Kamis, Oktober 28, 2021

Peringatan Nuzulul Quran Kemenag Tingkat Kenegaraan Malam Ini

Peringatan  Nuzulul Quran atau Hari  turunnya Al Quran ini tengah tingkat kenegaraan yang mana akan di laksanakan dan di gelar tepatnya di Aula HM Rasjidi Kantor Kementerian Agama (KEMENAG) Pusat yang aman berada di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat pada Kamis(29/4/21). Peringatan Nuzulul Quran Kemenag tingkat kenegaraan malam ini memang sangat dinantikan. 

Tema yang diusung dalam acara peringatan nuzulul quran tersebut adalah sebuah tema Spirit perdamaian. 

” Ramadhan sendiri merupakan bulan Al Quran yang mana di sebutkan dalam surah Al Baqarah pada ayat 158 yang  mana memang layak di peringati. Peringatan nuzulul Quran sendiri merupakan salah satu bentuk syukur kepada Allah SWT yang mana telah membimbing umat mansi melalui kitab-NYa yaitu kitab Suci Al-Quran” Jelas direktur Penerangan Agama Islam Kemenag Junaidi dalam sebuah keterangan tertulis pada Kamis (82/4/21).

Nantinya peringatan nuzulul quran tersebut akan menghadirkan atau mendatangkan Pakar Ilmu Qiraat yaitu Kyai Ahsin Sakho Muhammad dan juga adanya Qori atau Qariah terbaik pada MTQN XXVIII tahu 2020 lalu di Padang Provinsi Sumatera Barat. Ustadz Abdullah Fikri dari Sumatera Barat dan juga Ustadzah Rofiatul Muna dari Jawa Timur yang akan mengisinya. 

BACA JUGA:

” Al Quran sendiri berikan tentang  petunjuk untuk mencapai sebuah kebahagiaan baik didunia maupun diakhirat. Nah, untuk memperoleh petunjuk dari Al Quran tersebut perlu ada yang namanya upaya dalam menggali atau mengkajinya. Nuzulul Al Qur’an Sendiri merupakan salah satu momentum, untuk menjadi lebih dekat dengan Al Quran ”  Jelas Juraidi. 

Peringatan Nuzulul Quran Kemenag Tingkat Kenegaraan Malam Ini

Juraidi juga menambahkan, bahwa acara tersebut akan didahului dengan mempersembahkan  Sholawat Al Quraniyah  oleh IPQAH atau Ikatan Persaudaraan Qari Qariah dan Hafidz Hafidzah Provinsi DKI Jakarta. 

” Semoga kita akan mampu endpatkan perilingan dari Rasulullah dan juga pembelaan dari Al Quran ketika di hari Kiamat nanti” Kata Juraidi. 

Nah, peringatan yang dihelat dengan sebuah penerapan dan protokol kesehatan yang mana ketat dan juga di langsungkan secara daring atau luring sekalipun. 

Menteri agama yaitu Yaqut Cholil Qoumas dijadwalkan akan hadir secara luring juga. Namun, bagi Wakil  Presiden yaitu KH Ma’ruf Amin yang mana akan menyampaikannya secara virtual.  Jadi, akan ada 2 seso baik virtual maupun luring nantinya.

Peringana penyelenggaraan Nuzulul Quran yang mana memiliki tingkat kenegaraan ini akan diakhiri dengan adanya pembacaan doa yang di pimpin oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Rabithah Alawiyah di Jakarta. Afa juga Habib Zein bin Umar bin Smith.

Maka, dengan begitu peringatan ramadhan kali ini akan menjadi luar biasa, meskipun kita tengah berada di masa pandemi bukan berarti kita menghilangkan tradisi tersebut.  Di bulan suci ramadhan ini kita tetap bisa melakukan peringatan nuzulul quran dengan cara daring, dengan memanfaatkan teknologi sehingga ibadah kailan tidak akan tersendat juga mendapatkan banyak pahala yang berlipat ganda juga nantinya. 

 

 

Lihat yang Lain

Related Articles