Selasa, September 21, 2021

Tanda Tanda Terjadinya Malam Lailatul Qadar

 Bulan suci Ramadhan memang ,merupakan bulan yang paling dinanti dan ditunggu banyak  umat muslim, sedunia, karena memiliki banyak  berkah dan pahala yang sangat berlimpah. Salah satunya, adanya malam  Lailatul Qadar di bulan Ramadhan. Yang mana kali ini kami akan membawa pembahasan tersebut, yaitu mengenai tanda tanda terjadinya malam lailatul qadar. 

[lwptoc]

Sehingga bagi kalian yang ingin mendapatkan malam lailatul qadar bisa mengetahuinya kemudian. Jadi, ikuti  artikel kami ini hingga selesai. Nah, malam Lailatul Qadar sendiri merupakan malam yang memang sangat dinantikan, malam lailatul qadar merupakan malam yang paling mulia yang mana bisa terjadi di 10 hari terakhir bulan ramadhan tersebut. 

Malam, lailatul qadar tersebut memang dikatakan sebagi malam yang lebih baik dari pada seribu bulan sebagaiamana telah di terangkan dan dijelaskan dalam frmannya dalam Al-Quran surat Al-Qadar. 

Lailatul Qadar sendiri akan datang pada malam ghanhik di bulan Ramdhan, tentunya ada pertandaan khusus yang etrajdi ketika malam Lailatul Qadar akan datang. Nah, malam yang spesial tersebut menjadi penuh dengan keberkahan maka  tentunya kalian ingin mendapatkannya bukan? 

Tanda Tanda Terjadinya Malam Lailatul Qadar

Nah, mengenai tanda tandanya sendiri yang bisa dirasakan manusia disampaikan oleh Dr H Baidi MPd yang merupakan Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dari IAIN Surakarta yang mana dirinya mengatakan sebagai berikut yang dengan terjemahannya sebagai berikut :

Sesungguhnya kamu telah menurunkan (Al- Quran)) pada malam qadar. 

Dan Tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?

Makam kemuliaan itu lebih baik daripada seruby bulan.

Pada malam itu turun para malaikat dan ruh (jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan

Sejahtera lah (malam itu) sampai terbitnya fajar. 

Nah, DR H Baidi juga mengaitkan pada intinya ayat tersebut memberikan pemahaman bahawa Allah telah memerintah kan  kepada para umatnya yang mana terdapat salah satunya malam yang mulia di lama bulan ramadhan yang dinamakan Lailatul Qadar. 

Nah, kebaikan daripada malam mulia ini yaitu dimana pahala yang akan diberikan dan melaksakana ibadah malam di Lailatul Qadar sendiri akan sangat baik iaitu jika di bandingkan dengan 1000 bulan atau 84 tahun. 

” Maka dari itu, seperti sunnah Rasulullah, kita diperintahkan untuk melakukan i’tikaf atau kencangkan  ikat pinggang untuk melakukan ibadah. Kemudian Jauhkan tempat tidur serta berbagai godaan dunia untuk menyambut malam Lailatul Qadar tersebut ” Lanjutnya lagi.

Kemudian pihaknya  mengatakan bahwa para ulama memberikan suatu pendapatnya ketika walau tamdhan itu Adalah di hari ahad atau Rabu, maka nantinya Malam Lailatul Qadar akan jatuh pada malam di 19 Ramadhan. Nah,  jika Ramadhan di mulai hari senin, maka malam Lailatu Qadars endiri akan jatiuh pada malam  ke 21 di bulan Ramadhan. 

Kemudian jika wal Ramdhans endiri di mulai pada hari Selasa atau Rabu, maka nantinya malam Lailatul Qadar akan jatuh pada malam ke 27 di bulan Ramadhan. 

Kemudian jika awal Ramadhan terjadi di hari Kamis, maka malam Lailatul Qadar akan jatuh pada hari ke 25 Ramadhan, dan jika di hari sabtu maka akan terjadi di malam ke 23  bulan Ramadhan.

 

Lihat yang Lain

Related Articles