Kamis, Oktober 28, 2021

Tips Menghapus Windows Old

Pernahkah kalian melakukan upgrade komputer tapi drive pada sistem dan langsung penuh? Mungkin ini disebabkan OS lama kalian masih tersimpan, Gaes. Tenang saja, di artikel ini ada tips menghapus windows old untuk mengatasinya.

Komputer memang masih menjadi alat untuk mengerjakan berbagai tugas. Hanya saja ada beberapa pengguna yang salah mengatasi drive sistem penuh justru dengan menghapus data yang tidak penting di komputer atau uninstall aplikasi yang tidak digunakan.

Walaupun kemudian kapasitas di drive sedikit lega, tapi cara ini belum 100% berhasil. Karena akar masalahnya adalah file windows lama atau Windows.old yang masih tersimpan.

Pengertian Windows Old

Windows Old merupakan folder yang berisi file sistem windows lama sebelum kalian mengerjakan upgrade. Biasanya, folder ini dihapus otomatis dalam beberapa waktu ketika kalian memakai OS yang baru.

Seperti yang kalian tahu, windows punya ukuran yang cukup besar. Sebab itulah folder windows old ini bisa membuat drive pada sistem cepat penuh.

Windows.old ini dibuat otomatis saat kalian sudah upgrade sistem. Tujuannya untuk membackup sistem lama sehingga bisa dipakai untuk restore kalau diperlukan.

Contohnya ketika kalian tidak puas dengan kinerja windows 10 sesudah di upgrade, maka kalian dapat mengembalikannya atau downgrade ke windows sebelumnya memakai bantuan dari folder windows old ini.

Karenanya, jika kalian sudah cocok dengan kinerja windows sesudah di upgrade, kalian bisa menghapus folder windows old yang masih tersimpan di drive komputer.

Cara Menghapus Windows Old

Hapus windows old dengan cara delete langsung sering tidak berlaku. Karenanya supaya folder windows old dapat dihapus, ada beberapa langkah untuk menghapusnya secara mudah.

Hapus file dari folder windows old ini dapat dilakukan di windows 10, 8, dan 7 secara permanen dan aman.

Disk Cleanup

Disk Cleanup merupakan fitur dari windows yang berguna untuk membersihkan drive di komputer. Fitur ini biasa dipakai untuk menghapus file sampah termasuk folder windows old dengan aman.

Cara menghapus windows old, pertamanya dengan kalian membuka file explorer di laptop atau PC kalian. Lalu klik kanan drive (C:), dan klik opsi Properties.

Setelahnya, tap tombol Disk Cleanup. Dan tap opsi Clean Up System Files. Lalu kalian centang kotak Previous Windows Installations dan tap OK.

Jika sudah, tap Delete Files kemudian klik opsi Yes untuk menyetujui. Terakhir, tunggu prosesnya sampai selesai.

Lama waktu yang diperlukan dalam menghapus folder windows old ini tergantung dari ukuran. Ketika selesai, jangan lupa restart PC atau laptop.

Memakai CMD

Command Prompt atau dikenal dengan CMD merupakan program di windows yang bisa menjalankan perintah. Kalian juga dapat menghapus windows old dengan memberikan perintah di CMD ini.

Pertama-tama, klik tombol Windows+R kemudian ketik CMD tap OK. Nantinya jendela CMD akan terbuka. Selanjutnya kalian ketikkan perintah takeown /F C:Windows.old* /R /A, dan klik tombol Enter pada keyboard.

Setelah itu ketik cacls C:Windows.old. /T /grant administrators:F. Berikutnya kalian klik tombol Enter, setelahnya ketik Y dan klik Enter lagi.

Langkah selanjutnya, masukkan perintah rmdir /S /Q C:Windows.old. Lalu klik Enter untuk menetapkan perintah.

Terakhir, tunggu sampai prosesnya selesai. Jika sudah, restart komputer atau laptop kalian. 

Dengan CCleaner

Cleaner ini software pembersih untuk windows yang cukup terkenal. CCleaner ini punya fitur untuk menghapus folder windows old beserta isinya secara permanen.

Awalnya, jalankan CCleaner di PC atau laptop kalian. Lalu masuk ke menu Cleaner. Centang bagian kotak Old Windows Installation ketika muncul di bagian daftar Advanced.

Setelah itu tap tombol Analyze untuk mulai scanning. Nanti akan tampak ukuran dari folder windows old tersebut. Tap tombol Run Cleaner dan tunggu CCleaner selesai menghapus windows old dari PC. Selesai.

Semoga bermanfaat. Salam teknologi! Nah, dengan begini kalian dapat menghapus Windows Old pada PC atau Laptop kalian. Kalian dapat melakukan cara – cara diatas dengan menggunakan semua jenis pc atau laptop.

Lihat yang Lain

Related Articles