Kamis, Oktober 28, 2021

Mengetahui Manfaat Screenshot di Smartphone

Apakah kalian pernah kesulitan menyimpan sebuah gambar, foto, dokumen, atau informasi lainnya lalu akhirnya menyimpannya dengan cara screenshot? Memang ada manfaatnya screenhsot? Banyak, Gaes.

Seperti yang kalian ketahui hampir semua perangkat mobile saat ini sudah dilengkapi dengan fitur screenshot. Ini berguna untuk mengambil gambar atau yang lainnya ketika kalian merasa cara penyimpanan lainnya terasa sulit dan ribet.

Lalu sebenarnya, apa saja manfaat screenshot di smartphone? Simak bareng kuy!

Manfaat Screenshot di Smartphone

Perkembangan teknologi saat ini memang semakin canggih. Bahkan orang-orang yang sedang terburu-buru, tidak sempat mencatat, atau ingin efeisien waktu melakukan screenshot sesuatu yang mereka anggap penting agar tidak hilang di perangkat mobile mereka.

Ini tentu saja memudahkan banyak pengguna smartphone saat ini. Karena kalian sebagai pengguna pun akhirnya bisa mengerjakan aktivitas lain tanpa harus repot menyelesaikan tugas karena sudah kalian screenshot.

Akan tetapi, pada dasarnya ada banyak sekali manfaat melakukan screenshot. Hanya saja ada beberapa orang yang masih belum tahu manfaat dari melakukan screenshot.

Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini beberapa di antaranya akan dirangkum dalam penjelasan berikut.

Menggantikan Pekerjaan Mengetik

Saat kalian ingin berbagi berita atau tulisan penting kepada teman lewat smartphone, apa yang kalian lakukan? Apakah akan mengetik informasi yang ingin kalian sampaikan tersebut secara manual?

Tentu saja kalian akan lebih memilih untuk mengambil screenshot halaman yang berisi berita atau tulisan yang ingin dibagikan kepada teman. Lalu, kalian akan mengirim hasil screenshot tersebut lewat media sosial, aplikasi pengirim pesan real time, ataupun email.

Menjadi Sebuah Bukti Nyata untuk Suatu Hal

Manfaat screenshot satu ini sering digunakan oleh jajaran online shop yang ingin membagikan testimonial atau bukti penjualan untuk menarik perhatian calon pembeli lainnya. Di samping itu, screenshot juga sering digunakan oleh pembeli (buyer) untuk mengirim bukti transfer yang berhasil dilakukan lewat Mobile Banking, dan sebagainya.

Menyimpan Gambar di Sosial Media

Apa kalian pernah ingin menyimpan gambar dari Instagram, tetapi belum menginstall aplikasi khusus untuk menyimpan gambar di Instagram? Kemudian, cara termudah untuk menyimpan gambar di Instagram dan media sosial lainnya adalah dengan screenshot.

Kalian cukup melakukan cara screenshot sesuai dengan jenis smartphone kalian, maka gambar akan tersimpan dengan sendirinya di Album atau Gallery. Selanjutnya, kalian tinggal memotong atau mengedit gambar tersebut sesuai kebkeperluanutuhan.

Pengganti Copy-Paste

Di samping bisa menggantikan fungsi mengetik, screenshot juga bisa mengantikan fungsi dari Copy-Paste. Ini karena, kalian dapat mengambil screenshot berisi percakapan chatting yang susah untuk di copy-paste, sehingga cara screenshot ini sebenarnya lebih efektif untuk mengcopy isi percakapan chatting yang ingin dibagikan ke orang lain.

Kalian juga bisa screenshot tugas atau pekerjaan teman kalian saat kalian absen. Dengan begitu kalian tidak perlu meminjam catatan untuk mengerjakan tugas kalian di rumah.

Itu tadi informasi mengenai manfaat dari screenshot. Karena itu, bukan tanpa alasan vendor-vendor smartphone menyematkan fungsi screenshot bawaan di smartphone keluaran mereka. 

Sebab, di dalam kehidupan nyata screenshot memang sangat membantu sebagian besar orang. Selain itu, fungsi screenshot dalam sebuah smartphone memang sudah banyak dipakai oleh penggunanya.

Semoga informasi di atas bisa memberikan manfaat untuk kalian. Jangan lupa update info dan tips baru. Salam teknologi! Nah, dengan begini tentunya akan sangat berguna untuk kalian menyimpan bukti – bukti pada smartphone kalian dengan cara screenshot.

Lihat yang Lain

Related Articles