Kamis, Oktober 28, 2021

Sumber Penghasilan Youtuber

Melihat fenomena saat ini banyak sekali penggiat sosial media ramai-ramai pindah ke Youtube karena menjanjikan bayaran atau pendapatan yang cukup besar berkaca dari para youtuber sukses. 

Hanya saja, tentu ini bukan proses instan. Setiap pendapatan besar yang masuk, tentu saja setimpal dengan perjuangan mereka dari awal sampai ke titik mudah mendapatkan penghasilan di Youtube bukan?

Apakah kalian penasaran darimana saja penghasilan para youtuber ini sampai mendapatkan puluhan juta bahkan lebih dalam sebulan? Cek langsung kuy!

Youtube Ads / Adsense

Adsense adalah penghasilan yang paling banyak didapatkan para youtuber. Adsense yaitu perusahaan dari Google yang berkerjasama dalam bidang periklanan lewat media internet di video youtube, iklan di dalam situs web dan iklan di dalam aplikasi android.

Kalau kalian sering melihat iklan yang tampil di bagian bawah video youtube, iklan yang muncul pada awal video youtube diputar, iklan yang muncul di pertengahan video ataupun di akhir video, itu adalah iklan dari adsense.

Biasanya, untuk cek penghasilan youtuber dari adsense dapat dilihat dari jumlah view video. Jika sebuah video youtube punya banyak penonton, maka semakin banyak juga penghasilan pemilik channel atau youtuber tersebut. 

Tapi sebelumnya kalian juga harus tahu, Youtube kini memberikan peraturan minimal jumlah subscribers dan penayangan lebih dulu sebelum kalian bisa mengaktifkan fitur adsense pada video-video di channel kalian ketika kalian ingin menjadi youtuber dengan gaji dari adsense.

 Affiliate marketing

Affiliate marketing ini sistem bisnis dengan memasarkan produk dan saat youtuber itu sukses menjual produk dari perusahaan yang punya produk tersebut, maka perusahaan itu akan memberikan uang ke youtuber.

Sistem ini umumnya harus dengan kesepakatan kedua pihak untuk menyetujui berapa penghasilan yang diperoleh. Pihak youtuber akan mendapatkan kode upaya memudahkan pemilik produk melacak jika produk berhasil dijual dan sebagai bukti terjual oleh youtuber.

 Endorsement

Kalian mungkin pernah melihat di awal, tengah ataupun akhir video saat seorang youtuber mengenalkan sebuah produk yang berhubungan dengan isi konten video. Itulah yang disebut endorsement dalam youtube.

Tujuan menyisipkan iklan produk ini tentu permintaan dari pemilik produk yang ingin kalian iklankan. Istilah endorsement memang lebih terkenal di Instagram, tapi kalian harus punya followers dengan jumlah yang banyak. 

Berjualan

Perusahaan besar kini juga memulai untuk promosi memakai video youtube. Video yang berisikan sebuah produk yang memang ditujukan untuk memperkenalkan produk mereka, juga dapat menarik minat pembeli untuk menambah jumlah penjualan produk kalian.

Ada juga dari kalangan artis dan youtuber yang merambah penghasilan dengan masuk dalam bidang jual beli. Dan mereka memakai channel youtube mereka sebagai media pemasaran produk-produk mereka. Kalian juga bisa memakai cara itu untuk menambah penghasilan dari youtube.

Nah, tertarik menjadi youtuber, Gaes? Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Itu tadi informasi mengenai Sumber Penghasilan Youtuber yang bisa menjadi semangat kalian yang ingin pindah profesi jadi youtuber. 

Kalau ada pertanyaan atau ingin menambahkan tips lain, silahkan tulis lewat kolom komentar yang ada di bawah ini.

Kalian juga jangan lupa untuk terus update berita dan informasi terbaru baik dari dalam dan luar negeri seputar ilmu pengetahuan dan teknologi. Ada banyak tips tersaji, yang bisa menjadi solusi masalah teknis yang kalian alami saat ini.

Ada juga review game terbaik dan juga perangkat mobile atau pun informasi yang lain yang pastinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua.Sampai bertemu lagi di artikel yang lainnya. Selamat mencoba cara tadi. Semoga bermanfaat dan salam teknologi!

Lihat yang Lain

Related Articles