Kamis, Oktober 28, 2021

Tips Screenshot iPhone dan iPad

Teknologi canggih melahirkan berbagai perangkat dengan spesifikasi mumpuni dan tangguh. Salah satu produk teknologi tersebut adalah iPhone dan iPad.

Akan tetapi, apakah kalian tahu bagaimana cara mengambil gambar atau screenshot di iPhone dan iPad? Sebab selama ini kebanyakan yang dibahas adalah cara screenshot layar smartphone android.

Ya. Ternyata masih ada sebagian orang yang belum tahu cara screenshot iPhone ataupun iPad. Bagi pengguna iPhone yang baru memakai smartphone ini dalam beberapa jam saja mungkin ia tidak dapat menemukan cara untuk screenshot.

Karena itulah disini akan dibahas cara untuk screenshot di iPhone dan iPad. Kuy simak!

Screenshot iPhone SE, iPhone 5s, dan iPhone 5

Pada dasarnya untuk melakukan screenshot adalah pekerjaan yang mudah. Kalian hanya ceukup mengikuti beberapa langkah berikut.

Langkah awal, kalian buka aplikasi atau halaman tertentu di iPhone kalian yang ingin iambil gambarnya. Kemudian atur persis sesuai dengan tampilan yang ingin kalian screenshot.

Selanjutnya silahkan tekan dan tahan tombol Sleep/Wake, lalu tekan tombol Home. Ini untuk memastikan kalian tidak mengaktifkan Touch ID atau Siri ketika sedang mengambil screenshot di layar iPhone.

Setelah itu layar akan berkedip putih, kemudian kalian juga akan mendengar suara shutter kamera. Ini menjadi tanda bahwa screenshot berhasil diambil dan sudah tersimpan di All Photos Album. 

Untuk menemukan hasil screenshot yang diambil, buka Camera Roll jika kalian tidak memakai iCloud Photo Library.

Langkah berikutnya, buka aplikasi Photos langsung dari Home Screen iPhone kalian. Lalu scroll layar ke bawah untuk menemukan hasil screenshot yang tadi sudah tersimpan secara otomatis.

Kalian juga bisa menekan ikon kamera atau memakai menu edit di aplikasi seperti Messages atau Mail untuk menyertakan hasil screenshot pada pesan, email, dan lainnya.

Screenshot iPhone 6 dan iPhone 6s

Berikutnya ada cara screenshot iPhone 6 dan iPhone 6s yang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara mengambil gambar di layar iPhone SE, iPhone 5, dan iPhone 5s secara real time.

Pertama-tama, buka aplikasi atau halaman tertentu di iPhone yang memang ingin kalian screenshot. 

Pastikan juga kalian sudah menempatkan tampilan layar iPhone di halaman atau aplikasi yang ingin kalian ambil gambarnya.

Selanjutnya, tekan dan tahan tombol Sleep/Wake bersamaan kalian menekan tombol Home. 

Nantinya layar akan berkedip putih selama beberapa detik dan suara shutter kamera akan terdengar singkat. 

Ini menandakan screenshot sudah berhasil dilakukan dan disimpan di All Photos Album. Temukan hasil screenshot kalian di Camera Roll atau iCloud Photo Library.

Setelah itu, buka aplikasi Photo dari Home Screen iPhone. Scroll layar ke bawah untuk mencari screenshot yang baru saja diambil. 

Ketuk pada gambar screenshot untuk melihat, mengedit, atau membagikannya lewat aplikasi chatting ataupun media sosial.

Kalau kalian ingin mengirim hasil screenshot lewat email atau pesan, kalian bisa langsung masuk ke Messages atau email, kemudian attach hasil screenshot dengan mengambilnya dari Album.

Screenshot iPad

Apa beda screenshot iPhone dan iPad? Pada dasarnya sama saja. Kalian bisa mengikuti beberapa langkah berikut.

Awalnya, buka aplikasi ataupun halaman yang ingin discreenshot. Pastikan posisi dan tampilan layar sudah tepat.

Selanjutnya tekan dan tahan tombol Sleep/Wake yang berada di bagian atas iPad, kemudian tekan tombol Home. 

Ketika layar akan berkedip putih selama beberapa detik saja, dan terdengar suara shutter kamera, itu artinya screenshot sudah diambil dan tersimpan di All Photos Album.

Setelah itu kalian bisa buka aplikasi Photos langsung dari Home Screen. Lalu cari hasil screenshot di Camera Roll, kalau tidak memakai iCloud Photo Library.

Temukan hasil screenshot an ketuk pada gambar screenshot tersebut untuk mengedit, melihat, dan membagikannya ke media sosial.

Untuk mengirim screenshot lewat email dan pesan, buka Messages atau email kemudian lampirkan hasil screenshot yang ingin dikirim.

Selamat mencoba, Gaes. Salam teknologi!

Lihat yang Lain

Related Articles