Kamis, Oktober 28, 2021

Tips Burning CD

Apakah kalian masih suka membeli kaset VCD atau ingin burning CD sendiri tapi tidak tahu caranya burning CD? Apabila kalian penasaran, kalian bisa mengikuti beberapa tips yang akan dibagikan di artikel ini, baik dengan software atau tanpa software.

Memasukkan file dalam CD atau DVD bisa dikatakan sebagai burning CD. CD sudah lama dipakai sebagai penyimpanan portable. Walaupun saat ini tak terkenal seperti flashdisk, tapi CD masih dijumpai pada aktivitas sehari-hari.

CD ini punya harga yang terjangkau. Karena itu masih banyak yang memilih CD daripada flashdisk untuk menyimpan file.

Misalnya saat kalian lulus sekolah, umumnya pihak sekolah akan membagikan file foto kalian di dalam CD bukan? Bukan di flashdisk karena butuh budget lebih banyak.

CD juga banyak dipakai untuk media penyimpanan instalasi software dan sistem operasi windows. Walaupun dapat dengan bootable flashdisk, tapi CD masih jadi alternatif.

Burning CD Tanpa Software

Untuk beberapa orang, burning CD dianggap sulit, padahal memasukkan file ke CD atau burn cd dapat dilakukan tanpa bantuan software.

Yang kalian butuhkan hanyalah sebuah laptop atau komputer dengan sistem operasi windows. Kalian bisa memakai versi windows apapun. mulai dari windows vista, XP, 7, 8 sampai windows 10.

Windows XP

Windows xp punya fitur bawaan untuk melakukan burning cd walau sudah dikatakan jadul. Kalian bisa melakukannya tanpa software di windows XP.

Untuk burning CD di Windows XP, hal pertama yang harus kalian lakukan dalah harus punya CD yang akan dipakai. Lalu masukkan CD tadi ke dalam DVD drive komputer.

Setelah itu kalian buka CD/DVD drive yang terdeteksi di bagian My Computer. Setelahnya, pindahkan file ke dalam CD/DVD drive tersebut. Tap opsi Write these files to CD yang ada di bagian menu kiri.

Nantinya akan tampil sebuah jendela yaitu CD Writing Wizard. Berikan nama untuk CD dan tap next untuk mulai proses burning. Terakhir, kalian hanya perlu menunggu proses burning selesai.

Windows 7 dan Vista

Windows ini juga punya fitur burn CD bawaan.  Untuk bisa melakukan Burn CD, pertamanya kalian harus menyiapkan CD nya dulu. Lalu masukkan CD ke DVD Drive.

Selanjutnya, buka Windows Explorer dan pindahkan file ke dalam CD tersebut. Setelah itu klik kanan CD/DVD drive an klik Burn to disc. Tunggu proses burn aampai selesai.

Lama proses burning CD bergantung dari file yang kalian masukkan. 

Windows 8 dan Windows 10

Sebenarnya Windows 8 dan Windows 10 punya fitur yang hampir sama, termasuk fitur untuk burn CD. Langkah burn CD juga hampir sama, Gaes.

Pertama-tama, siapkan CD kosong, kemudian masukkan CD tersebut ke DVD Drive laptop atau komputer. Tunggu sampai CD akan terdeteksi di bagian My Computer.

Selanjutnya cari file yang ingin dimasukkan ke dalam CD. Klik kanan file tersebut dan klik opsi Send to lalu klik DVD RW Drive.

Jangan lupa untuk memberikan nama di bagian Disc title, klik opsi With a CD/DVD player. Jiak sudah, pergi ke ke DVD drive dan klik menu Finish Burning. Terakhir, tap  tombol Next dan tunggu proses burning selesai.

Cara Burning CD di Nero

Jika kalian ingin memakai software, kalian bisa memakai Nero, Gaes. Nero ini software yang populer untuk membantu burning CD dengan mudah di windows. 

Karena itu, pastikan komputer atau laptop kalian telah terpasang software Nero Burning ROM dulu.

Cara Nero Burning ROM pertama, segera masukkan CD dan jalankan aplikasi Nero Burning ROM. Nanti pada  tampilan awal Nero, tap menu file dan klik new.

Selanjutnya klik opsi burning file pada CD-ROM (UDF) dan tap tombol new. Kemudian kalian copas file yang diinginkan ke dalam CD.

Berikutnya, tap Burn di bagian atas dan tap tombol Burn untuk memulai. terakhir, tunggu proses burning CD selesai.

Selain nero, software yang mampu melakukan burn CD adalah power iso, ultra iso, dan sebagainya.

Semoga bermanfaat. Salam teknologi! Nah,Sebagai info,  file yang sudah kalian burning ke dalam cd bersifat permanen dan tidak dapat diubah ataupun dihapus. Karenanya, sebelum burning CD/DVD pastikan file yang dimasukkan ke dalam CD sudah benar. 

Lihat yang Lain

Related Articles