Kamis, Oktober 28, 2021

Tips Reset Smartphone Redmi 7A

Apakah kalian memiliki masalah dengan smartphone Xiaomi Redmi 7A kalian? Error? Atau masalah lainnya? Maka kalian bisa melakukan reset untuk mengatasi masalah yang kalian alami.

Reset Redmi 7A ini dilakukan untuk memperbaiki masalah stuck atau terhenti di logo, lemot, dan juga memory penuh di Xiaomi Redmi 7A. 

Sebelumnya, Redmi 7A adalah smartphone yang punya banyak peminat di kalangan baik remaja, dewasa hingga orang tua.

Ini karena Redmi 7A mempunyai desain bodi yang slim. Di sektor layar, Smartphone ini terhitung mumpuni dengan ukuran layar seluas 5.45 inci dilengkapi panel LCD IPS. 

Smartphone ini juga punya resolusi HD+ 720 x 1440 pixels dengan kerapatan 295 ppi. Itulah mengapa objek yang ditampilkan lebih detail.

Di samping dari layar dan desain, Redmi 7A ini juga menggunakan mesin berkelas. Xiaomi ditenagai chipest Snapdragon 439 dan dipadu dengan prosessor Octa-Core 1.95 GHz sehingga punya kemampuan yang responsif.

Di bagian penyimpanan,  ada RAM 2GB, grafis prosesor Adreno 505 dan internal storage 16GB. Redmi 7A ini juga sudah memakai UI MIUI 10 berbasis Android 9 Pie.

Hanya saja, walau perangkat mobile apa pun, karena ia adalah perangkat elektronik, tentunya akan sulit terbebas dari masalah. Baik itu karena kesalahan penggunaan si pemakai atau memang masalah dari Redmi 7A ini. Karena itu dalam menu Xiaomi juga sudah dilengkapi menu yang biasa dikenal dengan Reset.

Pengertian Reset

Reset merupakan tindakan yang ditujukan untuk menghapus seluruh data dan file yang tersimpan di smartphone. 

Semakin lama kalian pakai, semakin banyak juga data dan file yang menumpuk dan akan membebani kerja smartphone kalian. 

Semakin berat beban kerja smartphone, akan semakin lemot, lag bahkan aplikasi maupun game tidak dapat kalian buka.

Untuk mengatasinya, cara yang paling jitu yaitu dengan melakukan reset Redmi 7A kalian. Dengan begitu Redmi 7A kalian akan kembali ke pengaturan awal atau bawaan pabrik, seperti saat pertama kali membelinya.

Sebelum reset, ada baiknya kalian lakukan backup misalnya kontak, file-file penting ke Memory Card maupun PC. Ini karena semua data akan hilang saat proses reset berlangsung.

Reset sendirinya biasanya ada 2 cara yang biasa dipakai, yaitu lewat pengaturan dan recovery.

Kalian belum caranya? Baca sampai akhir yuk buat tahu caranya!

Factory Reset Melalui Setelan Pabrik

Langkah pertama yang ahrus kalian lakukan adalah dengan membuka menu Setelan. Lalu klik opsi Setelan Tambahan. Dan klik opsi Buat cadangan & setel ulang.

Selanjutnya klik Kembalikan ke setelan pabrik. Kemudian tap opsi Setel Ulang Telepon.

Setelah itu kalian tunggu sampai proses reset selesai. Jika sudah selesai otomatis Redmi 7A kalian akan Restart.

Biasanya proses restart memakan waktu antara 5 menit kadang juga lebih.

Hard Reset Melalui Recovery

Untuk melakukan hard reset adalah opsi terakhir jika semua cara sudah kalian lakukan ya, gaes.

Pertama-tama, kalian tekan tombol Volume Atas dan tombol Power bersamaan.Tahan beberapa detik lalu lepaskan. Sesudah itu masuk ke Mi Recovery.

Selanjutnya kalian klik Wipe Data. Dan tap opsi menu Wipe All Data yang ada di atas tombol Back to main menu. Klik Confirm, lalu klik tombol Back to main menu.

Setelah itu kalian tap opsi Reboot. Dan terakhir kalian tap opsi Reboot System.

Itu tadi cara reset yang bisa kalian terapkan di smartphone Xiaomi Redmi 7A.

Jika cara di atas tidak dapat juga mengatasi masalah di Redmi 7A kalian, bisa jadi ada masalah di system maupun kerusakan hardware. 

Oleh sebab itu kalian bisa mencoba melakukan instalasi ulang system Android Redmi 7A maupun membawa ke service center resmi Xiaomi.

Semoga bermanfaat. Salam teknologi!

Lihat yang Lain

Related Articles