Kamis, Oktober 28, 2021

5 Cara Mengatasi Layanan Goole Play Store yang Tiba – Tiba Berhenti

Google Play merupakan sebuah layanan konten digital yang dikembangkan oleh Google untuk pengguna Android. Kini perkembangan Google Play semakin pesat dan menjadi salah satu layanan penting. Layanan ini menjadi salah satu aplikasi sistem yang tidak bisa kamu hapus. Google Play pasti sudah tidak asing lagi bagi para pengguna Android, aplikasi yang memungkinkan kamu untuk mengunduh berbagai macam aplikasi secara legal dan gratis juga. 

Bisa kamu bayangkan gak kalau tiba – tiba layanan Google Play ini berhenti dan tidak bisa kamu gunakan lagi sebagaimana yang seharusnya. Pastinya kamu tidak akan bisa lagi mengunduh aplikasi baru ataupun melakukan update pada aplikasi lagi. Tentu saja hal ini sangat menyebalkan bagi para pengguna Android tersebut. Jika layanan Google Play ini berhenti, penggunanya akan diberikan notifikasi yang bertuliskan “layanan Google Play telah terhenti”. Kamu pun tidak bisa mengaksesnya lagi. Tapi kamu tak perlu khawatir dulu guys. Yuk simak cara mengatasi layanan Google Play yang berhenti berikut!

 

  • Menghapus chace Google Play

 

Chace merupakan sebuah data yang tersimpan sementara yang akan membantumu untuk masuk kembai ke dalam halaman sebelumnya tanpa harus perlu melakukan reload. Namun terkadang chace ini akan menjadi masalah, maka sebaiknya kamu menghapus chace ini. Caranya adalah dengan masuk ke pengaturan aplikasi Google Play, lalu pilihlah opsi storage. Setelah iut, pilih opsi clear chace. Selesai deh! kamu sudah berhasil menghapus chace yang ada di Google Play. Cobalah membuka lagi aplikasi tersebut.

 

  • Menghapus data di Google Play

 

Cara ampuh lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi layanan Google Pay yang terhenti adalah dengan menghapus data Google Play yang ada di ponselmu. Hal tersebut akan membuat segala data yang kamu simpan di Google Play akan terhapus. Namun aplikasi Google Play tersebut tetap akan terinstall pada ponselmu. Cara menghapus datanya sama dengan cara menghapus chace. Namun kali ini kamu perlu memilih opsi Clear Data di pengaturan tersebut, selesai deh!

 

  • Melakukan reset pada Google Account

 

Alternatif lain yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi layanan Google Play yang terhenti adalah dengan melakukan reset pada akun Google milikmu guys. Caranya adalah dengan masih ke pangaturan Account yang terdapat pada menu settings di ponselmu. Pilihlah akun Google-mu, lalu pilihlah opsi remove account. Semua aplikasi yang terkoneksi pada akun Google tersebut akan mengalami reset. Setelah itu, masukkan ulang Google Account tersebut, kamu pun akan menyelesaikan proses reset.

 

  • Melakukan force stop pada Google Play dan Google Play Service

 

Cara ini bisa kamu lakukan jika cara diatas masih belum berhasil. Kamu sebaiknya melakukan Force Stop Google Play serta pada Google Play Service. Hal tersebut akan membuat semua yang dikerjakan oleh Google Play maupun Google Play Service akan dihentikan secara paksa dan aplikasi akan keluar sepenuhnya dari latar belakang. Kamu bisa melakukan hal ini melalui hlaman pengaturan aplikasi. Caranya sama dengan membersihkan chace, tapi pilihlah opsi Force Stop.

 

  • Mengunduh Google Play Updates

 

Cara yang satu ini mungkin seringkali dianggap sepele bahkan diabaikan oleh para pengguna layanan Google Play ini. Namun cara ini sangat penting untuk menjaga kinerja Google Play. Sebaiknya kamu menyalakan auto update aplikasi, sehingga Google Play tidak akan ketinggalan versi. Kamu bisa mengaturnya melalui aplikasi Google Play langsung dengan membuka menu pengaturan, lalu memilih auto update apps. Kamu bisa memilih opsi Over WiFi Only atau Over Any Network.

Salam teknologi! Nah, itulah 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi layanan Google Play yang terhenti secara otomatis. Jangan abaikan hal – hal yang kamu anggap sepele yaa. Pastikan kamu mencoba cara diatas secara berurutan yaa guys. Semoga bermanfaat.

Lihat yang Lain

Related Articles