Kamis, Oktober 28, 2021

Pentingnya Memadukan Menu Bergizi Dengan Aktivitas Fisik Agar Bugar Berpuasa

Di bulan suci ramadhan ini memang menjadi bulan yang ditunggu dan dinanti setiap umat muslim, dimana nantinya kita selaku seorang muslim bisa mendapatkan banyak paha dan berlipat ganda. Nah, selain itu kita sudah sepantasnya untuk meningkatkan kebugaran ketika maka pentingnya memadukan menu bergizi dengan aktivitas fisik agar bugar berpuasa. 

[lwptoc]

Mengingat kita lagi lagi melaksanakan ibadah berpuasa atau bulan ramadhan di tengah pandemi seperti tahun lalu, maka sepatutnya kita lebih meningkatkan kebugaran dan kesehatan tubuh kita sendiri. Kali kedua kita menjalani ibadah berpuasa di tengah pandemi, tentunya hal tersebut tidak terlepas dari pandemi virus b covid-19 yang belum juga mereda

 Nah, dengan mengkonsumsi makanan dan menu yang bergizi juga sehat di bulan Ramdhan ini, memang dinilai sangat penting dan dibutuhkan khususnya kita tengah berada di masa pandemi covid-19. Hal tersebut bahkan di sampaikan oleh Ketua Ikatan Ahli Gizi, Olahraga dan Kebugaran Indonesia atu ANOKI, yaitu Mury Kuswary. 

” Selama menjalani Puasa, terutama di tengah pandemi saat ini, tentunya tubuh kita ini membutuhkan sekali banyak konsumsi makanan makanan yang bergizi dan seimbang tentunya ” Jelas Mury Kuswary dalam  keterangan tertulis pada Jumat (23/4/21) yang di kuti[ dari Trbunnews.com.

Hal tersebut memang dibutuhkan yang mana agar  segala kebutuhan nutrisi kita akan tercukupi ketika  menjalankan ibadah berpuasa, kemudian tentunya dengan makanan bergizi dan lezat yang kita konsumsi nantinya nafsu makan kita akan meningkat juga. 

Pentingnya Memadukan Menu Bergizi Dengan Aktivitas Fisik AGgar Bugar Berpuasa

” Nah, kelezatan suatu makanan memang didapatkan dengan menambahkan bumbu atau rempah rempah, atau menggunakan bumbu umami misalnya ” Lanjut Mury

 Mury juga menambahkan,cara termuda untuk bisa menjaga kebugaran dari tubuh selama bulan suci ramadhan ini adalah dengan menjaga kebugaran tubuh. Nah, salah satunya dengan menjaga pola makan dengan baik, benar dan  melakukan olahraga secara rutin juga. Hal tersebut akan mengurangi tingkat stress dan juga jangan lupa untuk selalu meningkatkan ibadah kalian di bulan suci ramadhan ini.

BACA JUGA:

” Selama menjalankan ibadah puasa juga, akan terjadi yang namanya defisit kalori yang mana akan membuat hormon didalam tubuh akan mengalami perubahan diantaranya terjadinya penurunan insulin dan adanya peningkatan hormon glukagon. Yang memaksa tubuh mampu menggunakan lemak untuk menjadi sumber energi ketika kalian akan beraktivitas ” Lanjut Mury. 

” Adapun beberapa tips saat kalian menjalani ibada puasa adalah dengan rutin berolahraga. Nah, kalian harus memperhatikan juga jenis olahraga dan tentunya durasi dari olahraga tersebut. Olahraga 3 hingga 5 kali dalam seminggu dengan jenis olahraga yang kalian lakukan adalah termasuk intensitas yang sedang atau ringan. Kemudian kalian juga bisa menggabungkan cardio dengan olahraga intensitas ringan juga, nah dalam melakukannya mulailah dari 20 menit hingga 60 menit setiap kali , maka akan ideal”

Nah, itulah penjelasan mengenai cara yang bisa kalian tingkatkan dan perhatikan lebih mengenai menu makanan bergizi dan juga pola berolahraga di bulan ramadhan ini.

 

Lihat yang Lain

Related Articles