Kamis, Oktober 28, 2021

Tips Defrag Windows 7

Apakah kalian sadar jika kalian defrag secara rutin dan berkala maka itu berperan penting dalam perawatan disk komputer atau laptop kalian? Jika kalian pengguna windows 7 maka kalian beruntung, sebab bisa melakukannya dengan mudah.

Defrag banyak dilakukan ketika kinerja dari sebuah laptop atau komputer sudah mulai melambat. Masalah ini dikarenakan pada disk yang ada banyak file yang terpisah dan tidak terorganisir.

File tersebut baisanya seperti sebuah pecahan atau dapat dikatakan fragment yang muncul sebab sudah melakukan instalasi program, menghapus, ataupun merubahnya sehingga menghasilkan file-file di hardisk komputer.

Saat file-file tersebut terpisah dan menyebar i hardisk, maka akan membuat kinerja komputer menurun. Tapi, kalian dapat mengatasinya dengan menjalankan defrag supaya file bisa disusun menjadi lebih sederhana.

Mernariknya, kalian pengguna windows 7 dapat langsung mendefrag lewat fitur yang tersedia di windows 7. Kalian pun dapat mengatur fitur defrag supaya berjalan otomatis dan rutin dengan membuat  jadwal.

Cara Mendefrag Windows 7

Pada dasarnya melakukan defrag komputer ataupun laptop windows 7 adalah pekerjaan yang mudah. Karenanya, kalian cukup mengakses fiturnya dengan beberapa langkah saja.

Untuk defrag windows 7, pertama-tama kalian bisa tap logo windows di bagian sudut bawah layar. Lalu ketikkan “Disk Defragmenter” ke kolom pencarian. Nantinya jendela Disk Defragmenter akan tampil.

Setelah itu klik opsi disk yang ingin kalian defrag. Setelah itu kalian tap tombol Defragment Disk untuk memulainya. Terakhir, kalian tinggal menunggu prosesnya sampai selesai.

Ketika proses defragment disk selesai, maka kalian telah berhasil mendefrag disk yang kalian pilih. Kalian juga dapat memilih lebih dari satu disk supaya dapat di defrag secara bergantian.

Cara Defrag Satu Disk Windows 7

Pada dasarnya ada juga cara defrag disk pada windows 7 yang lebih sederhana. Kalain cukup mengakses file explorer dan menentukan disk mana yang akan kalian defrag.

Langkah pertama, buka file explorer pada PC atau laptop kalian. Kemudian silahkan pergi ke folder My Computer untuk memperlihatkan disk.

Setelah itu klik kanan pada disk yang ingin kalian defrag. Lalu klik opsi Properties. Selanjutnya kalian masuk ke tab menu Tools dan tap opsi Defragment now. Terakhir tunggu prosesnya sampai selesai.

Waktu yang diperlukan untuk proses mendefrag satu disk pada windows 7 tergantung besarnya ukuran dan status disk tersebut.

Menjadwalkan Defrag di Windows 7

Jika kalian sangat membutuhkan fitur defrag pada windows 7 sebab disk yang kalian pakai sangat terbatas, ada baiknya kalian pakai fitur penjadwalan defrag supaya dapat berjalan secara otomatis.

Cara defrag disk Windows 7 secara otomatis, pertamanya kalian tap logo windows dan ketik “Disk Defragmenter” ke kolom. Nantinya jendela Disk Defragmenter tampil.

Setelah itu tap tombol Configure schedule. Kemudian beri centang di kotak Run on schedule. Jiak sudah, atur jadwal defragment di opsi frequency, day dan time.

Di bagian Disk, centang disk yang ingin di defrag. Terakhir, tap tombol OK. Selesai.

Salam teknologi! Nah, janga lupa untuk mengatur jadwal defrag secara baik dan benar. Ini penting, untuk mendefrag disk ketika komputer windows 7 sedang tidak dipakai supaya prosesnya bisa berjalan dengan lancar. Itu tadi tips defrag windows 7 untuk kalian. Semoga bisa bermanfaat. Jangan lupa update info dan tips terbaru.

Lihat yang Lain

Related Articles