Kamis, Oktober 28, 2021

Tips Kompres Video dari Smartphone Android

Kalian sering download film, video musik, atau video bagus lainnya? Berarti kalian harus memabca artikel ini, Gaes. Disini saya akan memberikan beberapa tips agarkalian bisa melakukan kompres video dari smartphone Android. Dengan begitu, meski video kalian banyak, memori tidak akan penuh lagi.

Dari pengaturan pabrik saat perekaman video android sudah tersetting dengan kualitas Full HD 1920 x1080 pixel atau juga resolusi HD 1280x 720 pixel. Resolusi adalah detail dari jumlah kepadatan pixel pada kamera, jadi ukuran video yang dihasilkan juga besar.

Tapi tenang, Gaes. Ketika kalian membaca artikel ini nantinya kalian bisa mengurangi size dari semua jenis video tanpa harus menurunkan kualitasnya dengan cara mudah dan murah.

Ada banyak keuntungan yang kita dapatkan dengan memakai tips ini. Contohnya, menghemat waktu ketika ingin mengupload video, sebab size yang harus diupload terbilang kecil dan hemat kuota. Plus kapasitas memory yang hanya berkurang sedikit. 

Disini ada 2 cara yang bisa kalian lakukan, yaitu dengan aplikasi dan tanpa aplikasi. 

Website YouCompress

Kalian yang mencari situs compress simple dan mendukung semua format, YouCompress ini jawabannya. Pada fiturnya ada berbagai format mislanya MP4, GIF, MOV, MP3, PNG, JPEG, PDF, dan JPG secara gratis. Antarmuka di halamannya juga simpel dan mudah dipahami banyak orang.

Selain bsia kompres video, aplikasi ini bisa untuk mengkompres file berbentuk document PDF, Images, dan Music. YouCompress adlaah situs yang bisa mengecilkan size video tanpa mengurangi kualitasnya secara online. 

Langkah compress file pada website YouCompress yang pertama adalah membuka situsnya melalui link ini YouCompress.

Di halaman pertama, tap opsi menu Select File. Kemudian, masukan file video, document PDF, ataupun Music yang akan kalian kompres. Setelah itu klik opsi UploadFile & Compress.

Sesudah menunggu beberapa saat sampai proses upload dan pengecilan size tadi selesai, kalian download hasil filenya dengan cara tap ikon Download.

Website Online Converter

Aplikasi ini bisa tuk mengecilkan size, dan juga mengatur Sumber Video, Quality Audio, dan Size Video yang kalian inginkan.

Format video yang didukung pun banyak jenisnya. Misalnya MP4, WMV, MKV, MOV, FLV, 3GP, AVI, dan lain-lain.

Kalian tidak perlu ragu, sebab ia tidak akan menyimpan video yang sudah kalian unggah. Dengan demikian jangan khawatir video dilihat orang lain.

Hal yang harus kalian lakukan pertamanya adalah, memilih sumber video yang kalian inginkan seperti dari URL atau lewat Upload File. Setelah itu masukan URL kalau kalian memilih sumber tersebut, atau tap Choose File untuk mengupload. Berikutnya, sesuaikan Size dan Audio Quality yang kallian mau. Kalau sudah selesai, tinggal tekan Compress untuk mengeksekusinya.

Tunggu sampai proses selesai, dan klik Download Now untuk menyimpan hasilnya.

Aplikasi VidCompact

Ini adalah aplikasi pengompres video tanpa membutuhkan koneksi internet. Banyak fitur disana, misalnya saja ada fitur convert format file, melakukan sekali kompres ke banyak video sekaligus, pemangkas klip yang tidak disukai, dan membagikan hasil editing ke berbagai opsi media sosial yang ada.

Pertama-tama, Download dan install dulu aplikasi VidCompact lewat Google Play Store secara gratis. Kalau sudah, klik menu Pangkas & Kompres.

Selanjutnya, masukan video yang akan kalian kecilkan ukurannya maupun dipangkas. Lalu tap opsi Pangkas. Setelah itu, tekan opsi Resolusi untuk memilih resolusi yang kalian inginkan, ada pilihan seperti 240P320P360P480P, dan yang terakhir yaitu 640P. Tap opsi Selesai jika sudah memilih.

Di halaman selanjutnya, kalian dapat memilih dibagikan melalui sosial media apa saja. Klik Simpan ke Galeri.

Itu tadi beberapa Tips Kompres Video dari Smartphone Android. Selamat mencoba dan Salam Teknologi! Nah, kalian dapat melakukan ini untuk menghemat memori – memori kalian pada smartphone. Kalian dapat melakukan ini pada semua jenis smartphone.

Lihat yang Lain

Related Articles