Kamis, Oktober 28, 2021

Penyebab XAPK Tidak Bisa Diinstal dan Cara Mengatasinya

Apakah kalian sudah memasang XAPK di smartphone kalian atau justru gagal instal? Kalian bingung bagaimana cara mengatasinya?

Jangan khawatir, Gaes. Disini kalian akan menemukan jawabannya. Penyebab dan juga cara mengatasi XAPK tidak dapat diinstal.

Seperti yang kalian tahu, XAPK adalah file gabungan dari installer aplikasi atau game android yang punya format APK bersama dengan file OBB nya.

OBB ini kumpulan file pendukung atau data tambahan yang dibutuhkan aplikasi agar dapat berjalan. Itulah kenapa XAPK selalu berukuran lebih besar dari file APK biasanya.

Hal ini supaya pengguna Android lebih mudah memasang aplikasi atau game sebab saat kalian menginstall XAPK, maka file OBB akan terpasang secara otomatis.

XAPK ini sendiri sering kalian temukan saat kalian mencari sebuah aplikasi atau game android dari internet. Hal ini karena game atau aplikasi yang kalian inginkan tidak tersedia di google playstore.

Walaupun memasang XAPK tergolong sangat mudah, hanya saja masih ada sebagian orang yang ternyata mengalami beberapa masalaah saat menginstal XAPK dan gagal menginstal di smartphone android mereka.

Kalian juga penasaran bagaimana cara mengatasi gagal instal XAPK ini? Langsung simak detailnya kuy!

Penyebab Gagal Instal XAPK dan Cara Mengatasinya

Ada beberapa metode yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi gagal instal XAPK di smartphone android kalian. 

Tapi sebelumnya, kalian juga harus tahu apa saja penyebab yang membuat kalian gagal menginstal XAPK tersebut.

Berikut rangkumannya untuk kalian.

Pemasangan Gagal

Error jenis ini pada umumnya dikarenakan kalian belum mengaktifkan penginstalan dari sumber tidak dikenal.

Untuk mengaktifkan opsi ini, kalian harus pergi ke dalam fitur Keamanan di menu Pengaturan smartphone Android kalian. 

File XAPK Rusak

File XAPK yang rusak tidak akan apat dipakai, bahkan untuk memasangnya pun akan gagal. Hal ini karena jaringan internet yang kurang stabil saat kalian mendownload file XAPK sehingga membuat file XAPK rusak.

Oleh sebab itu, pastikan jaringan internet yang kalian gunakan saat mendownloan lancar dan stabil. Akan lebih baik dengan menggunakan WIFI sehinggal XAPK bisa terinstall secara cepat.

Memori Penuh

File XAPK baisanya mempunyai ukuran yang cukup besar sebab di dalamnya sudah tersedia folder OBB atau data tambahan yang dibutuhkan. 

Dengan begitu, sebelum kalian memasang XAPK di smartphone Android, kalian harus memastikan penyimpanannya masih mmepunyai ruang yang cukup.

Jika terlalu penuh, kalian bisa menghapus beberapa aplikasi yang dirasa jarang kalian gunakan. Setelah memori lebih lega, kalian bisa melakukan instal XAPK kembali.

Itu tadi beberapa penyebab dan cara mengatasi gagal instal XAPK di smartphone android kalian. 

Kalau ada pertanyaan penyebab dan cara mengatasi gagal instal XAPK di smartphone android atau ingin menambahkan tips lain, silahkan tulis lewat kolom komentar yang ada di bawah ini.

Kalian juga jangan lupa untuk terus update berita dan informasi terbaru baik dari dalam dan luar negeri seputar ilmu pengetahuan dan teknologi. Ada banyak tips tersaji, yang bisa menjadi solusi masalah teknis yang kalian alami saat ini.

Ada juga review game terbaik dan juga perangkat mobile atau pun informasi yang lain yang pastinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua. Sampai bertemu lagi di artikel yang lainnya.  Semoga bermanfaat dan salam teknologi!

Lihat yang Lain

Related Articles