Selasa, September 21, 2021

Tips Mengatasi Layar Sentuh Macet atau Error Ketika Dicas

Waktu charging, tiba-tiba layar sentuh smartphone kalian error atau macet? Tidak bisa bergerak? Bingung? 

Gaes, kalau smarpthone android kalian saat dicas saja touchscreennya tidak bisa gerak atau macet, atau error, maka hal ini tidak perlu kalian fikirkan jika kalian tidak sedang dalam keadaan butuh untuk menggunakannya.

Akan tetapi, kalau kalian butuh untuk memakainya karena keperluan tertentu, pasti kalian ingin touchscreen layar smartphone kalian baik-baik saja seperti saat sebelum dicas bukan?

Pada dasarnya mengatasi layar sentuh macet atau error saat dicas sangat mudah. Hanya saja ada beberapa faktor yang membuatnya menjadi panjang. Selain dari smartphone, bisa jadi penyebabnya adalah charger kalian kualitasnya buruk. 

Tips Mengatasi Layar Sentuh Macet atau Error Ketika Dicas

Gaes, apabila masalahnya disini hanya ketika smartphone kalian dicas layarnya tidak bergerak, maka ada beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk mengatasinya.

Gunakan Charger Original

 

Jangan sekali-sekali memakai charger yang bukan original. Apalagi jika charger kalian kualitas rendah sehingga arus yang masuk tidak stabil atau bahkan dengan voltage yang kurang dari yang dibutuhkan. 

Atau juga sebaliknya, arus yang masuk lebih besar dari yang dibutuhkan. Karena itu ada baiknya kalian memakai charger original.

Untuk mengetahuinya, cobalah pinjam charger original teman denganbrand yang sama ketika milik kalian rusak atau hilang. Jika setelah itu layar sentuh sudah normal berarti charger kalian yang bermasalah. 

Layar Kotor atau Basah

 

Kalau ada sesuatu yang melekat di layar, maka sentuhan dari jari kalian menjadi respon yang berbeda. Contohnya saja adanya tetesan air pada layar akan menciptakan layar sentuh  saat dipegang merespon tidak sesuai dengan gerakan.

Mungkin secara kasat mata kalau air akan terlihat, tetapi jikalau kotoran atau kerak yang melekat di layar dan berwarna bening tentu tidak akan kelihatan. Maka dari itu cobalah untuk membersihkan layar dengan cairan cleaner dan usapkan memakai materi lembut ibarat tissue.

Tempered Glass atau Screen Protector Kualitas Jelek

Tempered Glass yang kualitasnya jelek juga bisa membuat kinerja layar jelek saat dicas. Karena pada umumnya saat dicas dan posisi data sellular hidup maka suhu dari smartphone cenderung lebih panas dari suhu normal. 

Kalau Tempered Glass kurang baik, akan membuat tempered glass menjadi penghalang dan gangguna bagi permukaan layar. Cobalah untuk mengganti tempered glass dengan kualitas yang lebih baik.

System Error

Apabila semua cara di atas sudah kalian coba tapi masih gagal, berarti ada sistem yang error atau file corrupt pada system androidnya sendiri.  Bisa jadi juga karena kalian pernah root smartphone sehingga rawan sistem rusak. Cara mengatasinya dalah dengan melakukan reboot.

pertama, tekan tombol Power bersamaan dengan tombol Home. Tekan Bersamaan dan tahan beberapa saat, lalu lepaskan saat muncuk system.

Kalau berhasil, akan muncul sistem dan usul persetujuan masuk ke ‘Safe Mode” klik YA. Selanjutnya, kalian akan dibawa masuk ke recovery mode

Nanti akan tampil beberapa pilihan, kalian langsung klik saja “Reboot system Now” 

Kalau sudah terlalu sering hang, biasanya saya akan rekomendasikan reset factory atau kembali ke pengaturan awal atau biasanya memakai kata “Wipe Data” agar tidak muncul hang lagi. 

Jangan lupa sebelum reboot kalian backup data dulu ya biar tidak hilang.

Terakhir, kalian tinggal tunggu sampai reboot atau reset factory selesai. Nanti smartphone akan Restart dan menyala kembali.

Kebocoran Baterai

Jarang terjadi,  tapi kerusakan baterai juga bisa membuat layar sentuh menjadi error saat sedang dicas. Proses charging pada smartphone yang rusak atau bocor biasanya akan mengganggu sistem lainnya khususnya pada area layar sentuh.

Masalah ini akan disertai gejala baterai yang kadang ngedrop atau cepat habis. Cara mengatasinya cobalah ganti baterai dengan tipe yang sama. 

Selamat mencoba!

Lihat yang Lain

Related Articles