Kamis, Oktober 28, 2021

Tips Scan Dokumen di Smarpthone

Apakah kalian ada keperluan untuk kelengkapan dokumen dan mengharuskan scan dokumen misalnya surat keterangan, ijazah, laporan, dokumen, foto, ktp dan semacamnya menjadi format digital? Kalau begitu kalian harus tahu bagaimana caranya scan dokumen di smartphone Android supaya lebih mudah.

Seperti yang sudah diketahui, kalian dulu harus memakai mesin scanner atau scanner dari printer untuk menscan sebuah dokumen. Tapi sekarang kalian pun bisa memanfaatkan Android untuk bisa scan dokumen dengan mudah.

Adanya kemajuan dari perkembangan teknologi yang pesat ini kalian tentu makin mudah dalam scan ktp, ijazah, dokumen lamaran kerja atau berkas yang lainnya yang dibutuhkan.

Sekarang, seiring teknologi yang makin maju, kalian pun bisa memanfaatkan smartphone Android saja. Melakukan ccan dokumen apapun, kapan pun dan dimana pun saat kalian memerlukannya.

Scan Dokumen dengan Smartphone Android

Kalau kalian berfikir scan dokumen melalui smartphone Android itu pekerjaan yang rumit, maka kalian salah besar. Kenyataannya, melakkan dokumen di smartphone Android sangat mudah kalian kerjakan.

Saking mudahnya, ada beberapa cara yang berbeda dalam melakukan scanning dokumen memakai smartphone Android. Mulai dari tanpa aplikasi, sampai dengan bantuan aplikasi.

Google Drive

Google drive merupakan layanan penyimpanan dari google. Disana ada fitur untuk scan dokumen dan bisa menscan berkas apapun dengan smartphone.

Langkah pertama, kalian jalankan aplikasi Drive di smartphone Android. Lalu klik ikon + di bagian sudut kanan bawah. Kemudian klik opsi Pindai.

Setelah itu kalian arahkan kamera ke dokumen yang ingin di scan. Kalau posisi dokumen sudah pas, klik tombol foto. Selanjutnya atur foto sesuai kebutuhan kalian.

Nantinya, hasil scan tersimpan dalam format PDF di google drive. Selesai.

Ingat, gaes. Letakkan dokumen di atas latar belakang yang punya warna kontras dengan dokumen supaya area dokumen mudah dideteksi dan hasil scan lebih rapi.

CamScanner

Apliaksi ini bisa mengubah Android menjadi scanner portable. Aplikasi ini bisa scan dokumen-dokumen kantor dan keperluan lainnya yang berhubungan dengan scan dan hasilnya cukup bagus.

Pertama-tama instal aplikasinya disini. Jika sudah terpasang, jalankan aplikasi. Di halaman depan, klik ikon kamera. Setelahnya kalian letakkan dokumen yang ingin di scan, misalnya ktp.

Jangan lupa untuk memastikan ktp sudah berada di tempat yang terang. Jika sudah, klik ikon kamera untuk mengambil foto dan sesuaikan ukuran juga bentuknya.

Setelah itu klik ikon centang untuk menyimpan. Selesai, scan dokumen berhasil disimpan dalam format PDF.

Supaya hasil scan jelas, sebelum mengambil foto pastikan dokumen memperoleh cahaya yang cukup. Usahakan juga jangan bergetar saat kalian mengambil foto dokumen.

Simple Scan

Simple Scan ini aplikasi scanner yang memberikan tampilan sederhana tapi punya fitur yang sangat berguna. 

Cara scan ijazah di smartphone android, pertamanya kalian pasang aplikasi Simple Scan dulu dengan klik disini. 

Selanjutnya, kalian posisikan dokumen atau ijazah di tempat yang terang. Lalu jalankan aplikasinya.

Jika sudah, klik ikon kamera di halaman awal aplikasi. Lalu arahkan kamera ke dokumen tersebut.

Setelah itu foto dokumen dan pastikan hasilnya jelas. Jangan lupa untuk mengatur ukuran dan crop bagian yang tidak perlu. Selesai.

Aplikasi ini bisa scan dokumen menjadi format PDF dan JPG. Di samping itu, aplikasi Simple Scan juga bisa mengupload hasil scan ke google drive dan dropbox secara otomatis.

Kalian bisa memilih salah satu yang menurut kalian paling mudah. Salam teknologi! Nah, dengan begini kalian dapat melakukan Scan ijazah ataupun surat – surat lainnya melalui smartphone tanpa harus menggunakan PC dan printer.

Lihat yang Lain

Related Articles