Kamis, Oktober 28, 2021

Tips Screenshot Panjang di Smarpthone Android

Pernahkah kalian bingung saat ingin mengambil gambar atau sreenshot satu halaman penuh? Untuk smartphone android sebagian tipe baru sudah tersedia fitur screenshot, tetapi biasanya yang ditampilkan terbatas untuk screenshot yang tampil di layar saja.

Oleh sebab itu kalian bisa menyimak artikel ini sampai habis. Disini akan dibagikan tips untuk mengambil gambar atau screenshot panjang. Baik kalian melakukannya di android, PC atau pun laptop.

Seperti yang kalian ketahui, mungkin ada saat kalian melihat sebuah informasi atau gambar tertentu yang menjadi rekomendasi untuk kalian mengerjakan tugas, tips, dan lain sebagainya yang harus kalian simpan. Screenshot menjadi cara terbaik untuk melakukannya.

Hanya saja ada beberapa pengguna smartphone, PC atau pun laptop yang belum mengetahui bagaimana cara screenshot panjang satu halaman penuh. 

Tapi kalian tenang, saja. Disini akan diberikan tips secara mendetail juga langkah-langkahnya agar kalian bisa menerapkannya secara langsung.

Penasaran? Langsung cek ricek bareng kuy!

Screenshot Panjang di Smartphone Android

Supaya bisa melakukan screenshot panjang di smartphone Android, kalian membutuhkan aplikasi pihak ketiga atau aplikasi dari Google PlayStore yang harus kalian instal. 

Aplikasi pihak ketiga untuk bisa screenshot panjang dapat kalian temukan di Google Play Store. Beberapa di antaranya sudah dirangkum di bawah ini.

LongShot

Pada aplikasi ini kalian bisa menangkap konten yang panjang satu halaman penuh.

Untuk menjalankan aplikasi LongShot juga mudah. Pertamanya, unduh aplikasi LongShot di Google PlayStore secara gratis atau klik link ini. Jika sudah selesai instal, buka aplikasi tersebut.

Untuk bisa screenshot panjang, kalian bisa tap “Tangkap Halaman Web”. Selanjutnya, aplikasi ini akan bekerja seperti peramban atau browser. Setelah itu, kalian tinggal memasukan link atau yang akan ditangkap secara keseluruhan.

Misalnya, kalian dapat memasukan “techjak.com”. Lalu, kalian cukup memilih artikel yang ditangkap. Kalian juga dapat langsung melakukan screenshot di halaman utama “techjak.com”.

Kalian akan melihat opsi “Scroll ke bawah“. Opsi ini memungkinkan kalian untuk bisa screenshot sampai pada bagian yang kalian inginkan.

Setelah itu kalian cukup klik “Akhiri disini dan tangkap layar” untuk melakukan screenshot secara panjang. Selesai.

LongShot ini punya  fitur menarik, yaitu fitur untuk menggabungkan dua atau lebih screenshot jadi satu yang memanjang. 

Di samping itu,  ada juga fitur auto capture screenshot. Cara kerja fitur ini adalah dengan scrolling lalu langsung bisa screenshot laman web yang panjang dengan 2 kali klik.

Scroll Capture for Web

Aplikasi ini juga dapat screenshot panjang, bahkan cara kerjanya juga lebih mudah.

Kalian hanya perlu membuka aplikasi ini, lalu masukan tautan website yang ingin kalian screenshot. Kemudian, langsung pilih screenshot yang ada di tengah bawah. Kalian bisa unduh di sini.

Web Scroll Capture

Web Scroll Capture mudah dijalankan. Kalian cukup buka aplikasi ini, masukkan alamat website, lalu pilih screenshot yang posisinya ada di bagian kanan bawah.

Yang menarik dari aplikasi ini adalah adanya tiga pilihan yang dapat dipilih. Pilihan pertama adalah “Download this page completely” untuk mengunduh halaman secara lengkap.

Pilihan kedua adalah “Capture as PDF”, untuk screenshot dengan hasil format PDF. Pilihan ketiga, “Capture as Image” yaitu hasil screenshot berupa gambar. Kalian bisa unduh aplikasi Web Scroll Capture  di sini.

Long Screenshot – Full Screen Capture

Saat kalian membuka aplikasi ini, kalian akan menerima tampilan Google.com.

Tidak ada pilihan untuk memasukan link tertentu. Karenanya kalian harus memakai layanan Google dulu untuk ke situs tertentu. 

Kalian dapat mengunduh aplikasi ini dengan cara unduh di sini.

Selamat mencoba. Salam teknologi! Nah, dengan begini kalian dapat melakukan screenshot panjang pada smartphone android. Kalian dapat melakukan ini pada semua jenis smartphone android.

Lihat yang Lain

Related Articles