Selasa, September 21, 2021

Sensor Smartphone Samsung yang Kalian Harus Tahu

Samsung adalah perusahaan besar yang juga memproduksi smartphone dengan kualitas terbaik. Perusahaan ini menjaga kepercayaan pengguna dengan terus mengembangkan inovasi dan memperbaiki tipe sebelumnya dengan menghadirkan smartphone yang mmepunyai tampilan elegan dan fitur serta spesifikasi yang canggih.

Baik dari segi kamera, chipset processor, ROM dan RAM, juga fitur lain membuat Samsung mematok harga yang cukup mahal. Hal ini sebanding dengan fasilitas yang didapatkan oleh para penggunanya.

Salah satu komponen penting di smartphone adalah sensor. Sensor adalah salah satu jenis komponen smartphone yang mempunyai fungsi untuk memberikan respon sesuai dengan fungsinya. 

Di smartphone Samsung sendiri ada beberapa jenis sensor yang disematkan di dalamnya. 

Untuk kalian mungkin ada yang masih cukup asing dengan beberapa sensor yang ada di smartphone Samsung tersebut. Supaya tidak bingung, berikut ini beberapa jenis sensor di smartphone Samsung beserta fungsinya yang wajib kalian tahu.

Sensor Gyroscope

Gyroscope adalah salah satu komponen sensor di android yang bermanfaat untuk mngeoptimalkan aktivitas gaming. Sensor ini bertugas sebagai pendeteksi posisi smartphone. Contohnya saja membedakan arah atas, bawang dan samping smartphone. Dengan sensor ini, permainan game akan semakin seru karena bisa menyesuaikan posisi smartphone dengan tepat.

Sensor Accelerometer

Sensor ini biasanya penting untuk mendukung fitur kompas di smartphone android. Di samping itu, gunanya juga untuk mengoptimalkan pemakaian fitur GPS di smartphone Samsung. Ini disebabkan fungsi dari sensor tersebut adalah untuk mendeteksi percepatan dari gravitasi bumi.

Sensor Ambient Light

Sensor ini memiliki fungsi sangat penting di smartphone android. Sensor satu ini berfungsi untuk menyesuaikan tingkat kecerahan smartphone dengan kondisi sekitar.

Contohnya ketika berada di luar ruangan yang cahayanya terang, maka layar smartphone bisa langsung menyesuaikan kecerahannya supaya tetap dapat terlihat oleh pengguna. Sedangkan, ketika di dalam ruangan yang gelap, tingkat kecerahan layar akan diturunkan supaya nyaman dipandang.

Sensor Fingerprint

Sensir ini merupakan fitur keamanan terbaik di android. Sensor Fingerprint berguna untuk mengenali dan menyesuaikan sidik jari dengan data sidik jari yang dipakai untuk proteksi keamanan smartphone.

Dengan begitu, tidak ada orang lain yang dapat mencoba menjalankan smartphone kalian.

Sensor Proxymity

Untuk sensor ini berfungsi untuk mematikan layar smartphone secara otomatis saat menelepon. Sensor ini biasanya ada di layar depan smartphone, bersebelahan dengan fitur LED Flash dan kamera depan.

Magnet Sensor

Sebagian dari kalian mungkin masih agak asing dengan jenis sensor ini. Sesuai namanya, Magnet Sensor berguna untuk mendeteksi magnet. Sensor ini biasanya dipakai sebagai komponen fungsi dasar kompas pada smartphone android.

Dengan begitu, kalian dapat dengan mudah mengetahui arah tanpa harus memakai kompas fisik.

Temperature Sensor

Namanya Sensor Temperatur yang berguna untuk mengetahui tingkat suhu. Tapi, sensor satu ini bukan untuk mengetahui suhu kalian sebagai pengguna, tetapi suhu dari smartphone itu sendiri.

Dengan sensor ini, kalian akan lebih mudah mengetahui berapa derajat suhu sekarang ini. Hasil suhu yang ditunjukkan sensor Samsung ini diklaim sangat akurat.

Sensor Sound

Sensor sound atau yang lebih populer dengan sensor suara. Fungsi utama dari sensor satu ini untuk menyesuaikan volume suara di smartphone secara otomatis.

Misalnya ketika kalian sedang telepon di tempat yang ramai, maka sensor ini akan mendeteksi suara dan menyesuaikan suara di telepon dengan kondisi di sekitarnya.

Itu tadi macam-macam sensor di smartphone Samsung yang mungkin belum kalian ketahui. 

Semoga bermanfaat! Nah, dengan kalian mengetahui sensor – sensor yang terdapat pada smartphone samsung ini, kalian harus lebih memaksimalkan penggunaan dari sensor – sensor tersebut untuk bisa memudahkan pekerjaan kalian.

Lihat yang Lain

Related Articles