Kamis, Oktober 28, 2021

Tips Screenshot Panjang PC atau Laptop

Mungkin kalian pernah melakukan screenshot untuk smartphone android, tapi belum pernah melakukan screenshot untuk PC atau laptop. Karena itulah, dalam pembahasan kali ini akan dibagikan tips agar kalian bisa melakukan screenshot panjang baik di PC atau laptop.

Seperti yang kalian ketahui, screenshot ini dilakukan untuk mendapatkan gambar atau informasi tertentu. Caranya berbeda-beda, baik untuk smartphone android ataupun PC dan laptop.

Untuk bisa melakukan screenshot panjang di PC atau laptop ada beberapa cara. Kalian tinggal membaca lalu menerapkan tipsnya sesuai langkah yang disarankan seperti berikut.

Menggunakan Firefox Quantum

Apabila kalian memakai browser Firefox Quantum di PC, kalian dapat menggunakan fitur yang ada di Firefox untuk melakukan screenshot secara panjang. 

Pertamanya kalian unduh Firefox Quantum terbaru. Jiak sudah terunduh, buka halaman situs yang akan kalian screenshot. Selanjutnya, pilih tanda titik tiga di pojok kanan atas.

Nantinya akan tampil beberapa opsi. Klik opsi “Take a screenshot”. Untuk melakukan screenshot secara penuh, klik opsi “Save full page”.

Kalian juga dapat memilih opsi “save visible” untuk menangkap layar yang tampil saja. 

Menggunakan Opera Browser

Apabila kalian memakai browser Opera Browser, kalian bisa mudah melakukan screenshot. Caranya dengan membuka halaman website yang akan kalian screenshot dahulu.   Jika sudah, silakan buka menu dengan tap logo Opera di kanan atas.

Setelah itu, klik opsi “Snapshot”. Kemudian klik opsi “Capture Full Screen.”

Kalian juga dapat memilih opsi “Save page as PDF” yang membuat halaman web tersimpan dalam bentuk PDF.

Menginstal Extension di Google Chrome

Google Chrome juga membuat kalian dapat melakukan screenshot panjang. Akan tetapi, tidak ada fitur atau pilihan khusus untuk melakukan screenshot seperti pada Firefox dan Opera.

Pada Google Chrome, kalian harus menginstal extension untuk screenshot panjang atau penuh. Extension yang harus dipasang adalah sebagai berikut.

Scrn.li – Screenshot Tool and Editor

Extension ini merupakan extension yang bisa membuat kalian untuk screenshot panjang. Kalian dapat memilih opsi “Entire page” untuk screenshot penuh. Kalian juga dapat memilih opsi “Visible Page” untuk screenshot yang terlihat saja.

Opsi “Selected Area” merupakan opsi untuk screenshot sebagian saja. Sedangkan opsi “Browser Window” yaitu opsi yang membuat extension ini untuk screenshot browser Windows secara penuh satu halaman.

Kalian juga dapat memilih opsi “Download Entire Page” untuk mengunduh halaman secara penuh. Sedangnka opsi “Add Image” ini opsi yang bisa membuat extensi ini mengedit gambar yang ada di komputer kalian.

FireShot

Extension kedua ini dapat menangkap gambar penuh satu halaman atau sebagian saja. Yang menarik, hasil screenshot dapat kalian pilih dalam format gambar PNG ataupun JPG.

Itu tadi cara screenshot panjang di PC atau pun laptop. Semoga bermanfaat.

Kalau ada pertanyaan atau ingin menambahkan tips lain, silahkan tulis lewat kolom komentar yang ada di bawah ini.

Kalian juga jangan lupa untuk terus update berita dan informasi terbaru baik dari dalam dan luar negeri seputar ilmu pengetahuan dan teknologi. Ada banyak tips tersaji, yang bisa menjadi solusi masalah teknis yang kalian alami saat ini.

Ada juga review game terbaik dan juga perangkat mobile atau pun informasi yang lain yang pastinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua. Sampai bertemu lagi di artikel yang lainnya. Salam teknologi!

Lihat yang Lain

Related Articles