Kamis, September 16, 2021

Tips Memperbaiki Samsung Macet di Bootloop

Apakah smartphone Samsung kalian error dan mengalami macet di bootloop? Kalian tidak perlu khawatir, karena ada tips ampuh untuk memperbaikinya.

Bootloop yaitu saat perangkat Android tidak dapat boot melalui layar logo dan memulai kembali mengikuti tampilan layar logo atau hanya terjebak di sana. 

Boot loop sebenarnya berarti bahwa smartphone yang terpengaruh tidak bisa boot ke Sistem Operasi Android, dan itu membuatnya menjadi masalah besar. 

Boot loop bisa terjadi kaerna satu dari banyak hal yang berbeda. Karena itulah mengapa tidak ada satu, tapi banyak sekali cara memperbaiki boot loop. 

Lalu bagaimana cara memperbaiki Samsung macet di bootloop tersebut? Langsung saja kuy simak penjelesannya berikut ini.

Memperbaiki Samsung Macet di Bootloop

Pada dasarnya untuk bisa memperbaiki Samsung macet di bootloop adalah pekerjaan yang cukup mudah. Kalian hanya perlu melakukan beberapa tips berikut.

Keluarkan baterai smartphone, tunggu sebentar Lalu masukkan kembali.

Terlihat mudah caranya, kalian cukup mengeluarkan baterai smartphone Samsung yang terjebak dalam loop boot dan masukkan kembali setelah menunggu beberapa saat untuk memperbaiki masalah.

Langkah wal, kalian lepaskan penutup belakang smartphone Samsung. Lalu lepaskan baterai smartphone. Tunggu 30-60 detik untuk sisa daya untuk sepenuhnya meninggalkan sirkuit smartphone. Kemudian masukkan kembali baterai. Boot telepon dan lihat apakah booting berhasil.

Pastinya, langkah-langkah di atas adalah untuk smartphone yang baterainya bisa dilepas. Untuk baterai tanam, cukup matikan perangkat, diamkan selama 5-8 menit supaya muatan residu di sirkuitnya hilang, setelah itu boot untuk melihat apakah masalahnya masih ada atau tidak. 

Lepaskan SD Card

Biasanya Samsung masuk ke loop boot disebabkan kartu SD yang tidak kompatibel atau rusak atau hanya kartu SD yang mengalami kesulitan “berbicara” dengannya. 

Kasusnya, kalian coba mengeluarkan kartu SD dari smartohone lalu coba untuk mem-boot-nya mengakibatkan masalah boot loop diperbaiki. 

Tidak ada salahnya kalian kemudian keluarkan kartu SD Card Samsung dan setelahnya mencoba untuk mem-boot up untuk melihat apakah ini memperbaiki masalah loop boot.

Tapi, tidak perlu dikatakan kalau solusi ini hanya bisa diterapkan pada smartphone Samsung yang tidak hanya mendukung tetapi juga punya kartu SD untuk menambah ruang penyimpanan.

Colokkan telepon ke pengisi daya dan tekan dan tahan tombol Daya dan Volume Naik

Pertama-tama, kalian hubungkan smartphone Samsung yang bermasalah ke pengisi daya, dan pastikan pengisi daya dihidupkan.

Sesudah telepon mulai diisi, tekan dan tahan Power and Volume Up. Lalu lepaskan tombol begitu logo Samsung muncul.

Setelah itu, kalian periksa untuk melihat apakah telepon berhasil atau tidak. Kalau smartphone macet pada logo Samsung dan atau reboot, pergilah ke bawah daftar dan coba cara lain.

Colokkan telepon ke pengisi daya dan tekan dan tahan tombol Daya dan Volume Turun

Pertamanya, kalian hubungkan smartphone Samsung yang bermasalah ke pengisi daya, dan pastikan pengisi daya dihidupkan. Sesudah telepon mulai diisi, tekan dan tahan Power dan Volume Down, lalu lepaskan tombol begitu logo Samsung muncul.

Terakhir, periksa untuk melihat apakah telepon berhasil atau tidak. Kalau smartphone macet pada logo Samsung dan atau reboot, coba cara lain.

Ubah Smartphone ke Mode Unduhan Kemudian Reboot

Tidak jarang, yang dibutuhkan untuk mengambil smartphone Samsung dari loop boot adalah dengan mem-boot-nya ke dalam Mode Unduhan lalu restart.

Dengan kesalahan, perangkat dimatikan, cukup tekan dan tahan tombol Power, Volume Down, dan Home, semuanya secara bersamaan. Lalu lepaskan tombol setelah melihat layar peringatan.

Sesudah di layar peringatan, tekan tombol Volume Turun untuk keluar dari Mode Unduhan dan boot telepon ke atas.

Cara lain, kalian bisa pergi ke Mode Pemulihan lalu reboot. Dan terakhir, kalian bisa menggunakan cara reset lewat mode pemulihan. Semoga bermanfaat untuk kalian ya, Gaes. Salam teknologi! Semoga bisa menyelesaikan masalah kalian ini ya guys.

Nah, ada juga untuk kalian yang sudah tidak bisa lagi menggunakan smartphone samsung yang kalian gunakan ini, kami memiliki beberapa rekomendasi smartphone samsung juga yang bisa kalian beli dengna harga terjangkau dan memiliki spek nya tinggi. Spesifikasi Lengkap Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A71.

Lihat yang Lain

Related Articles