Tips Aman Belanja Hadapi Harbolnas

Adakah cara membedakan toko online terpercaya atau tidak? Ada. Jika toko tersebut dalam bentuk web, kalian cukup cek desain yang dipakai, bahasanya buruk atau tidak, sampai nama domainnya. Lalu kalian survey saja toko online tersebut dengan toko online atau marketplace lain yang sudah jelas terpercaya, misalnya Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan lainnya.

0
12 / 100

Apakah kalian para pecinta shopping online yang selalu menunggu harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional untuk berbelanja? Yup. Pasti banyak yang menantikan momen ini, Gaes.

Kenapa? Karena nantinya akan ada banyak sekali beragam promo menarik yang ditawarkan beberapa marketplace.

Belanja online pun saat ini bisa kalian lakukan dengan mudah via smartphone. Baik melalui browser ataupun aplikasi marketplace, membeli barang yang kalian mau cukup menggunakan jempol saja.

Hanya saja, banyak juga yang merasa khawatir dengan masalah keamanan dan potensi penipuan yang akan terjadi. Sebab apabila kalian salah dalam melakukan transaksi, yang ada smartphone kalian bermasalah, atau justru rekening kalian yang terkuras.

Kemudian bagaimana caranya agar kalian bisa aman untuk belanja menghadapi harbolnas yang tinggal menghitur hari ini? Langsung cek kuy!

Cari Toko Online Terpercaya

Tapi, adakah cara membedakan toko online terpercaya atau tidak? Ada. Jika toko tersebut dalam bentuk web, kalian cukup cek desain yang dipakai, bahasanya buruk atau tidak, sampai nama domainnya.

Lalu kalian survey saja toko online tersebut dengan toko online atau marketplace lain yang sudah jelas terpercaya, misalnya Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan lainnya.

Jika kalian ragu, lebih baik kalian tidak berbelanja di toko online tersebut. Pergi saja ke toko online yang memang sudah terpercaya.

Pastikan juga URL atau link situs toko online dimulai dari “https://”. Perhatikan, ada huruf “s” sebelum tanda titik dua. Huruf “s” artineya secure alias aman.

Kalian pun harus teliti dan menemukan tanda gembok di samping kolom URL situs web-nya. Tanda gembok itu artiknya koneksi aman atau tidak ada yang bisa membaca atau memofidikasi data ketika kalian berselancar.

Belanja Lewat Sosial Media

Terdapat beberapa toko online di media sosial yang juga promo atau diskon Harbolnas di sosial media. Klaian harus teliti, sebab tidak jarang ada toko online palsu.

Jika kalian ingin berbelanja lewat media sosial misalnya Instagram maka sebaiknya kalian bertransaksi  di toko online melalui marketplace. 

Biasanya toko online di media sosial akan memasang akun marketplace mereka di bio. Misal Shopee, BUkalapak, dan lainnya.

Transaksi melalui marketplace lebih aman. JIka barang yang dikirim palsu, atau tidak dikirim, kalian dapat komplain di marketplace tersebut.

Uang yang sudah ditransfer pun akan ditahan dulu, tidak langsung sampai ke si penjual atau toko online-nya. Uang itu pun dapat kembali ke akunmu kalau memang ternyata toko online tersebut terbukti palsu atau melanggar aturan.

Teliti Barang yang Ingin Dibeli

Ketika terjadi Harbolnas, banyak sekali barang yang akan didiskon. Baik itu diskon betulan atau hanya gimmick saja.

Banyak orang yang kemudian tergiur dengan keterangan promo yang ada. Ditambah lagi jika promonya sampai 90 persen.

Saran terbaik, jangan buru-buru atau langsung tergiur. Tahan dulu emosi sesaat kalian. Tarif nafas. Kemudian teliti lagi.

Satu, usahakan kalian cari tahu lebih lanjut barang yang akan dibeli. Kalian dapat melakukan cek via Google. Atau, lebih bagus lagi jika ada review-nya di YouTube. Dengan begitu, kalian dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan barang tersebut.

Jangan lupa untuk cek deskripsi barangnya, Gaes. Bisa jadi gambar yang ada hanya ilustrasi, tapi tak sesuai produk asli.

Ada beberapa masalah dimana para pembeli tidak mendapat barang yang sesuai. Biasanya ini karena tergiur harga murah.

Akan lebih baik lagi jika kalian sudah bertransaksi, simpan bukti transaksinya. Kemudian salin email penjualnya pun harus kalian simpan baik-baik. Ketika ada masalah, maka kalian masih menyimpan bukti tersebut untuk komplain. Itu tadi beberapa tips untuk kalian menghadapi harbolnas.

Nah, untuk kalian yang ingin berbelanja pada aplikasi shopee, namun tidak memiliki cukup dana dalam kesempatan harbolnas kali ini, kalian dapat membaca artikel ini untuk melihat tutorial dalam menggunakan ShopeePayLater. Cara Belanja Menggunakan Shopee PayLater. Salam teknologi!

error: Content is protected !!