Kamis, Oktober 28, 2021

Bahaya Mencabut Flasdisk Tanpa Safety Remove Hardware

Pernah buru-buru saat mengerjakan tugas di laptop atau komputer dan langsung mencabut flashdisk kalian padahal belum Eject atau Safety Remove Hardware? Maka kalian harus berhati-hati, Gaes. 

Pada komputer atau laptop kalian pasti ada layanan fitur Eject atau Safety Remove Hardware. Fitur Eject ini akan muncul ketika kalian mencolokkan flasdisk ke Port Komuter.

Kalau kalian perhatikan, pastinya apabila pencipta atau created dari Sistem Operasi membuat fitur Eject atau Safely Remove Hardware, maka tentunya ini pasti bermanfaat atau bahkan harus ipakai. 

Oleh sebab itu, saya akan jelaskan secara singkat tentang masalah Flashdisk yang dicabut tanpa Safely Remove Hardware.

Flashdisk adalah salah satu alat atau media penyimpanan yang bersifat portable karena dapat dibawa kemanapun. Harga Flashdisk sendiri juga cukup murah dan sangat pas di kantong masyakat Indonesia. Mulai dari puluhan ribu sampai ratusan ribu.

Sebagaian dari kalian juga pasti sering memakai Flashdisk dalam kehidupan sehari-hari. Baik untuk pekerjaan kantor atau tugas dari dosen dan lainnya.

Tujuan Fitur Eject atau Safety Remove Hardware

Kalian ahrus tahu jika media penyimpanan yang memang sudah jarang dipakai seperti pemutar CD (CD-ROM, CD-RW, DVD-RW, dsb), pembaca disket, dan perangkat pembaca media penyimpanan eksternal lainnya lebih aman ketika kalian gunakan.  Ini karena tidak akan ada data yang hilang saat perangkat tersebut langsung dicabut secara tiba-tiba.

Secara fisik tombol eject di media penyimpanan tersebut pasti berupa tombol pada bagian Casing CPU atau jika pada Laptop pasti di bagian samping.

Saat kalian membuka atau membaca sebuah file yang ada pada CD, atau transfer file dari CD ke Komputer, lalu kalian tekan tombol Eject secara fisik maka CD tersebut tidak akan langsung keluar, tetapi akan diblock karena ada proses yang terjadi dan berkaitan dengan file yang ada CD tersebut.

Fungsi Safely Remove Hardware pada Windows Explorer

Sebenarnya, dengan teknologi yang maju pesat ini, tombol Eject sudah sangat jarang dipakai. 

Intinya adalah Eject pada Flashdisk berfungsi sebagai pengganti eject Tombol dan dapat juga digantikan sebagai fitur pengingat untuk memberi tahu sistem jika kalian sebagai pengguna ingin mencabut Flashdisk.

Bahaya Mencabut Flasdisk Tanpa Safety Remove Hardware

Pada dasarnya bisa dikatakan berbahaya, bisa juga tidak, Gaes. Tidak ada efek secara langsung tentang bahaya tidak melakukan eject. Hanya saja alangkah baiknya membiasakan diri untuk melakukan eject saat ingin mencabut flashdisk.

Dari beberapa sumber yang saya baca, ada bahaya yang harus diperhatikan ketika Flashdisk dicabut tanpa Safely Remove Hardware.

Di antaranya bisa membuat flashdisk corrupt, membuat flashdisk kita error dan susah diformat, membuat flashdisk susah tidak terdeteksi, dan terakhir bisa menurunkan kinerja flashdisk itu sendiri.

Oleh karena itu, untuk menghindari kerusakan atau error yang terjadi pada Flashdisk, kalian lebih baik melakukan eject lebih dulu dan barulah mencabut flashdisk kesayangan kalian.

Itu tadi informasi tentang Bahaya Mencabut Flasdisk Tanpa Safety Remove Hardware. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua.

Apabila ada pertanyaan, kalian bisa menuliskan di kolom komentar di bawah artikel ini.

Kalian juga jangan lupa untuk terus update berita dan informasi terbaru baik dari dalam dan luar negeri seputar ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Sampai bertemu lagi di artikel yang lainnya. Salam teknologi! Nah, dengan begini kalian dapat melakukan pencegahan agar pada saat pencabutan Flashdick tidak kenapa – napa. Kalian dapat menerapakan cara ini saat mencabut flashdisk.

Lihat yang Lain

Related Articles