Kamis, Oktober 28, 2021

Tips Mengubah File PNG ke JPG atau JPEG di PC atau Laptop

Kalian pernah terfikirkan untuk mengedit foto atau menghasilkan gambar terbaik dengan mengubah file PNG ke JPG atau JPEG tapi tidak tahu caranya?  Jangan khawatir. Ada beberapa tips yang akan saya bagikan untuk kalian, Gaes.

PNG dan JPG adalah dua format image yang paling sering dipakai banyak orang sekarang ini. Format ini memberikan kualitas gambar yang sangat bagus, dimana kalian bisa memanipulasi sesuai keinginan aatau kebutuhan.

Contoh yang mudah adalah saat kalian memanfaatkan kamera smartphone untuk mengambil gambar, kalian dapat melihat ekstensi foto yang kalian ambil kebanyakan formatnya JPG atau JPEG.

Di sisi lain, untuk PNG umumnya sering digunakan untuk gambar berbasis vector atau line art.

Sedangkan untuk beberapa kasus tertentu, sebagian dari kalian ingin mengubah format dari PNG ke JPG atau JPEG. Berikut beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengubah file PNG ke JPG atau JPEG.

Mengubah secara Manual

Tips pertama, kalian bisa melakukannya tanpa aplikasi lewat fitur Windows Explorer. Caranya, kalian buka Windows Expolorer yang ada di laptop atau komputer kalian. Lalu, klik fitur View dan setelahnya  centang di bagian File name extensions. Dengan demikian, format file berekstensi akan tampil semua.

Selanjutnya cari gambar yang ingin kalian ubah formatnya menjadi JPG. Kemudian klik kanan pada gambar tersebut. Tap opsi Rename lalu ganti .PNG menjadi .JPG.

Apabila muncul pesan pop up, kalian cukup tap opsi Yes. Selesai.

Mengubah dengan Paint

Banyak orang memakai software edit foto atau gambar, padahal kalian bisa memakai Paint untuk mengubah format.

Ketika selesai mengedit, umumnya ada beberapa opsi penyimpanan file, baik dari JPEG, TIFF, GIF sampai PNG.

Kalian bisa buka software Paint yang ada di Windows. Lalu tap File klik  Open. Setelah itu cari dan temukan foto atau gambar yang kalian inginkan.

Jika sudah, pilih Save as dan nantinya pada bagian Save as type tap opsi JPG. Terakhir, kalian tentukan lokasi drive atau folder yang kalian inginkan. Tap Save untuk menyimpan.

Mengubah dengan Photoshop

Dengan tips ini, kalian bisa mengubah format gambar dengan versi Photoshop bebas. Baik menggunakan CS atau CC yang baru sekarang ini.

Seperti kalian tahu, Photoshop adalah software editing foto terbaik saat ini. Untuk mengubah format gambar dengan photoshop, kalian bisa buka Adobe Photoshop milik kalian. Lalu tap File dan klik Open. Kemudian pilih foto atau gambar yang kalian inginkan. Atau kalian dapat langsung drag foto ke lembar kerja Photoshop supaya lebih cepat.

Setelah itu tap File dan klik Save as. Selanjutnya pada bagian Save as type kalian klik opsi  JPEG atau JPG.

Pilih opsi Save, kemudian tentukan kualitas gambar yang kalian simpan, dimulai dari angka 1-10. Terakhir tap opsi OK.

Mengubah dengan Format Factory

Format Factory merupakan salah satu software konversi file terbaik

karena dapat mengubah berbagai file foto maupun video secara mudah dan gratis. Software ini offline dan hanya tersedia untuk sistem operasi Windows. 

Pertamanya, Download Format Factory. Install, lalu buka software tersebut, dan di opsi Picture klik  JPG.

Selanjutnya, tap opsi Add File untuk menambahkan file gambar kalian, atau drag langsung ke area kerja Format Factory. Tap OK.

Tekan tombol Start untuk melakukan konversi file PNG ke JPG. Selesai.

Mengubah Secara Online

Langkah awal, buka situs [iloveimg.com]. Selanjutnya, pilih Gambar untuk upload foto yang ingin kalian ubah. Tunggu sampai proses upload gambar selesai, lalu tap opsi Konversi ke JPG. Tunggu proses konversi selesai.

Kalau sudah, tap Unduh gambar dikonversi dan lihat hasilnya.

Selamat mencoba! Nah, dengan begini kalian dapat menggubahan file file PNG kedalam bentuk file – file JPG ataupun JPEG dengan mudah. Kalian dapat melakukan ini pada semua jenis PC ataupun Laptop.

Lihat yang Lain

Related Articles