Tips Memakai DNS Indihome Telkom

Pada dasarnya untuk bisa memakai indihome telkom adalah pekerjaan yang sangat mudah. Kalian hanya perlu melakukan beberapa langkah untuk dapat menggunakan paket internet tersebut.Langkah pertama yang harus kalian lakukan, di kolom search Windows, silahkan kalian ketik Control Panel dan Buka Control Panel tersebut. Jika sudah, silahkan kalian tap menu Network and Internet lalu kemudian kalian klik opsi Network and Sharing Center. Silahkan kalian tap Adapter Settings yang ada di bagian kiri.

0

DNS adalah Domain Name Server yang merupakan sebuah sistem yang mengubah URL dari sebuah website ke dalam bentuk IP Address. Kalau tidak ada DNS, kalian harus mengetikkan IP Address dengan lengkap ketika ingin mengunjungi sebuah website.

Nah, kemudian bagaimana agar kalian bisa memakai DNS indihome telkom? Secara kalian sudah membeli paket indihome dari telkom untuk internet kalian.

Tips pemakaian DNS ini dapat kalian lakukan untuk semuanya loh, Gaes. Karena itu walaupun DNSnya berbeda, kalian bisa memakai cara penerapan yang sama seperti yang akan dijelaskan dalam artikel ini. 

Akan tetapi, dengan catatan kalian juga menggunakan sistem operasi Windows7, 8 dan 10..

Lalu langkah apa saja yang harus dilakukan agar bisa memakai indihome telkom tersebut? Langsung saja yuk disimak artikelnya sampai habis, Gaes.

Memakai Indihome Telkom

Pada dasarnya untuk bisa memakai indihome telkom adalah pekerjaan yang sangat mudah. Kalian hanya perlu melakukan beberapa langkah untuk dapat menggunakan paket internet tersebut.

Langkah pertama yang harus kalian lakukan, di kolom search Windows, silahkan kalian ketik Control Panel dan Buka Control Panel tersebut.

Jika sudah, silahkan kalian tap menu Network and Internet lalu kemudian kalian klik opsi Network and Sharing Center. Silahkan kalian tap Adapter Settings yang ada di bagian kiri.

Langlah berikutnya, klik kanan pada Ethernet (atau pada jaringan Telkom aktif) kemudian silahkan kalian tap opsi Properties.

Setelah itu tap segera opsi Properties pada pilihan Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4). Jika sudah, silahkan kalian segera ganti ke Use Following DNS Address dan isi dengan DNS Telkom, Indihome, Speedy yang sudah dibagikan di artikel sebelumnya.

Kalau sudah, silahkan tap OK. Sesudah itu disconnect koneksi agar jaringan refresh. Barulah kalian bisa rasakan perbedaannya.

Tapi, bagaimana caranya mengetahui DNS Telkom, Speedy, Indihome sudah aktif atau belum?

Caranya sangat mudah, kalian bisa cek lewat Control Panel. Cara ini sama dengan yang sebelumnya sudah dijelaskan.

Untuk cara cek DNS Telkom yang sudah aktif, kalian ketik Control Panel di kolom search, lalu buka Control Panel tersebut.

Jika sudah, masuk ke bagian Network and Internet lalu klik Network and Sharing Center dan tap pada Adapter Settings.

Setelah itu klik kanan di jaringan yang aktif dan klik Properties. Lalu kalian tap Details dan cek di kolom IPv4 DNS Servers.

Di kolom DNS Servers tersebut kalian bisa tahu DNS yang sedang aktif. 

Kalau mau mengetes DNS yang terhubung bagaimana?

Memang tidak jarang ada juga beberapa DNS yang kurang stabil, jadi saat kalian setting DNS tersebut bukannya tambah lancar malah menjadi lemot. Sebab itulah kalian harus mengeceknya dulu. Caranya sangat mudah, yaitu dengan melakukan ping.

Kalian ketikkan CMD di kolom search dan buka. Lalu ketik “ping google.com -t” (tanpa tanda kutip). Terakhir, lihat respon dari ping tersebut.

Apabila ada informasi respon berarti koneksi internet normal dan DNS berfungsi dengan baik, tapi kalauada pesan time out maka silahkan ganti dengan DNS lainnya. Nah, untuk kalian yang ingin merubah DNS pada android, kalian dapat membaca artikel ini untuk melihat tutorialnya dalam mengganti DNS pada Android.  Tips Mengganti DNS di Android. 

Itu tadi penjelasan cara memakai indihome telkom. Semoga bermanfaat untuk kalian semua. Jangan lupa untuk update info dan tips terbaru seputar ilmu pengetahuan dan teknologi. Apabila ada pertanyaan, kalian bisa menuliskannya di kolom komentar di bawah artikel ini. Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!