimana hukum menggunakan obat hirup atau semprot layaknya inhaler? Tentunya sebagai penderita  asam atau penyakit yang membutuhkan obat dengan isi cairan dan oksigen tersebut mampu meringankan gejala yang dirasakan. Bahkan mampu mengatasinya ketika kambuh. 

Maka, tentunya benda tersebut dibutuhkan karena memang memiliki riwayat penyakit yang mengharuskannya menggunakan alat alat tersebut sewaktu waktu. Kemudian apakah hal tersebut mampu membatalkan puasa? kemudian adakah keterkaitannya dengan permasalahan tersebut. 

Menggunakan Inhaler Apakah Membatalkan Puasa?

Nah, para ulama juga menyebutkan secara umum mengenai makanan dan minuman yang mana termasuk dengan memasukan sesuatu ke rongga tubuh yang terbuka maka mampu membatalkan puasa. Secara detaill sendiri Shekh Zakariya al- Anshari menyebutkan dalam Fathul Wahhab yang mana berikut artinya.

” Meninggalkan sampai ‘ain tidak termasuk ain’ atau rasa sesuatu yang dhahri (bukan datang dari dalam badan) ke dalma lubanh yang terbuka ”

Nah, ain; yang dimaksud tersebut merupakan  benda yang mampu membatalkan puasa seseorang. Nah, jika berhubungan dengan hidung dan mulut, maka ain yang dimaksudkan merupakan makanan dan minuman, obat serta benda lainnya yang mampu masuk ke rongga pencernaan dan pernapasan seseorang. 

BACA JUGA:

Namun, jika merujuk pada pendapat dari syekh Abdurrahman Ba’ alawi yang mana terdapat dalam Bughhyatul Mustarsyidun yang mana menyebutkan jika menghirup aroma tidak akan mampu membatalkan puasa.  Hal tersbeut di jelasakan didalamnya sebagai berikut.

” Tidak dianggap membatalkan puasa aroma yang dihirup itu, sebagaimana aroma asap kemenyan atau yang lainnya. ang terasa mencapai pada tenggorokan meskipun di sengaja karena tidak termasuk dengan ‘ain atau benda yang membatalkan puasa”.

Maka, dengan begitu dapat disimpulkan bahwa menggunakan inhaler tidak akan membuat puasa kalian batal.  Karena tidak termasuk  ke daftar atau deretan  ain’ atau benda yang mampu membatalkan puasa. Mengingat inhaler sendiri memang dibutuhkan untuk kesehatan sebagian orang yang memang membutuhkannya sewaktu waktu.

Jadi, tidak apa apa menggunakan inhaler karena akan mempermudah juga membantu bagi kalian yang memang membutuhkannya. Selain itu memang tidak ada larangan yang mana dengan begitu  tidak akan membatalkan  puasa kalian tersebut. Maka, kalian bisa menggunakannya selama berpuasa karena tidak akan mempengaruhi puasa kalian sama sekali nantinya. 

 

Lihat yang Lain

Related Articles