Kamis, Oktober 28, 2021

Tips Memindahkan Aplikasi Oppo ke Sd Card

Kalian merasa kesal ketika mengunduh sesuatu tapi gagal karena memori kalian penuh? Bingung caranya bagaimana mengatasinya? Jangan panik, Gaes. Kalian akan menemukan caranya di sini. 

Smartphone Oppo bisa dikatakan masih baru di pasaran global, apalagi Indonesia. Akan tetapi dengan spesifikasi canggih dan harga yang terjangkau untuk semua kalangan membuat Oppo jadi banyak digemari dan diburu baik produk baru atau second.

Kelebihan lain smarpthone Oppo adalah kalian bisa menambahkan SD Card jika dirasa memori penyimpanan smarpthone kalian sudah penuh. 

Cara ini juga bisa kalian terapkan saat ingin menyimpan sesuatu ke memori, tapi sudah full. Solusinya adalah dengan mengunakan SD Card. Pertanyaanya, apakah aplikasi juga bisa dipindahkan? Jawabannya bisa.

Menginstal aplikasi secara default akan diinstall ke memori internal smartphone tentunya. Hanya saja terkadang adanya keterbatasan ukuran memori di smartphone Oppo akhirnya membuat kalian harus memindahkan Aplikasi Oppo ke Kartu Memori Sd Card.

Terlalu banyak aplikasi yang terinstall di smartphone bisa membuat semakin lama semakin mengecilkan ruang penyimpanan yang ada. Akibatnya, smartphone kalian semakin melambat kinerjanya saat menjalankan aplikasi, crash app bahkan tidak dapat melakukan install lagi dari playstore disebabkan memori yang sudah penuh.

Satu-satunya cara supaya memori internal kembali lega adalah dengan memindahkan aplikasi ke memori luar atau biasa disebut eksternal memori.

Di smartphone Oppo sendiri sebenarnya ada tool bawaan yang berfungsi untuk melakukan setting kemana arah pemasangan aplikasi dilakukan, apakah ke memori internal ataukah akan disimpan di SD Card.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan cara mudah untuk melakukan pemindahan aplikasi dari memori internal Oppo ke SD Card atau Mircro SD tanpa memakai aplikasi tambahan.

Tips ini bisa diterapkan di seri Oppo seperti joy, Oppo r9, f1, neo, a53 a37, a59 serta Oppo yoyo dan mungkin juga bisa untuk seri Oppo yang lainnya.

Cara Memindahkan Aplikasi Oppo dari internal ke SD Card

Langkah yang harus kalian lakukan yang pertama adalah dengan masuk ke menu Settings, klik Ok. Lalu tap opsi Kelola aplikasi.

Selanjutnya, klik pada tab ‘diinstall’ yang maksudnya aplikasi yang terinstall. Kemudian kalian pilih salah satu aplikasi yang kalian inginkan.

Jika sudah tampil Properties Aplikasi, langsung klik tombol ‘Pindah ke SD’

Tips pertama seperti di atas pasti mudah kalian praktekkan.

Untuk tips ke dua melakukan Setting supaya ketika menginstall aplikasi dapat langsung masuk ke SD Card tanpa lewat prosedur pindah tempat seperti tips di atas tadi.

Caranya, pertama-tama kalian pergi ke menu Settings, lalu masuk ke opsi penyimpanan. Scroll agak ke bawah dan klik ‘Lokasi pemasangan yang disukai’

Nantinya akan terbuka ‘menu pop-up yang berisi 3 pilihan, silahkan klik opsi ‘Kartu sd’ atau Phone storage. Selesai.

Itu tadi dua tips yang bisa kalian lakukan untuk memindahkan aplikasi ke memory SD Card atau Micro SD.

Semoga infromasi di atas bisa memberikan manfaat untuk kalian semua.

Kalau ada pertanyaan atau ingin menambahkan tips lain, silahkan tulis lewat kolom komentar yang ada di bawah ini.

Kalian juga jangan lupa untuk terus update berita dan informasi terbaru baik dari dalam dan luar negeri seputar ilmu pengetahuan dan teknologi. Ada banyak tips tersaji, yang bisa menjadi solusi masalah teknis yang kalian alami saat ini. Ada juga review game terbaik dan juga perangkat mobile atau pun informasi yang lain yang pastinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua.

Salam teknologi! Nah, dengan begini begini kalian tetap dapat menggunakan memori internal bila sudah penuh. Kalian dapat menggunakan cara ini untuk memindahkan memori secara berulang kali.

Lihat yang Lain

Related Articles