Kamis, Oktober 28, 2021

Tips Mengatur Region di Windows 10

Ketika kalian instal Windows saat beli baru atau update, pernah memperhatikan tidak region kalian ditulis apa? Jika jeli, maka kalian akan melihat bahwa setting region otomatis kalian biasanya adalah Indonesia. Ini karena kalian tinggal di Indonesia.

Berbeda kondisi ketika kalian tinggal di negara lain, maka negara yang kalian tinggali itulah yang akan tertulis dalam region windows kalian.

Ya. Windows memang menyesuaikan wilayah dari para penggunanya. Tetapi dalam beberapa kasus saat kalian menginstal Windows US, maka regionnya default-nya juga US.

Walau demikian, kalian tetap bisa mengubahnya ke region lain kok. Dan kalian juga harus tahu, pengaturan region ini ikut mempengaruhi beberapa aplikasi atau game yang tidak dapat kalian Install atau tidak tersedia di Microsoft Store sebab terhalang region.

Region ini juga berpengaruh pada aplikasi yang kalian pakai. Dimana ketika kalian terkoneksi dengan internet, kalian bisa terdeteksi dari region dan alamat IP kalian. 

Nah, kalian bisa bijak mengganti region ini jika memang ada suatu kondisi yang mengharuskan kalian mengubah region apabila kalian butuhkan.

Penasaran mau tahu caranya mengubah atau mengatur region kalian, Gaes? Kuy cekidot!

Mengatur Region di Windows 10

Kenapa harus windows 10? Sebab sekarang ini banyak dari kalian sebagai pengguna yang memakai sistem windows 10 baik di komputer atau laptop kalian, Gaes.

Dalam Windows 10, kalian bisa mengatur region lewat fitur Time & Language

Langkah awal yang bisa kalian lakukan adalah dengan buka menu Settings lalu tap opsi Start dan klik Settings, atau dengan cara kalian menekan Windows + I secara bersamaan. Sesudah itu, klik fitur Time & Language.

Jika sudah, kalian bisa masuk pada fitur tersebut, lalu klik fitur Region

Selanjutnya, di bagian Country or Region, kalian silahkan pilih sesuai keinginan, mau US atau Indonesia. 

Di sisi lain, pada bagian Regional format (Current format), maka sesuaikan dengan Country yang kalian pilih. Kalau kalian pilih Indonesia, maka formatnya Indonesia.

Bagaimana? Ternyata sangat mudah bukan mengganti atau mengubah regionnya? 

Kalian bahkan tidak memerlukan aplikasi tambahan dari pihak ketiga untuk melakukannya.

Untuk informasi tambahan, kalau kalian ingin memperoleh banyak akses game atau aplikasi dari Microsoft Store lebih banyak, maka kalian bisa memilih region US. 

Apabila kalian memilih Indonesia, maka pilihannya sudah tentu lebih sedikit. Sebab, ada beberapa aplikasi yang mungkin tidak tersedia atau tidak diizinkan di Indonesia.

Itu tadi sedikit penjelasan mengenai Tips Mengatur Region di Windows 10.

Semoga informasi di atas bisa memberikan manfaat yang banyak untuk kalian ya, Gaes.

Apabila kalian ada pertanyaan mengenai Tips Mengatur Region di Windows 10 atau ingin menambahkan tips lain, silahkan tulis lewat kolom komentar yang ada di bawah artikel ini.

Kalian juga jangan lupa untuk terus update berita dan informasi terbaru baik dari dalam dan luar negeri seputar ilmu pengetahuan dan teknologi.

Ada banyak tips tersaji, yang bisa menjadi solusi masalah teknis yang kalian alami saat ini. Ada juga review game terbaik dan juga perangkat mobile atau pun informasi yang lain yang pastinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua.

Sampai bertemu lagi di artikel yang lainnya. Selamat mencoba cara tadi, Gaes.Semoga bermanfaat dan salam teknologi! Nah, dengan begini kalian dapat mengatur region pada pengguna Windows 10. Kalian dapat melakukan ini pada semua PC ataupun Laptop kalian.

Lihat yang Lain

Related Articles