Tips Mengatasi Windows Error Recovery

0
132
Tips Mengatasi Windows Error Recovery

Pernahkah kalian mengalami eror recovery saat memakai komputer atau laptop dengan sistem windows? Tidak perlu khawatir, sekarang kalian bisa mengatasinya dengan tips ampuh di artikel ini.

Sebagian besar para pengguna windows pasti pernah mengalami windows error recovery. Misalnya, error ketika baru pertama kali dihidupkan.

Error yang bisa terjadi ini banyak jenisnya. Ada yang tampil halaman boot manager, disk read error occured, inaccessible boot device, dan sebagainya.

Kalian harus tahu kalau pada dasarnya Windows Recovery ini bukanlah sebuah error, teta[i sebuah halaman untuk menjalankan fungsi tertentu pada saat sistem mendapatkan masalah.

Hal ini sudah sering ditemukan, tapi yang jadi masalah kemudian yaitu ketika halaman ini terus menerus muncul.

Seringnya ketika Windows di restart pun halaman ini muncul sehingga tidak masuk menu atau desktop windows. 

Untuk kalian yang mengalami masalah ini mungkin bingung bagaimana solusinya.

Kali ini ada tips untuk bisa mengatasi masalah windows error recovery ini. Untuk kalian yang sedang mengalami masalah tersebut bisa mengikuti beberapa tips berikut.

Mengatasi Windows Error Recovery

Di bawah ini adalah beberapa tips dan cara yang dapat kalian coba untuk memperbaiki dan mengatasi komputer atau laptop windows kalian yang ada masalah windows error recovery. 

Melakukan Startup Repair

Tips pertama yang bisa kalian pakai untuk mengatasi masalah di atas yaitu dengan melakukan startup repair. Startup repair ini merupakan salah satu fitur yang bisa kalian pakai melalui halaman windows error recovery.

Program ini bisa dipakai untuk mengatasi sistem yang error yang mengganggu proses booting. 

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah dengan restart komputer atau laptop kalian. Selanjutnya, sesudah muncul windows error recovery, klik Repair Your Computer..

Sesudah itu kalau muncul menu metode input, silahkan klik US. Nanti kalian akan menemui halaman Recovery Options, silahkan kalian lanjut dengan tap opsi Startup Repair. Terakhir, tunggu sampai proses recovery selesai.

Jiak sudah, windows akan secara otomatis melakukan pencarian penyebab masalah dan memperbaiki masalah tersebut.

Memakai  System Restore

System restore merupakan fitur windows yang memungkinkan sistem error dapat dikembalikan ke waktu tertentu. Kalian dapat coba memakai fitur ini untuk menghilangkan masalah yang terjadi.

Sama seperti sebelumnya, silahkan kalian ikut langkah-langkah masuk ke menu Recovery Options. Lalu sesudah itu, silahkan klik opsi System Restore pada menu yang tersedia, dan klik Next untuk meneruskan.

Jiak sudah, silahkan kembalikan sistem memakai restore point yang ada. terakhir, tunggu sampai proses selesai dan tap Finish.

Ketika semua proses sudah dilakukan kemudian kalian restart. Loading pertama kali umumnya akan memakan waktu sedikit lebih lama, tapi besar kemungkinan masalah error di boot ini akan menghilang.

Memakai Aplikasi CMD

Ketika komputer kalian error saat booting, cek pada halaman recovery options, di sana ada pilihan CMD yang bisa kalian pilih.

CMD atau Command Prompt ini dipakai user untuk melakukan perintah tertentu, misalnya untuk memperbaiki sistem.

Disini kalian bisa memakai CMD, bukan untuk memperbaiki, tapi untuk menonaktifkan fungsi recovery tadi jadi windows error recovery ini tidak muncul lagi. 

Langkah awal, masuk ke halaman Recovery Options seperti sebelumnya. Lalu klik opsi Command Prompt. Kemudian kalian ketikkan perintah bcdedit /set {current} bootstatuspolicy ignoreallfailures dan klik Enter.

Kalau sudah silahkan kalian cek, nantinya komputer atau laptop kalian akan langsung melakukan booting paksa.

Reinstall Windows

Lakukan instalasi ulang pc laptop windows kalian sebagai cara terakhir.  Dengan catatan kalian sudah mencoba cara sebelumnya. 

Dengan instal ulang ini masalah windows error recovery akan hilang. Apalagi kalau hal ini dikarenakan data yang rusak.

Tapi dengan catatan bahwa yang rusak itu sistemnya, bukan hardware seperti harddisk dan lainnya.

Selamat mencoba! Nah, dengan begini kalian dapat merecover windows yang eror pada laptop atau pc kalian dengan mudah. Kalian dapat melakukan ini pada semua jenis laptop/pc yang menggunakan sistem pengoprasian windows.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini