Tips Belajar Komputer

Untuk kalian para pengguna yang baru saja memiliki komputer dan tidak tahu cara mengoperasikan komputer, maka kalian bisa melihat tips belajar komputer di artikel ini, Gaes. Biasanya ketika membeli komputer baru, akan ada panduannya. Meski tidak semua ada di buku, setidaknya bisa membantu bagaimana pengoperasian dasar komputer. 

0

Zaman yang berubah menciptakan teknologi yang terus berkembang dan makin canggih, salah satunya komputer. Komputer menjadi perangkat elektronik yang banyak dipakai di seluruh dunia karena bisa membantu dan memudahkan pekerjaan dalam kegiatan sehari-hari.

Contohnya para pelajar atau mahasiswa bisa untuk mengerjakan tugas kuliah, skripsi atau presentasi. Untuk pekerja kantoran bisa menggunakan komputer untuk mengolah data perusahaan, dan manfaat yang lainnya.

Akan tetapi, untuk kalian para pengguna yang baru saja memiliki komputer dan tidak tahu cara mengoperasikan komputer, maka kalian bisa melihat tips belajar komputer di artikel ini, Gaes.

Biasanya ketika membeli komputer baru, akan ada panduannya. Meski tidak semua ada di buku, setidaknya bisa membantu bagaimana pengoperasian dasar komputer. 

Tempat lain untuk belajar komputer adalah internet, sebab banyak tutorial yang akan memberikan langkah terbaik untuk menggunakan komputer. Baik untuk mengetik di Ms Word, memasukkan data di Excel, dan sebagainya.

Belajar Komputer Otodidak

Dengan banyaknya media saat ini tentunya membuat kalian para pengguna kompter pemula akan lebih mudah saat belajar komputer secara otodidak.  Yang terpenting, mempelajari komputer itu yaitu minat dan ketekunan agar tidak mudah bosan untuk terus belajar cara belajar komputer.

Apa saja tipsnya? Cek kuy!

Niat Belajar Komputer

Segala sesuatu memang diawali dengan niat, karena itu berniatlah untuk belajar komputer dengan maksimal. Cara lain bisa kalian lakukan untuk menambah niat tersebut seperti membuat note atau catatan di kamar kalian untuk mahir komputer dalam waktu yang kalian tentukan.

Pergi ke Toko Buku

Tips belajar lainnya, kalian bisa pergi ke toko buku untuk mencari bahan ajar lainnya. Bisa dengan membaca buku komputer panduaan dasar. Atau bisa juga datang ke perpustakaan.

Mencari Referensi di Internet

Apabila di masa sulit ini kalian tidak bisa ke toko buku, maka cara terbaik adalah dengan mencari sumber belajar di internet lewat smartphone kalian.

Ada banyak tersedia tutorial baik di aplikasi sosial media, youtube, dan lainnya. 

Beli Komputer

Kalian bisa membeli komputer atau bisa juga laptop sendiri supaya kalian bisa memakainya untuk belajar komputer dengan mudah tanpa harus meminjam ke teman maupun pergi ke warnet.

Karenanya kalian jika hanya untuk belajar belilah komputer yang murah dan tidak harus baru yang penting bisa kalian pakai untuk belajar. Sebab apabila murah, kalian bisa memakainya tanpa harus khawatir rusak. Baru setelah mahir, kalian bisa membeli komputer dengan spek canggih agar kalian jadi lebih produktif.

Mencari Referensi dan Praktekan Langsung

Cara terbaik setelah belajar dan mencari referensi adalah dengan langsung praktek. Misalnya cara copy lalu paste di komputer, dan sebagainya.

Jangan Takut Salah

Kalian harus bisa mengambil hal baru untuk kalian tanpa takut komputer rusak atau sebagainya, sebab kalian hanya mengutak utik bagian dalam aplikasi atau perangkat lunak.

Kalaupun ada kesalahan fatal dan komputer rusak, umumnya di instal ulang sistem operasi maka komputer akan kembali normal seperti semula.

Kecuali jika kalian mengutak utik bagian dalam perangkat keras, misalnya membongkar komputer, mencabut RAM, dan sebagainya. 

Mengulang

Tetaplah konsisten dan terus mengalangi apa yang kalian pelajari. Lakukan secara rutin dan disiplin untuk hasil terbaik.

Membuat Tujuan Belajar Komputer

Dengan kalian tahu tujuan kalian belajar, maka biasanya kalian akan lebih fokus. Betul tidak?

Mempelajari Komponen Komputer

Sebelum membahas dasar belajar komputer, kalian juga harus paham komponen-komponen yang ada dalam komputer.

Selain beberapa hal di atas, kalian juga bisa mempelajari sistem operasi komputer, software umum, dan mental untuk tidak menyerah di tengah jalan.

Selamat mencoba. Salam teknologi! Nah, untuk kalian yang ingin belajar dalam mengetik cepat dengan 10 jari, kalian dapat membaca tips ini untuk melihat tutorialnya.  Tips Mengetik Cepat di Komputer.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!