Selasa, September 21, 2021

Tips Menghentikan Aplikasi Terinstall Sendiri di Smartphone

Apakah kalian pernah mengalami tiba-tiba aplikasi di smartphone kalian bertambah padahal kalian tidak menginstallnya? Apa ada orang iseng? Kenapa bisa begitu? Ada cara mengatasinya tidak?

Selow, Gaes. Selalu ada jalan keluar dari setiap masalah. Begitu juga dengan aplikasi yang tiba-tiba terinstall sendiri di smartphone kalian.

Kalian sebagai pengguna smartphone android pasti bingung karena tiba-tiba ada suatu aplikasi misterius yang terinstall sendiri tanpa kalian ketahui. 

Ternyata, kasus ini sendiri pernah terjadi pada secara keseluruhan vendor smartphone, Gaes.

Masalah ini tentunya sangat penting untuk diselesaikan. Kalau dibiarkan pasti memakan banyak memori internal tanpa kalian sadari.  Tentunya juga berakibat pada berkurangnya kuota, karena android smartphone melakukan download tanpa pemberitahuan dahulu.

Yang karang memabuat kesal meskipun melakukan hard reset, ternyata cara ini masih berhasil diatasi.

Tetapi sebenarnya masalah ini mudah diatasi kalau kalian sudah tahu penyebabnya dulu. Faktor pertama yang membuat kasus ini terjadi adalah karena virus. Dan pastinya akan sangat berdampak untuk kalian yang suka melakukan penginstallan apk yang didownload lewat browser bukan dari Google Play Store.

Faktor lainnya yaitu tidak ada aplikasi antivirus yang ada dalam smartphone kalian. Seperti yang kalian ketahui sekarang kalau hanya dengan browser atau mengunjungi website saja sudah bisa terkena virus. 

Bahksan sekarang juga ada website yang sengaja memasang virus tersebut dengan banyak alasan. Bahkan untuk user PC saja banyak website yang sudah memasang script minning untuk memaksa si visitor menambang.

Akan tetapi, untuk kalian yang smartphonenya mengalami penginstallan aplikasi secara otomatis, ada beberapa tips yang bisa kalian praktekkan untuk mengatasinya.

Apa saja? Cekidot kuy!

Menonaktifkan Fitur Unknown Sources

Feature unknown sources ini adalah salah satu bagian dari sistem keamanan pada android supaya bisa menginstall berbagai aplikasi berupa apk dari sumber lain selain Play Store. 

Kalian harus waspada kalau sebelumnya fitur ini kalian aktifkan, karena ia tidak akan bertanya lagi kalau ada aplikasi yang akan diinstall. Lebih baik jika kalian langsung menonaktifkanya jika memang sudah diaktifkan.

Caranya, buka menu Pengaturan dari dalam smartphone, lalu klik General, dan tap opsi Security. Setelah itu, hilangkan tanda centang pada pilihan Unknown Source dengan melakukan tap pada opsi tersebut.

Menghapus Folder Snowfoxcr

Tips kedua, kalian dapat mencoba menghapus folder bernama snowfoxcr kalau ada di dalam memory smartphone.

Langkah pertama yaitu mencari folder tersebut dengan cara masuk ked alam Memory Eksternal atau Internal smartphone kalian. Kemudian klik folder Android, lalu buka juga folder Data.

Di folder Data tersebut car folder bernama Snowfoxr. Kalau sudah ketemu di salah satu memory kalian, eksternal maupun internal, maka langsung saja di Hapus folder bernama Snowfoxr tersebut.

Menonaktifkan Download Manager

Smartphone biasanya dibekali aplikasi download manager, untuk mendownload sebuah file seperti apk, musik, dokument, video, dan lainnya.

Hanya saja, bisa jadi aplikasi download manager mengalami kesalahan atau error, seperti menginstal dengan sendirinya saat smartphone tersambung dengan koneksi internet.

Cara mengatasinya, kalian buka menu Pengaturan lalu klik Application Manager.

Jika sudah masuk ke dalam menu aplikasi manager tadi, lanjut dengan mencari aplikasi Download Manager. Segera tap opsi Download Manager, lalu klik DisableForce Stop, dan juga Clear Data.

Tips lainnya, kalian bisa menghapus akun Google Play Store dengan cara ke menu Settting, buka menu General, klik Account lalu Google. Kemudian klik akun yang terhubung dengan Play Store lalu klik remove acoount.

Bisa juga dnegan menghapus aplikasi yang mencurigakan, Gaes. Kalau kalian pernah instal apk, maka hapus aplikasi dan juga apk-nya.

Terakhir, kalian bisa mematikan fitur Auto Update Play Store, dengan pergi ke Play Store, lalu klik Setting. Disana kalian cari opsi Auto-update Apps, lalu klik Do Not Auto Update Apps.

Selamat mencoba, Gaes! Nah, dengan begini kalian tidak akan lagi mendapatkan aplikasi yang terdownload sendiri pada smartphone kalian. Kalian dapat melakukan ini pada semua smartphone android. Selamat mencoba.

Lihat yang Lain

Related Articles